Cara Salin Teks dari Gambar dengan Google Lens

Foto: Unsplash

Teknologi.id –  Saat ini, semua hal teah dipermudah dengan adanya kemajuan teknologi. Salah satu contohnya adalah, kita tidak perlu lagi mencetak undangan atau mengirim undangan langsung ke alamat yang dituju, dengan mengirimkan file lewat email, surat kita akan sampai langsung ke orang itu. 

Untuk mengirim email tersebut kembali tapi tidak melalui Gmail, kita hanya cukup menyalin teks dari dokumen melalui PC, Laptop, atau ponsel kita, serta kemudian tempel teks tersebut ke Whatsapp, atau aplikasi lainnya. 

Meneruskan pesan, atau mengutip kata-kata ucapan dari Google juga tak perlu menulisnya secara manual. Copy dan Paste dapat mempermudah masalah seperti itu. 

Namun, bagaimana jika kita ingin menyalin teks dari sebuah foto? Kita tak dapat menyalin begitu saja teks yang ada di foto. Untuk kasus ini, kita membutuhkan bantuan. Salah satu yang paling mudah dan efektif adalah menggunakan Google Lens. 

Baca juga: Saingi Google Maps, Grab Rilis Peta Digital Sendiri

Melansir dari website Google, kita bisa mendapatkan detail atau mengambil tindakan pada foto, objek di sekitar kita, dan hasil penelusuran gambar dengan Google Lens.

Untuk menggunakan Google Lens cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut agar kita bisa mencobanya. 

  1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Foto.
  2. Pilih foto.
  3. Ketuk Lens
  4. Bergantung pada foto kita, periksa detailnya, lakukan tindakan, atau temukan produk serupa. 

Atau, jika kita ingin mengaksesnya dengan lebih mudah kita bisa menggunakan widget Google di layar utama ponsel kita. 

  1. Pada widget Google, pilih ikon Kamera di samping ikon mic. 
  2. Pilih Foto. 
  3. Dari situ, ambil tindakan yang Anda butuhkan. 

Kita akan menemukan pilihan untuk memilih teks, terjemahkan teks, telusuri, belanja, belajar, tempat, dan makan. Pilih satu opsi yang kita perlukan. Untuk menyalin teks dari foto, kita dapat memilih opsi “Teks” dan kemudian pilih teks yang ingin kita salin. 

(MIM)