3 Aplikasi Belajar Grammar dengan Cara yang Asyik

 Manusia sebagai makhluk sosial pastilah membutuhkan interaksi dengan orang lain. Interaksi dengan sesama menggunakan satu media, yaitu bahasa. Di Indonesia sendiri, bahasa nasional kita adalah bahasa Indonesia. Namun, di era modern ini bahasa asing pun menjadi bahasa yang perlu dipelajari oleh setiap orang, khususnya bahasa Inggris.

Sejak dari sekolah dasar, kita sudah diajarkan untuk belajar bahasa Inggris, mulai dari kosa kata, tata bahasa (grammar), cara berbicara (speaking), menulis (writing), dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang, bahasa Inggris adalah hal yang mudah, tetapi tidak sedikit juga yang kesulitan untuk memahami bahasa Inggris, khususnya mempelajari grammar (tata bahasa). Tujuannya adalah untuk mengikuti test TOEFL ataupun IELTS. 

Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi di Laptop, Gampang Banget!

Sekarang ini banyak aplikasi yang menawarkan belajar bahasa Inggris yang mudah dan menyenangan agar lebih mudah dimengerti. Aplikasi-aplikasi ini umumnya menawarkan pelajaran tata bahasa atau grammar dan kosakata (vocabulary). Kalian mungkin tidak asing dengan aplikasi Duolingo, Grammarly, dsb.

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang tersedia saat ini beragam dan interaktif, seperti melalui games. Apa saja aplikasi games yang mengajarkan kita untuk belajar grammar? Yuk, simak artikel berikut!

Aplikasi Belajar Grammar dengan Cara yang Asyik

1. Memrise

Memrise adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang menyediakan audiovisual dari penuturnya secara langsung. Memrise ini hampir sama dengan Duolingo, hanya saja ada beberapa fitur yang harus berbayar. Berbeda dengan Duolingo yang menyediakan fitur-fitur umum secara gratis. Audiovisual yang disediakan akan mempermudah pemula untuk mengetahui cara pengucapan yang benar. Hal menarik dari aplikasi Memrise ini adalah pengguna bisa mengunduh materi yang ada di dalam aplikasi. Sama juga dengan Duolingo, pengguna juga dapat mempelajari bahasa asing lain, seperti Perancis, Jerman, dsb. Pencapain atau progress yang telah kita kerjakan akan tercatat dan tidak hilang apabila kita mengunduhnya secara offline. 

2. Grammar Smash English

Bagi seorang pemula, belajar grammer melalui games akan lebih mudah dipahami. Salah satunya adalah aplikasi games Grammar Smash English. Dikutip dari Appdevice.com, games ini menawarkan konsep memperbaiki struktur kata atau kalimat dengan cara asik. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 100 soal dan contoh dasar struktur bahasa, seperti simple tense, past tense, future tense, dsb. Pengguna juga dapat melihat progress dalam setiap level yang dimainkan. Aplikasi ini fokus menyediakan pelajaran bahasa Inggris model UK dan US. Audio berbicara pun disediakan oleh aplikasi ini untuk mempermudah pengguna belajar kosakata baru. 

3. Grammar Alien

Aplikasi games berikutnya adalah Grammar Alien. Games ini menggunakan tokoh alien dan cerita petualangan sebuah monster melawan musuhnya menggunakan grammar. menurut Apkpure.com, konsep yang ditawarkan dari aplikasi ini cukup unik dan menyenangkan karena menggunakan karakter yang menarik. Aplikasi ini dipublikasikan sejak tahun 2021 dengan lebih dari lima ribu pengunduh. Pengguna akan diajak untuk menyelesaikan suatu tugas menggunakan grammar yang benar. Game ini juga menawarkan lebih dari 300 level dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Materi yang disediakan juga sangat banyak, seperti mempelajari noun (kata benda), pronoun (kata ganti orang), verb (kata kerja), dsb. Aplikasi ini pun ramah anak-anak sehingga dapat dengan mudah dipahami. 

Baca juga: Jenius tapi Penuh Kontroversi, Berikut IQ Elon Musk dan Tokoh Dunia Lainnya

Aplikasi-aplikasi games di atas dapat dengan mudah kalian unduh di gadget melalui Playstore ataupun Appstore. Beberapa aplikasi mungkin tidak tersedia di Appstore, seperti Grammar Alien. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena sudah banyak link yang tersedia untuk diundur melalui Appstore. 

Dengan menggunakan aplikasi yang interaktif dan menyenangkan, diharapkan dapat membuat pengguna lebih memahami dan menganggap bahasa Inggris adalah pelajaran yang mudah. Melalui aplikasi-aplikasi ini, kalian dapat jadikan dasar untuk belajar test bahasa Inggris seperti TOEFL atau EILTS yang diperlukan untuk beberapa persyaratan, seperti beasiswa, pekerjaan, dll.

Dari ketiga aplikasi tersebut, apakah kalian pernah mencobanya? Kalian juga bisa mengajak teman kalian untuk bersaing, loh! Mengasyikan, bukan? Yuk, coba dan belajar bersama!

(LA)