Berkenalan Lebih Dekat dengan Proxy Server

Pernahkah anda mendengar istilah proxy server? Istilah satu ini sangat familiar karena merupakan bagian dari perangkat komputer anda. Proxy server juga kerap kali digunakan untuk mempermudah kegiatan anda selama menggunakan perangkat komputer. Jika dituangkan menjadi perumpamaan, proxy server ini layaknya jembatan. Lantas, apakah itu proxy server? Mengapa ya kira-kira program satu ini disebut dengan jembatan? Apakah yang dihubungkan oleh program satu ini? Apa fungsi dari proxy server? Jika anda penasaran akan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari sama-sama simak pembahasan mengenai proxy server di bawah ini!

Mengenal Proxy Server

Proxy server mengacu pada sebuah program atau server perantara guna memisahkan pengguna dari situs web yang mereka kunjungi. Oleh karena itulah, program satu ini disebut sebagai jembatan antara perangkat komputer anda dengan internet. Proxy ternyata dapat melakukan penyediaan terhadap fungsionalitas, keamanan, serta privasi pada berbagai tingkat sesuai dengan kasus penggunaan, kebutuhan, maupun kebijakan.

Bagi anda yang menggunakan server ini, traffic atau lalu lintas internet akan melaju melalui proxy dalam perjalanannya ke alamat yang anda minta. Permintaan tersebut kemudian akan kembali melalui proxy juga untuk kemudian diteruskan datanya. Proxy juga dapat berfungsi sebagai penangkal atau pencegah serangan cyber yang memasuki jaringan pribadi anda.

Saat komputer terhubung ke internet, komputer menggunakan alamat ip. Proxy pada dasarnya merupakan komputer di internet yang memiliki alamat ip sendiri. Seluruh permintaan ke internet masuk ke proxy terlebih dahulu untuk dilakukan evaluasi permintaan sebelum diteruskan kembali ke internet. Server proxy mengisi peran sebagai program yang berwenang untuk mengambil tindakan atas nama anda secara online.

Berbagai macam aplikasi di komputer anda dapat dikonfigurasikan untuk pengaplikasian proxy. Suatu browser dapat menggunakan proxy HTTP guna melakukan pengiriman traffic dari web tersebut. Tidak seperti penggunaan VPN, proxy bukanlah sebuah program yang berperan sebagai sebuah terowongan bagi aktivitas jaringan komputer anda, melainkan menjadi perantara saja.

Baca Juga: IP Address: Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Bagaimana Cara Kerja dari Proxy Server?

Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel tentang ip address bahwa setiap komputer atau perangkat lainnya memiliki setidaknya alamat ip yang unik. Pada dasarnya, proxy server merupakan komputer di internet yang memiliki alamat ip sendiri. Saat melakukan pengiriman permintaan web, permintaan tersebut akan masuk ke server proxy guna membuat permintaan web anda atas nama anda. Kemudian, proxy akan melakukan pengumpulan respon dari server web yang mana nantinya data halaman web akan diteruskan kepada anda.

Saat proxy melakukan penerusan terhadap permintaan web anda, hal tersebut dapat membuat adanya perubahan pada data yang anda kirimkan dan tetap memberi anda informasi yang diharapkan. Proxy dapat melakukan pengubahan terhadap alamat ip, sehingga server web tidak tahu dengan persis lokasi anda.

Tanpa adanya proxy, komputer anda akan berinteraksi secara langsung dengan server web. Semua web yang melakukan interaksi dengan komputer anda dapat melihat komputer anda serta berbicara dengannya secara langsung. Dari hal tersebut, bisa dikatakan bahwa alamat ip anda dapat dilihat oleh publik.

Bagaimana Proxy Melindungi Privasi Anda?

Server proxy melakukan fungsi firewall dan filter. Administrator jaringan dapat memilih proxy yang dirancang untuk melindungi data dan privasi. Hal tersebut memeriksa data yang masuk dan keluar dari komputer serta jaringan anda. Kemudian, melakukan penerapan aturan guna mencegah anda dari suatu keharusan mengekspos alamat IP secara bebas.

Alamat IP proxy yang terlihat oleh peretas atau pelaku jahat lainnya. Tanpa alamat pribadi anda, orang-orang di internet tidak memiliki akses langsung ke data, jadwal, aplikasi, maupun file pribadi anda.

