Cara Membuat Akun Email Outlook atau Hotmail

Halo sobat tekno, bagaimana kabarnya? Pada artikel ini teknovidia.com akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat akun Outlook atau Hotmail.



Outlook adalah salah satu penyedia layanan surat elektronik (email) gratis yang dikembangkan oleh Microsoft. Pada umumnya, Outlook sama seperti layanan surel pada umumnya.

Dengan Outlook, Anda bisa mengirim email, menerima email, atau menambahkan lampiran berupa foto, video, dokumen, maupun file berekstensi .zip atau .rar.

Secara umum, yang membedakan antara Outlook dengan layanan email lainnya adalah akhiran nama akun email Anda. Jika Anda menggunakan layanan email dari Google, maka Anda akan memiliki alamat email dengan format alamatemail@gmail.com. Jika Anda menggunakan layanan email Outlook, alamat email Anda akan menjadi alamatemail@outlook.com atau Anda juga bisa menggunakan format alamatemail@hotmail.com.

Sebagai tambahan, email dengan akhiran domain outlook.com atau hotmail.com merupakan produk dari microsoft, jadi Anda bisa memilih salah satu di antaranya.

Selain digunakan untuk mengirim dan menerima email, akun Outlook ini bisa digunakan untuk pemasangan aplikasi yang dirilis oleh Microsoft.

Jika Anda pengguna smartphone dengan OS Android, Anda harus menggunakan akun Gmail untuk melakukan instalasi aplikasi di PlayStore.

Jika Anda pengguna iOS, Anda memerlukan akun Apple ID (alamatemail@icloud.com) untuk mengunduh aplikasi di Apple Store.

Nah, jika Anda ingin memasang aplikasi yang disediakan oleh Microsoft Store, Anda perlu login menggunakan akun Outlook ini. Anda bisa memasang aplikasi yang disediakan oleh Microsoft dengan syarat laptop atau PC Anda harus menggunakan OS Windows.

Selain itu, akun Outlook juga bisa digunakan untuk login di web Microsoft, artinya jika Anda membuat akun Outlook, secara otomatis Anda juga membuat akun Microsoft.

Cara Membuat Akun Outlook atau Hotmail

Lalu, bagaimana caranya membuat akun Outlook atau Hotmail? Simaklah artikel ini hingga akhir jika Anda ingin mengetahui cara dalam membuat akun Outlook atau Hotmail.



1. Pertama kunjungi halaman berikut ini untuk melakukan pendaftaran akun Outlook: outlook.live.com/owa/?nlp=1&signup=1

2. Tentukan nama username yang ingin Anda gunakan sebagai alamat email.

Pada halaman ini Anda juga bisa memilih akhiran mana yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan @outlook.com atau @hotmail.com. Selanjutnya klik tombol Next.

Setelah Anda memasukkan nama email di kolom yang telah disediakan oleh pada website tersebut, Anda dipersilahkan untuk menunggu (sekitar 5-10 detik) untuk dilakukan pengecekan oleh server apakah nama email yang Anda pilih sudah ada yang memiliki atau belum.

Jika nanti Anda muncul teks berwarna merah seperti di bawah ini, berarti Anda harus memikirkan alamat email yang lain.

3. Kemudian, buatlah password pada kolom yang telah disediakan. Buatlah password yang unik dan tidak mudah ditebak. Jangan menggunakan password seperti tanggal lahir atau nama Anda sendiri, karena ini rentan bocor.

Jika sudah klik Next.

4. Jika Anda telah selesai memasukkan password, Anda akan dibawa menuju halaman berikut untuk mengisi identitas utama seperti nama depan dan nama belakang.

5. Kemudian Anda bisa mengisi detail informasi mengenai tanggal lahir dan status kewarganegaraan.

6. Jika telah selesai mengisi informasi utama mengenai data diri, website akan memulai pembuatan akun email Hotmail atau Outlook.

Silahkan klik Next untuk melanjutkan pembuatan akun Outlook atau Hotmail.

6. Selanjutnya, web akan mengidentifikasi Anda sebagai robot atau bukan. Disini Anda diharuskan untuk menyelesaikan captcha.

Pada kasus di atas, captcha yang harus diselesaikan adalah mengatur posisi gambar hewan agar sesuai dengan posisi sehausnya, yakni kakinya harus berada dibawah, hal yang sulit untuk robot.

Jika Anda sudah menyelesaikan puzzle captcha tersebut, silahkan klik Done.

Selesai! Akun Outlook atau Hotmail Anda sudah dapat digunakan.



Keunggulan Outlook atau Hotmail

Outlook atau Hotmail memungkinkan para penggunanya untuk mengirim dan menerima pesan atau email layaknya layanan email pada umunya.

Outlook atau Hotmail bisa dikatakan sebagai salah satu solusi terbaik dalam layanan penyedia email.

Fungsi utama dari akun Outlook adalah untuk mengirim, menerima, serta menyimpan email itu sendiri.

Layanan penyedia email ini juga dapat mengelola kalender, melacak tugas, dan menyimpan nomor kontak teman, saudara, atau klien.

Selain itu, layanan ini juga memiliki beberapa kelebihan yang harus kamu ketahui. Apa saja kelebihan akun Outlook atau Hotmail? Berikut ini penjelasannya:

1. Mencegah Pengiriman Email Tanpa Lampiran

Sebagai pengguna Outlook, ketika Anda ingin mengirimkan email kepada seseorang, Anda akan diingatkan “Anda belum menyisipkan lampiran”.

2. Mengingatkan Jadwal Tiket

Jika Anda memesan tiket penerbangan, jasa penyewaan mobil, atau hotel menggunakan akun Hotmail, maka Outlook akan otomatis menambahkannya ke kalender. Outlook akan mengingatkan Anda untuk melakukan perjalanan yang sesuai tanggal tiket Anda.

3. Mengabaikan Email Tertentu

Perusahaan besar bisa saja memiliki database yang berisi alamat email dari para calon pelanggan. Jika kamu salah satu orang yang masuk dalam daftar tersebut maka siap-siap untuk menerima email yang berisi iklan (spam).

Materi iklan yang dikirim lewat email terkadang sangat mengganggu pengguna, dengan menggunakan layanan email dari Outlook, Anda dapat memindahkan semua email yang dianggap spam ke folder “Item dihapus”.

4. Membersihkan Folder

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Outlook atau Hotmail adalah bisa membersihkan folder. Anda bisa menggunakan tombol Bersihkan untuk menghapus pesan dalam jumlah yang sangat banyak.

Pesan email yang sangat banyak dan menumpuk tentu saja sangat mengganggu jika tidak cepat dihapus. Outlook bisa mengatasi masalah ini.

Anda bisa menyisakan pesan yang belum dibaca atau pesan yang berisi informasi penting dan khusus.

5. Outlook Atau Hotmail Bisa Mengingatkan Pesan Penting

Anda bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh Outlook untuk pemberitahuan item baru yang berguna untuk memberi tahu jika ada pesan penting yang memenuhi kriteria tertentu.



Pemberitahuan ini akan muncul di atas aplikasi lain yang sedang berjalan sehingga pesan tidak akan terlewatkan.

Nah, itulah tadi pembahasan dari Teknovidia mengenai bagaimana cara membuat akun Outlook atau Hotmail. Semoga informasi ini dapat membantu ya, terima kasih telah membaca.

The post Cara Membuat Akun Email Outlook atau Hotmail appeared first on Teknovidia.