5 Rekomendasi Niche Blog Paling Menguntungkan untuk Anda

Sebagai pemilik blog, Anda bebas memposting apa saja di blog Anda. Tak jarang blogger mengisi blognya dengan berbagai macam konten yang diinginkan. Akibatnya, dalam satu blog jadi terdapat berbagai topik yang bercampur satu sama lain.

Namun, jika Anda baru berniat memulai blog ada baiknya Anda fokus pada satu niche blog saja. Kenapa demikian?

Niche blog adalah sebuah topik khusus untuk blog Anda. Jika Anda memilih satu niche blog, maka Anda hanya perlu membuat konten terkait topik itu saja. Dengan memilih sebuah niche, ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan. Di antaranya, Anda akan jadi lebih fokus dan terkenal lebih kredibel.

Jika berfokus pada sebuah topik, misalnya otomotif, niche tersebut akan melekat pada Anda sebagai seorang blogger dan orang-orang pun lebih percaya pada blog Anda ketika mereka ingin membaca artikel tentang otomotif. 

Rekomendasi Niche Blog Paling Menguntungkan

Jika Anda membuat blog dengan tujuan monetisasi, menulis blog dengan niche tertentu juga bisa memudahkan Anda, lho. Contohnya, Anda akan lebih mudah ditemukan oleh brand yang memiliki produk sesuai dengan niche Anda.

Hal ini membuat tawaran kerjasama dan endorse akan terus berdatangan. Namun, Anda mungkin bingung harus menulis niche apa untuk blog Anda. Berikut penjelasan lengkapnya. 

1. Finance

Niche yang satu ini selalu menjadi tren dari tahun ke tahun dan sepertinya masih akan terus dicari orang hingga beberapa tahun ke depan. Finance atau keuangan adalah hal yang penting untuk dibicarakan dan orang-orang selalu membutuhkan informasi terkait topik tersebut.

Konten yang bisa Anda sajikan jika membuat blog dengan niche ini adalah bisnis, investasi, budgetting, dan lain-lain.  Kata kunci tentang peluang bisnis dan investasi cenderung stabil setiap tahunnya dan selalu populer.

Topik keuangan juga sangat menguntungkan karena dapat menjangkau berbagai kalangan, mulai dari pekerja, orang yang sudah berkeluarga, pelajar atau mahasiswa, hingga pemilik bisnis. Dengan cakupan yang luas, blog Anda memiliki kesempatan besar mendapat banyak pengunjung. 

2. Kuliner

Banyak orang yang merupakan pecinta kuliner dan selalu membutuhkan rekomendasi atau informasi seputar hal itu melalui internet. Blog Anda mungkin bisa menjadi salah satu rujukan para foodies ketika ingin membaca berbagai hal tentang kuliner. 

Tren kulineran ini mendorong munculnya banyak blog dengan niche kuliner, karena topik yang satu ini cukup menguntungkan bagi para bloggernya. Kuliner adalah topik yang luas, dimana Anda bisa membahas banyak hal mulai dari rekomendasi tempat makan, resep masakan, dan lain-lain. 

Anda hanya perlu menentukan dari sudut pandang mana Anda ingin menulis blog tersebut. Apakah Anda lebih suka mereview dan merekomendasikan makanan? Atau mungkin Anda lebih suka memasak dan ingin berbagi resep? Konten-konten kuliner yang Anda bagikan dapat membuat orang lain tertarik untuk mencicipi makanan yang Anda bahas. 

Niche yang satu ini menguntungkan karena berpeluang besar mendapatkan tarawan kerjasama atau endorsement dari produk makanan, minuman, alat memasak, jasa pesan antar makanan, dan lain-lain. Selain itu, komunitas food blogger sudah sangat banyak sehingga Anda lebih mudah untuk bergabung di salah satunya agar dapat memperluas relasi. 

3. Travel

Bagi sebagian orang, travelling merupakan sebuah kebutuhan wajib. Ada banyak pembaca yang memiliki hobi travelling dan sering mengandalkan blog ketika mencari informasi sebelum pergi berlibur. 

Niche blog yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan menguntungkan bagi Anda karena popularitasnya yang kian menanjak seiring waktu. Anda bisa menulis aneka tips travelling, review tempat wisata, hotel, juga makanan di destinasi wisata tersebut. Menarik, bukan?

  4. Teknologi

Teknologi adalah niche blog yang tak akan ada habisnya! Anda tidak akan pernah kehabisan bahan tulisan karena topik yang satu ini senantiasa berkembang seiring waktu. Saat ini, teknologi adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. 

Karena itu, kata kunci terkait teknologi seperti rekomendasi laptop, review HP, macbook, dan lain-lain selalu populer di mesin pencari. Banyak calon pembaca yang selalu membutuhkan informasi tentang hal ini dari waktu ke waktu. 

Menjadi seorang blogger dengan niche teknologi berpotensi membuat blog Anda dibanjiri pengunjung. Karena teknologi merupakan topik yang sangat luas, Anda juga memiliki banyak hal yang bisa dibahas dalam blog tersebut. 

Seorang blogger dengan niche teknologi memiliki kesempatan untuk bekerjasama dengan perusahaan atau toko yang berkaitan dengan teknologi. Misalnya, toko gadget, aplikasi tertentu, perusahaan domain dan hosting, serta masih banyak lagi. 

5. Kecantikan

Adanya beauty influencer atau beauty guru membuat tren niche blog kecantikan terus meningkat dari tahun ke tahun. Berbagai kata kunci terkait dunia beauty juga mengalami kenaikan volume pencarian hingga 30% karena tren ini. 

Banyak orang yang mencari informasi seputar skincare dan makeup melalui mesin pencari. Karena itu, niche blog ini bisa membuat Anda kebanjiran pengunjung jika blog tersebut dikelola dengan baik. 

Berkembangnya industri kecantikan membuat Anda berkemungkinan dapat tawaran kerjasama dari berbagai brand skincare dan makeup. Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa membuat brand produk kecantikan sendiri, lho! 

Penutup

Begitulah beberapa rekomendasi niche blog yang bisa Anda pilih. Memilih topik yang spesifik untuk blog Anda ternyata membawa banyak keuntungan, lho. Brand jadi lebih mudah menemukan Anda untuk diajak bekerjasama, selain itu blog Anda juga terlihat lebih kredibel. 

Untuk membuat blog, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform, salah satunya adalah WordPress. Manfaatkan layanan WordPress Hosting dari IDCloudHost yang sangat cocok untuk para blogger. Penggunaannya mudah dan cepat, sehingga website Anda bisa online hanya dalam waktu 5 menit saja!