Alat dan Aplikasi Anotasi Web Terbaik untuk Guru dan Siswa

Anotasi adalah cara yang bagus untuk menangkap dan merekam pemikiran Anda saat Anda berinteraksi dengan sumber bacaan (misalnya, halaman web, dokumen, PDF, gambar, dan video). Anotasi juga menawarkan tingkat keterlibatan yang lebih dalam dengan teks dan merupakan salah satu strategi yang efisien untuk membaca dekat dan kritis.

Anotasi, seperti yang dinyatakan Porter-O’Donnell (2004), adalah “strategi menulis-untuk-belajar untuk digunakan saat membaca atau membaca ulang…[It] membantu pembaca mencapai tingkat keterlibatan yang lebih dalam dan mendorong membaca aktif. Itu membuat “dialog dengan teks” (Probst) pembaca menjadi catatan yang terlihat dari pemikiran yang muncul saat memahami bacaannya” (hal. 82).

Selain meningkatkan pemahaman seseorang tentang teks, anotasi juga merupakan cara yang bagus untuk mempromosikan kerja tim yang kolaboratif. Siswa yang mengerjakan proyek yang sama dapat merekam komentar mereka di margin dokumen bacaan mereka, lalu membagikan dokumen beranotasi mereka dengan kolaborator mereka dan terlibat dalam diskusi interaktif.

Ada berbagai macam alat web dan aplikasi seluler yang dapat Anda gunakan untuk memberi anotasi pada konten web dan PDF. Di bawah ini adalah kumpulan beberapa alat dan aplikasi anotasi terbaik yang saya rekomendasikan untuk guru dan siswa. Saya mengatur sumber daya ini ke dalam tiga kategori utama: alat berbasis web, aplikasi PDF, dan alat Tangkapan Layar.

I. Alat anotasi berbasis web

Ini adalah alat web dan ekstensi Chrome yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan anotasi ke situs web.

1. Sisipkan Pembelajaran

InsertLearning memungkinkan Anda untuk dengan mudah menandai halaman web apa pun dan mengubahnya menjadi dokumen interaktif dengan menyisipkan berbagai video, pertanyaan, diskusi, dan banyak lagi. Siswa dapat dengan mudah mengakses anotasi Anda dengan mengunjungi situs web tersebut. Mereka dapat menanggapi pertanyaan Anda, terlibat dalam diskusi, dan menambahkan anotasi mereka sendiri. InsertLearning mendukung anotasi langsung yang memungkinkan Anda melihat anotasi siswa secara real time.
Menyisipkan pembelajaran
Sumber: insertlearning.com

2. Hipotesis

Hypothes.is adalah alat anotasi sosial yang memungkinkan siswa membuat anotasi web secara kolaboratif. Sebagai seorang guru, Anda dapat menggunakan Hypothes.is dengan siswa Anda untuk meningkatkan keterampilan membaca mereka dan memperluas pemahaman bacaan mereka dengan melibatkan mereka dalam diskusi di margin bahan bacaan yang ditugaskan. Siswa dapat berbagi anotasi mereka satu sama lain.

Mereka dapat menambahkan catatan dan tag, menyorot bagian dalam teks dan menanggapi komentar satu sama lain. Hypothes.is memungkinkan Anda untuk melacak siswa membaca, mengakses anotasi mereka, memantau percakapan mereka dan banyak lagi. Hypothes.is terintegrasi dengan beberapa sistem manajemen pembelajaran antara lain: Schoology, Moodle, Blackboard, Canvas, dan masih banyak lagi.

3. Weava

Weava adalah alat yang memungkinkan Anda membuat anotasi situs web dan PDF. Siswa dapat dengan mudah menyorot bagian dalam PDF dan situs web dan menambahkan catatan untuk mengontekstualisasikan dan meningkatkan pembelajaran mereka. Menggunakan Weava Workspace, siswa dapat dengan mudah meninjau dan mengedit sorotan mereka. Mereka juga dapat menambahkan lebih banyak sorotan dan mengatur semuanya ke dalam satu tempat.

4. Penanda Halaman

Penanda Halaman memungkinkan Anda menggambar di halaman web mana pun secara real time. Anda dapat menambahkan teks, garis, bentuk, dan sorotan. ‘Dengan Penanda Halaman, Anda dapat menggunakan mouse atau layar sentuh untuk menggambar di web atau di PDF dan menyimpannya ke komputer Anda. Lukis, gambar, dan tandai di halaman web atau situs web mana pun.’
Penanda Halaman
Sumber: Penanda Halaman

5. Cat Web

Web Paint adalah alat anotasi gratis lainnya yang memungkinkan Anda menggambar bentuk dan menambahkan teks ke halaman web mana pun. Ekstensi Chrome ini juga menyertakan alat tangkapan layar yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dari situs web mana pun dan menyimpannya ke drive Anda. Beberapa fitur dan tool yang disediakan oleh Wet Paint antara lain: line tool yang digunakan untuk menggambar garis, eyedropper yang memilih warna dari web, pensil untuk menggambar garis yang dipilih, eraser tool, dan masih banyak lagi.

6. Kolektor Web Diigo

Diigo Web Collector memungkinkan Anda untuk menandai situs web dan membubuhi keterangan dengan highlight dan perekat. Anda dapat membagikan situs web beranotasi Anda dengan orang lain melalui situs web media sosial seperti Twitter dan Facebook. Bookmark beranotasi dapat diakses di mana saja melalui perangkat yang dioperasikan iOS dan Android. Diigo juga memungkinkan Anda membuat grup untuk ‘mengumpulkan temuan, berbagi sumber daya, atau menyusun konten’.

II. Aplikasi untuk membubuhi keterangan PDF

Lihat koleksi aplikasi anotasi ini yang memungkinkan Anda menandai PDF dengan mudah dengan memasukkan teks, gambar, catatan, gambar, sorotan, dan catatan tempel. Beberapa aplikasi ini juga menawarkan fitur tambahan untuk menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu, membuat anotasi dengan tinta tangan gratis, mengisi dan menyimpan formulir, menambahkan tanda tangan atau tanda tangan elektronik ke PDF, mengedit properti dokumen, dan banyak lagi.

AKU AKU AKU. Alat tangkapan layar

Monosnap
Sumber: monosnap.com
Alat tangkapan layar adalah cara hebat lainnya untuk membuat sumber daya beranotasi. Anda cukup menginstal alat, membuka halaman web, memilih apakah Anda ingin menangkap bagian halaman atau seluruh halaman web, dan klik untuk mengambil tangkapan layar. Gunakan editor alat untuk memberi anotasi pada tangkapan layar seperti yang Anda inginkan. Anda dapat menambahkan info, teks, panah, mengaburkan bagian yang tidak diinginkan, memangkas dan memotong, menambahkan perangko, dan banyak lagi. Anda kemudian dapat menyimpan dan membagikan sumber daya beranotasi Anda dengan orang lain. Beberapa alat tangkapan layar terbaik yang saya gunakan selama beberapa tahun terakhir termasuk Snagit, Monosnap, dan Loom.

The post Alat dan Aplikasi Anotasi Web Terbaik untuk Guru dan Siswa first appeared on Edu Blog Ar Rosyid.