Alpukat dan Berbagai Manfaatnya untuk Kesehatan Rambut

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Daging buah alpukat bertekstur lembut dan memiliki rasa creamy yang khas, tidak heran jika terdapat begitu banyak orang yang menggemari buah ini. Di Indonesia sendiri, umumnya buah berwarna hijau ini diolah kembali menjadi jus, hidangan penutup, atau dikonsumsi begitu saja.

Selain memiliki rasa dan tekstur creamy yang enak, alpukat juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Melansir dari situs Healthline, buah ini kaya akan minyak alami dan lemak baik yang dapat membantu menghidrasi rambut kering. Selain itu, buah bernama Latin Persea americana ini juga kaya akan vitamin dan biotin yang dapat menyehatkan kulit kepala.

Selain dapat menjaga rambut agar tetap terhidrasi, masih ada banyak manfaat lain yang ditawarkan oleh alpukat dalam menjaga kesehatan rambut. Kira-kira, apa saja ya?

1. Alpukat Bantu Mengatasi Rambut Kering dan Kasar

Bukan rahasia lagi jika buah alpukat dapat membantu mengatasi permasalahan rambut kering dan kasar. Buah ini mengandung vitamin A, D, E dan B6 yang dapat membuat rambut menjadi lebih lembap dan berkilau. Selain itu, buah ini juga kaya akan asam amino, magnesium dan zat besi yang dapat menutrisi rambut.

Untuk mengatasi rambut kering dan kasar dengan menggunakan alpukat, kita bisa mengolah buah tersebut menjadi masker rambut. Haluskan satu buah alpukat, lalu campurkan dengan dua sendok makan minyak kelapa. Aduk rata, lalu oleskan campuran tersebut pada rambut yang kering. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas rambut dengan air hingga bersih. Niscaya rambut pun akan lembap, lembut dan berkilau seketika.

2. Alpukat Dapat Memperkuat Folikel Rambut

Kandungan minyak dalam alpukat kaya akan kandungan protein, vitamin E dan lemak tidak jenuh. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat memperkuat folikel rambut serta dapat mengatasi permasalahan rambut bercabang dan rapuh. Gunakan masker rambut dari buah ini secara rutin untuk mendapatkan rambut yang kuat dan juga sehat.

3. Bantu Meningkatkan Pertumbuhan Rambut yang Sehat

Sama seperti kacang-kacangan, buah alpukat juga kaya akan biotin yang bermanfaat bagi kesehatan mata, kulit, otak dan juga rambut. Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu rambut untuk tumbuh lebih cepat, lebih sehat dan juga lebih kuat.

4. Dapat Melindungi Rambut dari Suhu Tinggi

Apakah Sobat Greeners sering menggunakan alat penata rambut bersuhu tinggi seperti hair dryer atau pelurus rambut? Jika iya, cobalah untuk mengoleskan minyak alpukat terlebih dahulu pada rambut sebelum menatanya dengan alat-alat tersebut. Kandungan minyak alami pada buah tersebut dapat melindungi rambut dari paparan suhu tinggi, termasuk paparan dari sinar matahari sekalipun.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Tidak hanya bermanfaat bagi rambut, alpukat juga menawarkan manfaat pada kulit kepala. Minyak dari buah yang satu ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat mencegah kulit kepala dari kondisi kering dan bersisik.

Penulis: Anggi R. Firdhani

Sumber:

Green Matters