5 Merek Ini Hadirkan Peralatan Olahraga Ramah Lingkungan

Peralatan olahraga merupakan salah satu benda yang paling sering berakhir di tempat sampah pada akhir masa pakainya. Di Australia saja, lebih dari 1000 ton alat-alat olahraga terbuang sia-sia di tempat pembuangan akhir pada tiap tahunnya. Hal ini tentu saja dapat mengancam keselamatan lingkungan, karena hampir seluruh perlengkapan olahraga terbuat dari material yang kompleks dan sulit untuk terurai.

Menyadari bahwa limbah alat-alat olahraga dapat menyebabkan permasalahan lingkungan serius, beberapa merek berinisiatif untuk menciptakan perlengkapan olahraga yang lebih “hijau”. Mereka menghadirkan berbagai macam perlengkapan olahraga, mulai dari bola sepak hingga sarung tinju, yang bersifat vegan, cruelty-free dan juga biodegradable. Merek-merek tersebut memastikan bahwa seluruh produk perlengkapan olahraga yang mereka ciptakan tidak akan terbuang sia-sia pada akhir masa pakainya.

Berikut ini merupakan lima merek yang menghadirkan koleksi peralatan olahraga ramah lingkungan.

1. Eco Sports Hadirkan Peralatan Olahraga yang Vegan

Perusahaan peralatan olahraga ramah lingkungan Eco Sports menghadirkan koleksi peralatan olahraga yang sepenuhnya vegan dan bebas kekejaman. Mereka memproduksi bola basket, bola sepak, bola voli dan sarung tangan bisbol yang terbuat dari poliuretan termoplastik biodegradable. Seluruh perlengkapan olahraga yang mereka ciptakan dapat didaur ulang kembali dan dapat terurai sepenuhnya dalam waktu tiga hingga lima tahun.

2. Waboba Ciptakan Peralatan Olahraga dari Rami dan Karet Alami

Tidak seperi bola sepak pada umumnya, Waboba menghadirkan bola sepak yang sepenuhnya terbuat dari rami dan karet alami. Mereka juga menghadirkan koleksi perlengkapan olahraga ramah lingkungan lainnya seperti bola voli dan dayung yang juga terbuat dari bahan-bahan organik. Waboba juga menggunakan kemasan bebas plastik untuk mengemas produk-produk mereka.

3. EcoBioBall, Bola Golf Biodegradable Berisikan Pakan Ikan

Produsen bola golf asal Spanyol, Albus Golf, telah menciptakan inovasi unik yang dapat menyelamatkan lingkungan dari tumpukan limbah bola golf. Mereka telah menciptakan bola golf biodegradable bernama EcoBioBall yang dapat larut dalam air hanya dalam waktu 48 jam. Selain itu, bola golf yang mereka ciptakan juga berisikan pakan ikan lho!

4. Sanabul, Sarung Tinju Berbahan Kulit Kaktus dan Anggur

Produsen peralatan olahraga Sanabul menghadirkan koleksi sarung tinju dan aksesori bela diri lainnya yang terbuat dari bahan-bahan vegan. Sanabul membuat koleksi sarung tinju mereka dengan menggunakan kulit alternatif berbahan limbah kulit kaktus dan limbah kulit anggur. Sarung tinju yang mereka ciptakan dapat terurai secara hayati pada akhir masa pakainya.

5. Biodegradable Golf Ball, Bola Golf Ramah Lingkungan dari Tepung Jagung

Biodegradable Golf Ball, produsen bola golf asal Kanada, menghadirkan koleksi bola golf ramah lingkungan yang dapat terurai dengan tanah dan larut dalam air. Tidak seperti bola golf pada umumnya, mereka menciptakan koleksi bola golf yang sepenuhnya terbuat dari tepung jagung.

Penulis: Anggi R. Firdhani

Sumber:

Green Matters