AS Akan Beri Akses Pelacakan Drone ke Polisi Negara Bagian

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Presiden Biden meminta bantuan Kongres untuk mengizinkan lebih banyak lembaga penegak hukum mengakses sistem pelacakan drone. 

Dalam beberapa bulan terakhir, penggunaan sistem kontra-drone oleh pemerintah menjadi lebih kontroversial setelah seorang pejabat pemerintah Ukraina meminta pembuat drone DJI untuk memutuskan akses Rusia ke sistem lokasi drone AeroScope-nya.

Garis besar Gedung Putih tentang apa yang disebutnya “Rencana Aksi Nasional Sistem Kontra-Pesawat Tak Berawak Domestik” meminta Kongres untuk mengotorisasi ulang wewenang untuk melacak drone yang diberikan kepada organisasi seperti Departemen Keamanan Dalam Negeri, Kehakiman, Pertahanan, dan Negara. 

Pernyataan tersebut juga meminta Kongres untuk memberikan lebih banyak kekuatan deteksi drone kepada lembaga penegak hukum negara bagian, lokal, teritorial dan suku, serta pemilik dan operator infrastruktur penting. 

Baca juga: Drone Untuk Pembangunan IKN

Akses ke jenis sistem ini belum tersedia untuk lembaga negara bagian atau lokal sebelumnya, menurut The Washington Post.

Rencana administrasi menyerukan program uji coba dari lembaga negara bagian, lokal, dan suku tertentu untuk bekerja pada mitigasi serta deteksi drone, dan memungkinkan pemilik dan operator infrastruktur penting untuk “membeli peralatan resmi untuk digunakan oleh Federal atau negara bagian yang sesuai. 

Perlu dicatat bahwa, pada titik ini, ini adalah rekomendasi yang dibuat oleh pemerintah, bukan undang-undang yang sedang dalam proses pengesahan. 

Pemerintah AS telah bergerak menuju peningkatan pengawasan pada drone untuk sementara waktu sekarang. 

Pada tahun 2021 Administrasi Penerbangan Federal menyelesaikan aturan baru yang akan mengharuskan drone baru untuk menyiarkan lokasi operator, serta nomor identifikasi yang dapat dicari oleh penegak hukum dan informasi tentang penerbangan drone. 

Aturan tersebut akan berlaku mulai September ini; sebagian besar akan ilegal untuk menerbangkan drone tanpa kemampuan itu satu tahun kemudian.

(MIM)