5 Tips Jitu dan Aman Kelola Daging Beku

Klikhijau.com – Daging dan Idul Adha, dua hal tidak terpisahkan. Idul Adha yang dikenal pula dengan Idul Kurban merupakan moment mengurbankan hewan ternak.

Tidak mengherankan, pada perayaan hari Idul Kurban keberadaan daging juga meningkat. Itu karena hewan yang dikurbankan tidak dijual, tapi dibagikan kepada yang berhak.

Biasanya daging tidak langsung dimasak, tapi disimpan di dalam lemari es alias kulkas agar tidak rusak. Daging yang disimpan itu akan membeku.

Persoalannya untuk mengelola daging beku, tidak bisa serta merta seperti daging segar pada umumnya. Harus ada teknik khusus yang perlu diterapkan. Agar kualitas dan rasa daging seperti semula.

Menyimpan dan mengelola daging beku rada-rada tidak mudah. Dibutuhkan kesabaran  dan perhatian khusus.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menyimpan daging di dalam lemari es, sebaiknya disimpan di wadah yang kedap udara untuk membungkusnya. Pun jangan mencucinya dengan air karena bisa memicu pertumbuhan bakteri. Akibatnya daging akan lebih cepat membusuk

Perlu diingat, makanan yang sehat itu, tidak hanya dilihat dari jenisnya, tetapi juga dari cara penyimpanan dan pengelolaannya.

Nah, berikut ini beberapa tips jitu dan aman dalam mengelola daging beku seperti dikutip dari Instagram Kementerian Kesehatan Republik Indonesia:

  • Alasi daging dengan wadah

Mengalasi daging yang disimpan di lemari es itu perlu, agar cairannya tidak merembes ke mana-mana. Jika merembes dan menyentuh makanan atau bahan makanan yang lain di dalam kulkas, bisa menyebabkan makana dan bahan makanan tersebut kurang baik.

Selain mengalasi dengan wadah, sebaiknya daging disimpan pada rak paling bawa lemari es.

  • Cairannya jangan biarkan menyentuh permukaan

Membiarkan daging menyentuh permukaan, benda, atau bahan makanan lainnya, berpotensi menyebabkan bakteri.

Karena itu, upayakan daging tidak menyentuh hal-hal yang disebutkan di atas. Agar steril dari bakteri yang bisa merusak daging dan kesehatan saat dikonsumsi.

  • Dicairkan pada suhu lemari es

Umumnya, daging yang telah beku di dalam lemari es akan dikeluarkan untuk dicairkan. Padahal idealnya tidak demikian. Daging beku sebaiknya dicairkan pada suhu lemari es atau kulkas.

Jangan memasak daging dalam keadaan beku, sebab akan berpengaruh pada tingkat kematangan dan juga kandungan nutrisinya.

  • Beri waktu 24 jam

Saat mencairkannya di suhu lemari es, waktu yang dibutuhkan pun tidak singkat. Misalnya, proses pencairan per 2,5 kg daging dapat dibiarkan selama 24 jam lamanya.

Jadi, sahabat hijau harus ekstra sabar, ya menunggunya

  • Masak segera

Ketika daging mentah beku itu telah mencair, jangan menunggu waktu lama untuk memasaknya. Segeralah memasaknya, tidak lebih dari 24 jam setelah proses pencairan.

Nah, sahabat hijau, selamat mencoba—semoga bermanfaat!

The post 5 Tips Jitu dan Aman Kelola Daging Beku appeared first on Klik Hijau.