5 Hal Yang Harus Dimiliki Guru Agar Berkualitas dan Memiliki Kepribadian Yang Baik

5 Hal Yang Harus Dimiliki Guru Agar Berkualitas dan Memiliki Kepribadian Yang Baik

BlogPendidikan.net – Profesi seorang guru sangat identik dengan peran seorang pembimbing, pembina, dan pengasuh. Segala sesuatu yang ada pada guru berpotensi untuk ditiru oleh siswa. Karena itu, maka sudah seharusnya apabila semua guru memiliki integritas dan kepribadian yang baik di tengah-tengah siswanya. 


Agar guru memiliki kualitas dan kepribadian yang baik, seorang guru harus:

1. Selalu tampil prima

Guru yang bisa tampil secara maksimal di hadapan siswa akan lebih mudah menarik perhatian para siswa, sehingga suasana belajar menjadi lebih kondusif. Seorang guru harus menguasai betul materi pelajaran yang hendak disampaikan.

Baca Juga: 5 Cara Membuka Pelajaran Yang Baik dan Benar

Perhatikan pula gaya bicara agar tidak berkesan kaku dan monoton. Usahakan untuk tidak terlalu sering membuka catatan atau buku agar tidak terkesan bahwa guru kurang menguasai materi. Jangan lupa untuk bersikap lebih akrab dengan siswa.

2. Bijaksana

Guru harus menyadari bahwa setiap siswa memiliki tingkat kepandaian yang berbeda-beda. Jika kita menyadari semua kondisi dan keadaan itu, maka tentu saja kita dituntut untuk memiliki kesabaran yang tinggi dalam menghadapi mereka. 

3. Ceria

Saat kita berada di depan siswa di dalam kelas, maka usahakan untuk selalu menunjukkan wajah yang ceria. Jangan membawa persoalan dari rumah maupun dari luar ke dalam kelas, karena hal tersebut dapat mempengaruhi performa kita saat mengajar. 
Hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi kita dalam menjelaskan materi pelajaran, sehingga siswa menjadi malas, mengantuk dan juga kehilangan konsentrasi dalam menyimak pelajaran.

4. Mampu mengendalikan emosi

Guru yang memiliki kepribadian baik, biasanya tidak mudah marah dan tersinggung karena perilaku tidak dewasa dari siswa-siswinya di dalam kelas. Kita harus menyadari bahwa para anak yang sedang belajar itu tidak lain hanyalah kelompok anak-anak yang kondisi emosinya masih labil.

5. Mampu menjawab pertanyaan siswa

Berusahalah untuk dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh siswa, baik pada waktu pertanyaan itu diajukan atau pada waktu lain, jika kita memang tidak tahu dan perlu mencari jawaban itu. 

Perlu kita ketahui bahwa berusaha menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh siswa akan semakin memancing rasa keingintahuan mereka dan dapat memotivasi mereka untuk terus rajin dalam belajar.

Baca Juga: Apa Saja Kelengkapan Administrasi Guru Yang Harus Disiapkan, Lihat Contohnya

6. Berusaha menerima keadaan

Terimalah hidup ini dengan lapang dada. Jangan suka membanding-bandingkan penghasilan kita sebagai guru dengan penghasilan orang lain yang lebih tinggi dari kita. Karena seorang guru bukanlah sekedar sebuah profesi semata. Guru adalah sebuah pengabdian untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

7. Tidak sombong

Jangan membangga-banggakan diri sendiri di hadapan siswa, karena orang lain akan jauh lebih simpatik jika anda menunjukkan sikap rendah hati. Selain itu, seorang guru adalah panutan bagi siswanya, sehingga setiap tingkah laku guru, langsung maupun tidak langsung akan ditiru oleh muridnya.

8. Adil

Berusaha untuk berlaku adil, terutama dalam memberi penilaian kepada siswa (objektif).  Jangan memberi pujian secara berlebihan terhadap siswa yang pandai, apalagi hal itu di depan siswa yang kurang pandai. 
Begitu juga sebaliknya, jangan meremehkan atau mentelantarkan siswa yang kurang pandai. Seorang guru harus bisa memposisikan dirinya sesuai dengan kondisi  muridnya.

9. Penuh tanggung jawab

Seorang pendidik bukan hanya bertanggung jawab menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Ia juga harus berusaha dengan penuh tanggung jawab untuk turut membentuk kepribadian siswa agar menjadi lebih baik.