Ambil bagianmu untuk membuat Bumi yang lebih baik

Bulan puasa identik dengan bulan penuh kebaikan. Di bulan ini juga kami ingin mengajak kamu berbuat lebih banyak demi kebaikan lingkungan.

Tahukah kamu kalau laporan Greenpeace tahun 2019 menyebutkan selama bulan Ramadan sampah bisa meningkat hingga 289 ton per hari di Jakarta? Selain sampah makanan yang memuncaki kategori terbesar dalam komposisi sampah di Jakarta, peningkatan ini juga terjadi pada sampah plastik sekali pakai.

Dengan kondisi yang berangsur normal di tahun 2022 ini, kita sudah mulai kembali jajan di luar dan ancaman peningkatan sampah sekali pakai kembali hadir.

Nah, ajakan kami yang pertama adalah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai saat kita jajan atau membeli makanan untuk dibawa pulang. Tonton video singkat kolaborasi kami dengan Puan Puan Bersepeda ini supaya kamu semakin termotivasi buat ikutan.

Untuk menumbuhkan kesadaran ini, Greenpeace Indonesia baru-baru ini juga bagi-bagi takjil anti plastik di Jakarta. Dengan bersama-sama memupuk kesadaran diri mengurangi sampah sekali pakai, kita bisa menghindari peningkatan tumpukan sampah selama bulan Ramadan. Tidak hanya di Jakarta, tapi juga di kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Kemasan yang digunakan dalam kegiatan bagi-bagi takjil ala Greenpeace Indonesia adalah besek atau kotak bambu, untuk mengganti kemasan plastik yang biasanya digunakan sebagai bungkus makanan takjil.

Ajakan yang kedua adalah untuk lebih aktif bergerak dan menggunakan moda transportasi yang ramah lingkungan, seperti bersepeda. Yuk, isi kegiatan ngabuburit kita dengan bersepeda dan gunakan sepeda untuk perjalanan jarak dekat selama bulan Ramadan ini.

Sebagai implementasinya, dalam rangkaian bagi-bagi takjil yang sudah berlangsung, Greenpeace Indonesia juga bersepeda di sepanjang jalur sepeda terproteksi Sudirman-Thamrin Jakarta dengan membawa pesan “#CleanAirNow for #HealthierTomorrow”.

Aktivis Greenpeace Indonesia membawa pesan “CLEAN AIR NOW!” sebagai bagian dari gerakan Clean Air Movement di Jakarta.

Ngomong-ngomong soal jalur sepeda terproteksi, sudah tahu bagaimana perjalanan pembuatannya di Jakarta? Simak penjelasan lengkapnya dalam video kolaborasi antara Greenpeace Indonesia, ITDP dan Bike to Work Indonesia di bawah ini. Kami percaya bahwa jalur sepeda ada sebagai ​​upaya menumbuhkan budaya bersepeda di tengah masyarakat, dan jalur yang terproteksi memungkinkan semua orang turut berpartisipasi meskipun memiliki kemampuan bersepeda berbeda-beda.

Apa lagi yang bisa kamu lakukan untuk membuat Bumi menjadi tempat yang lebih baik?

Well, kami mengajak kamu untuk mencoba laman Truth or Dare dari gerakan Ummah for Earth. Kamu tidak harus menjadi aktivis lingkungan yang berpengalaman untuk membuat perubahan. Dengan bergabung dengan Ummah for Earth, kamu memperkuat gerakan kolektif untuk benar-benar melakukan perubahan yang dibutuhkan Bumi dan lingkungan.

Semoga ajakan-ajakan sederhana di atas bisa menjadi jalan kebaikan bagi kita semua dan juga Bumi. Kamu adalah bagian penting dari perjalanan kami mengkampanyekan aksi-aksi lingkungan. Aksi nyata adalah yang kita butuhkan sekarang untuk memastikan bumi yang layak, kini dan seterusnya.

Arsi Agnitasari adalah Digital Campaigner untuk Greenpeace Indonesia