Berikut 5 Profesi yang Cocok Untuk Kamu yang Introvert

Bagi seorang introvert, bekerja dengan banyak orang merupakan tantangan tersendiri. Ini karena berinteraksi dengan banyak orang akan menguras energi mereka. Di sisi lain, mereka harus tetap profesional dalam bekerja, sehingga perlu membiasakan diri. 

Jika kamu termasuk dalam kategori ini, penting untuk menemukan pekerjaan yang cocok untukmu. Hal ini sangat wajar karena introvert cenderung menyendiri, yang seringkali membuat mereka pendiam atau pemalu di keramaian. 

Sikap ini sering menimbulkan kesalahpahaman dengan orang lain. Faktanya, banyak orang berpikir bahwa introvert sulit mencari pekerjaan. Namun, ini tidak benar. 

Jika kamu seorang introvert dan sedang mencari pekerjaan, jangan khawatir. Simak lima pekerjaan yang cocok untuk introvert di bawah ini.

1. Penulis 

Foto: Pexels.com

Jika kamu memiliki keterampilan menulis seperti bekerja secara mandiri dan memiliki jiwa kreatif, kamu dapat memilih profesi ini. 

Kebanyakan introvert lebih memilih untuk mengekspresikan diri melalui tulisan daripada berbicara, sehingga banyak dari mereka yang terjun ke dalam profesi ini. Penulis biasanya bertanggung jawab untuk menulis dan mengedit teks. 

Penulis dapat bekerja untuk surat kabar, media online, majalah atau bahkan menjadi penulis lepas yang menulis dan menerbitkan bukunya sendiri. Selain itu, pekerjaan ini memiliki peluang karir yang luas sebagai content writer, copywriter, atau bahkan menjadi freelance writer. 

2. Desainer grafis 

Foto: Pexels.com

Pekerjaan ini tidak memerlukan interaksi dengan banyak orang dan dapat dilakukan bahkan dari rumah. 

Tugas seorang desainer grafis adalah menciptakan model komunikasi dan visual yang mudah dipahami. Selain itu, model yang dibuat berbeda dari template logo, model poster hingga model aplikasi. Jika kamu ingin bekerja sebagai desainer grafis, pastikan tahu cara menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Indesign, dll. 

3. Programmer 

BACA JUGA : 4 Rekomendasi Kursus Online Buat Belajar Seputar Hacking!

Foto: Pexels.com

Sebagian besar pekerjaan ini dapat dilakukan di mana saja (termasuk di rumah) dan yang kamu butuhkan hanyalah komputer dan software. Situasi kerja seperti itu mendorong para developer untuk bekerja secara maksimal dan kreatif. 

Secara umum, tugas seorang programmer adalah menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat, mengembangkan, dan menguji sistem software, aplikasi, atau program yang dapat digunakan oleh bisnis. 

 

4. Editor

Foto: Pexels.com

Secara umum, tugas editor adalah memeriksa, menganalisis, dan mengedit tulisan penulis untuk kualitas, konsistensi, kejelasan, dan tata bahasa sebelum dipublikasikan. Editor juga bertanggung jawab untuk mengawasi produksi konten. Pekerjaan ini membutuhkan konsentrasi dan ketelitian yang tinggi, sehingga membutuhkan suasana yang tenang dan minim interaksi dengan banyak orang. 

5. Data Analis 

Foto: Pexels.com

Posisi ini membutuhkan detail, keterampilan matematika, dan orang yang berorientasi pada  detail. 

 Data Analis umumnya bertanggung jawab atas analisis data dan penelitian untuk memecahkan masalah tertentu dengan menggunakan alat seperti Microsoft Excel, Python, dan alat lainnya. Gaji untuk analis data bervariasi berdasarkan pengalaman mereka. 

Sebagai introvert, kamu dapat fokus mencari pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian kamu. Ada banyak pekerjaan yang bisa dipilih, termasuk lima pekerjaan yang cocok untuk introvert seperti di atas.