Cloudflare Error, Banyak Situs Populer yang Down Siang Ini

Banyak aplikasi dan website yang tersedia dalam dunia digital menjadi salah satu aspek penting dan sangat kita butuhkan sekarang. Akan tetapi, pada hari Selasa (21/6) beberapa aplikasi dan website terkenal mendadak down dan mengalami gangguan sehingga tidak dapat diakses. 

Sebagian besar pada halaman pertama website dan aplikasi tidak dapat tampil dan bertuliskan 500 Internal Server Error. Ternyata, penyebab dari errornya banyak aplikasi dan website penting ini adalah gangguan pada Cloudflare. 

Cloudflare sendiri merupakan sebuah layanan proxy yang menjembatani antara pengakses website atau aplikasi dengan hosting provider, dan bertujuan untuk melindungi aplikasi dan website dari serangan Directed Denial of Service (DDoS).

Beberapa situs yang mengalami error menurut DownDetector, alat pemantauan web crowdsourced yang melacak pemadaman yang mungkin sering kamu akses adalah Omegle, Discord, Minecraft, Valoran, Skype, Amazon,  dan Social Blade.

Serangan ini tidak berdampak pada seluruh negara akan tetapi belum jelas negara mana saja yang mengalaminya. 

“Masalah dengan jaringan utama kita. Kita sudah mengetahui apa penyebabnya. Rollback dan lainnya terjadi,” Ucap CTO Cloudflare John Graham-Cumming. 

Cloudflare memberi pernyataan bahwa mereka akan mengalami pemadaman atau batas waktu mencapai jaringan atau layanan Cloudflare. Mereka juga memberi penjelasan di akun Twitter resmi mereka bahwa saat ini mereka telah mengetahui ada banyak website dan aplikasi populer dan penting yang sedang mengalami down. 

Update terakhir dari Cloudflare adalah masalah ini telah terselesaikan. Akan tetapi protes kekecewaan atas downnya internet hari ini dan kurangnya transparansi dari Cloudfare masih cukup banyak di media sosial Twitter. Bahkan beberapa dari warganet dunia masih merasa bahwa beberapa situs yang ingin mereka datangi masih dalam keadaan error. 

(kssa)