Dengan hal tersebut, permintaan web akan diteruskan ke proxy, kemudian menjangkau dan mendapatkan apa yang anda inginkan dari internet. Jika server web memiliki kemampuan enkripsi, kata sandi serta data pribadi lainnya akan mendapatkan perlindungan ekstra.

Tipe-Tipe Proxy Server

1. Proxy Transparan

Saat anda menggunakan proxy jenis ini, server web akan melakukan penerimaan terhadap alamat ip anda yang sebenarnya. Server web juga dapat memberi tahu bahwa anda terhubung melalui proxy. Dengan kata lain, tidak ada kata pirivasi maupun keamanan tambahan pada proxy satu ini.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa penggunaan proxy transparan banyak digandrungi untuk melakukan penyaringan konten atau tujuan caching bukan untuk alasan keamanan. Misalnya proxy pada jaringan perusahaan atau jaringan sekolah yang sebagian besar menggunakan proxy transparan satu ini.

2. Proxy Anonim

Lain halnya dengan proxy transparan, proxy anonim tidak meneruskan alamat IP anda ke situs web maupun layanan yang anda gunakan. Situs web akan menerima alamat IP palsu jika anda menggunakan proxy anonim. Itulah mengapa sebabnya proxy anonim disebut sebagai proxy yang mendistorsi.

Namun, sama juga dengan proxy transparan, proxy anonim juga tidak menyembunyikan fakta bahwa anda menggunakan proxy. Karena proxy anonim menyembunyikan alamat ip, hal tersebut bukanlah pilihan buruk jika anda mendapatkan sedikit kendala dalam hal privasi. Namun, perlindungan yang diberikan oleh proxy ini kemungkinan besar tidak akan sekuat VPN.

3. Proxy Anonim Tinggi

Pertimbangkan proxy anonim tinggi juga dikenal sebagai proxy elit merupakan sebuah langkah maju dari proxy anonim biasanya. Proxy anonim tinggi juga melakukan penyamaran terhadap pengguna proxy itu sendiri. Situs web tidak akan dapat mendeteksi bahwa anda menggunakan proxy.

Proxy anonim tinggi dapat mencapai perlindungan tambahan yang secara berkala melakukan pengubahan alamat IP dan juga menahan petunjuk apapun yang mereka layani sebagai proxy atas nama anda. Proxy satu ini adalah jenis proxy paling aman.

Baca Juga: Pentingnya SOC untuk Keamanan Jaringan Informasi Anda

Lantas, Apa Manfaat yang Anda Dapatkan Jika Menggunakan Proxy?

Setelah mempelajari beberapa informasi tentang proxy, pasti anda bertanya-tanya, apakah manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan proxy? Poin-poin di bawah ini merupakan manfaat-manfaat yang bisa anda dapatkan dengan penggunaan proxy pada perangkat anda.

1. Meningkatkan Keamanan

Proxy dapat bertindak seperti firewall yang dapat meningkatkan keamanan antara sistem anda dan internet. Tanpa adanya proxy, peretas akan dengan mudah memiliki akses mudah ke alamat IP anda yang dapat digunakan guna menyusup ke komputer maupun jaringan.

2. Untuk Perusahaan, Proxy Dapat Mencegah Staff Menjelajahi Situs yang Tidak Pantas

Anda dapat menggunakan proxy untuk melakukan pemblokiran terhadap akses ke situs web yang bertentangan dengan prinsip organisasi. Selain itu, anda juga dapat memblokir situs yang biasanya mengganggu tugas-tugas penting dari karyawan seperti sosial media.

3. Akses Konten Khusus Lokasi

Ingin menetapkan server proxy yang terkait dengan negara lain? Anda dapat melakukannya dengan proxy! Pada dasarnya, dengan proxy, anda dapat melakukan semacam rekayasa seolah tampak seperti anda berada di negara tersebut dan juga mendapatkan akses penuh ke semua konten.

Kesimpulan

Bagaimana menurut anda tentang proxy server? Program yang berperan sebagai jembatan antara anda dan internet ini pada dasarnya juga memiliki beberapa fungsi serta manfaat tertentu. Anda dapat mengaplikasikan proxy pada perusahaan maupun bisnis anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan aplikasi web, aplikasi mobile, website, dan system integrator untuk membantu transformasi bisnis anda. Selengkapnya, silakan kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.