4 Startup yang Punya Program Magang!

Salah satu wishlist mahasiswa yaitu, bisa mendapatkan kesempatan magang di startup. Alasannya, karena lingkungan dan culture startup yang cocok untuk anak muda yang senang berbau hal yang dinamis, up-do-date dan fleksibel. Karena, banyaknya anak muda yang ingin magang di startup. Sejumlah, startup mengadakan program magang yang diperuntukan untuk mahasiswa dan fresh graduate yang ingin menambah skill sekaligus merasakan pengalaman kerja di startup. Bahkan, melalui program ini mereka sekaligus mencari kandidat yang dianggap bisa untuk menjadi pekerja tetap.

Bagi yang masih mahasiswa atau fresh graduate yang masih ingin mempersiapkan diri untuk kerja. Beberapa startup ini mempunyai program magang yang bisa kamu ikuti. Berikut, 5 Program Magang di Startup!

1. GO- SQUAD (Gojek)

GO- SQUAD merupakan salah satu program magang yang dibawah GO-Academy. GO-Squad sendiri merupakan program magang selama 3 bulan. Tapi, GO-Squad hanya diperuntukan untuk mahasiswa jurusan IT saja. Selama program tersebut para pemagang akan dimentorin oleh langsung oleh pekerja yang berposisi senior.  Para pemagang juga mengerjakan project yang menggunakan tools atau software yang digunakan seperti, Elasticsearch, Docker, LXD, Golang, Ruby dan Kafka. Ada 3 piliham program divisi yaitu, Full Stack Engineer, Data Science Engineer dan Business Intelligence.

2. Learning Acceleration Program (Ruangguru)

Ruangguru memiliki program magang yang bisa diikuti oleh mahasiswa dan fresh graduate yang bernama, Learning Acceleration Program. LEAP ini berjalan selama 3 bulan. Untuk program ini bisa diikuti oleh mahasiswa dari jurusan apapun. Tapi, ada beberapa divisi yang memang diperuntukan untuk mahasiswa jurusan tertentu yang relevan. Beberapa posisi yang kerap tersedia saat program LEAP diantaranya, Legal, Talent Aquisitation, Product Officer, Scriptwriter. Pastinya, ini merupakan program berbayar setiap pemagang akan dibayar Rp150ribu perharinya. Oh, iya jika performanya bagus kamu bisa kesempatan untuk menjadi karyawan tetap. Terutama, untuk fresh graduate ini bisa jadi kesempatan untuk jadi full-time.

3. Grab Internship Program (Grab)

Grab juga merupakan salah satu perusahaan startup yang menjadi incaran anak muda untuk bekerja. Grab mempunyai program magang yang bernama Grab Internship Program yang berdurasi selama 3 bulan. Selama 3 bulan masa magang pemagang akan diberikan kesempatan untuk terlibat mengerjakan real-project yang tujuannya untuk mengasah skill sekaligus latihan untuk mengerjakan project kantor. Posisi yang kerap dibuka untuk program magang ini yaitu, Creative Marketing, Campaign & Communications, Research & Data Analytics dan System, Process, & Project Improvement. Nantinya, juga bisa ditempatkan dibeberapa bagian unit usaha Grab seperti, GrabCar, GrabBike dan GrabFood.

4. Intern Hiring Week (DANA)

Buat yang kamu tertarik untuk berkerja distartup yang berkaitan fintech. DANA memiliki salah satu program magang yang bernama Intern Hiring Week. Lowongan magang ini dibuka setiap saat jadi selama linknya belum ditutup kamu masih bisa daftar. Untuk mendaftarnya, kamu tinggal akses ke website DANA klik bagian Carrer. Nanti, kamu tinggal isi data diri dan upload resume kamu. Ada 3 posisi yang selalu dibuka yaitu, Costumer Fund, Data Science dan Merchant Partnership.

Sangat menarik bukan program magang yang dimiliki oleh startup besar di Indonesia. Kamu juga harus update soal lowongan magang  seperti, follow akun media sosial atau bisa juga cek di linkedin pada bagian jobs terkadang juga suka posting lowongan magang di startup.