2 Fitur Terbaru iPhone 14: Mudah Diperbaiki hingga Kecepatan 256 Mbps Sinyal 5G

foto: iFixit 

Teknologi.id – Perilisan iPhone 14 sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu dan menarik perhatian para pecinta gadget. Fitur-fitur dan tampilan baru dihadirkan oleh perusahaan Apple tersebut untuk meningkatkan performa smartphone. Salah satu fitur terbaru yang berbeda dari seri-seri sebelumnya adalah fitur notch Dynamic Island yang dapat memperlihatkan notifikasi-notifikasi tertentu. Selain itu, ternyata iPhone 14 juga memliki beberapa fitur terbaru yang belum diketahui pengguna secara umum. Apa saja fitur-fitur terbaru tersebut? Mari simak artikel di bawah ini!

Struktur Internal Terbaru iPhone 14

iPhone 14 Mudah Diperbaiki saat Mengalami Kerusakan

Kendala utama para pengguna iPhone saat smartphone mengalami kerusakan adalah sulitnya perangkat untuk diperbaiki dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Akan tetapi, ternyata iPhone 14 keluaran terbaru kali ini memiliki susunan sistem yang mudah diperbaiki.

Dilansir dari pernyataan iFixit, Vendor yang biasa meneliti tingkat kemudahan perbaikan, mereka menyebut bahwa iPhone 14 setara dengan iPhone 7 dalam hal perbaikan. Apple telah mendesain struktur internal perangkat smartphone iPhone 14 yang memungkinkan pengguna dapat melepas layar depan atau belakangnya hanya dengan melepas dua sekrup. Pada seri-seri sebelumnya, desain bagian belakang iPhone adalah kaca dan memungkinkan mudah retaknya bagian belakang smartphone. 

Pada seri iPhone 14 ini bagian belakang juga menggunakan kaca, tetapi ditahan di tempatnya hanya dengan dua sekrup dan satu konektor sehingga mudah dilepas. Pada saat perilisan iPhone 14, Apple tidak menginformasikan soal desain ulang bodi kaca belakang ini yang akan memudahkan pengguna dan teknisi dalam memperbaiki kerusakan. 

Baca juga: Fitur “Result About You”: Hapus Data Pribadi di Penelurusan Google

Desain struktur internal iPhone yang dimaksud memudahkan pengguna dan teknisi untuk membongkar dan mengganti bagian belakangan iPhone 14. Para pengguna atau teknisi dapat melepas bagian belakang iPhone 14 hanya dengan membuka 2 sekrup di bagian dekat port lightning saja. Pada versi-versi iPhone sebelumnya, proses membuka bagian mesin hanya bisa dilakukan dengan melepas bagian layar depan.

Kemudahan ini akan membuat pegawai Apple Store atau perbaikan telepon lainnya mudah untuk memperbaiki bagian yang rusak. Misalnya, seperti kerusakan pada baterai, mengganti layar, dan lain sebagainya. Walau masih ada beberapa bagian di perangkat iPhone yang sulit untuk diperbaiki, perubahan ini telah membawa kabar baik bagi para pengguna khususnya keluhan pada seri-seri sebelumnya.

Struktur internal yang memiliki desain baru ini hanya dimiliki oleh iPhone 14. Sayangnya, struktur ini belum dimiliki oleh iPhone 14 Pro sehingga masih sulit untuk diperbaiki. 

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max Memaksimalkan Penerimaan Sinyal 5G

Dilansir dari MakeMac, iFixit juga melaporkan bahwa Apple telah memperbaiki beberapa desain di iPhone 14. Hal ini lantaran banyaknya keluhan oleh pengguna iPhone 13 sebelumnya. Fitur kedua, yaitu menata ulang bagian antena jaringan seluler untuk memaksimalkan penerimaan sinyal 5G pada perangkat iPhone.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menggunakan modem 5G baru Qualcomm X65. Qualcomm X65 menawarkan kecepatan 5G yang lebih kencang, konsumsi daya lebih rendah, dan dukungan mmWave yang tinggi.  Dilansir dari MakeMAc, berdasarkan tes kecepatan jaringan 5G yang dilakukan oleh SpeedSmart, iPhone 14 Pro dapat mencapai kecepatan 5G yang lebih tinggi dari iPhone 13 Pro. Dua operator digunakan untuk menguji kecepatan sinyal, yaitu T-Mobile dan Verizon.

Hasil pengujian menunjukan bahwa iPhone 14 Pro mampu mencapai kecepatan unduh 5G lebih cepat dibandingkan iPhone 13 Pro. Selain itu kecepatan unggah iPhone 14 Pro juga meningkat cukup banyak dibandingkan iPhone seri sebelumnya. Kecepatan sinyal 5G pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mencapai 256 Mbps. Kecepatan tersebut terbilang sangat maksimal dan akan meningkatkan produktivitas pengguna dalam menggunakan perangkat.

Pembaruan yang ditawarkan oleh Apple tentunya sangat dinantikan oleh para pengguna dan dapat memberi keuntungan dari kedua belah pihak. Apple mendapatkan banyak keluhan karena sulitnya mengganti bagian yang rusak sehingga pembaruan struktur internal smartphone pada seri ini membawa kabar yang menggembirakan bagi pengguna dan teknisi. Tidak hanya mementingkan keuntungan belaka, Apple juga berusaha meningkatkan kualitas atas keluhan pengguna.

Baca juga: Inilah Cara Cari Cuan Hanya Modal HP, Auto Kaya

(LA)