Company Profile Website : 10 Langkah Mudah untuk Membuatnya

Setiap perusahaan pasti memiliki company profile website untuk dapat berinteraksi dengan customer di era digital saat ini. Sebuah company profile berguna untuk memperkenalkan perusahaan dari segi visi, misi, dan kinerja perusahaan.

Sebuah website perusahaan tentunya sangatlah penting karena akan berpengaruh pada pandangan audiens terhadap perusahaan. Jika Anda baru membuat sebuah perusahaan dan ingin membuat website perusahaan, simak tips dan langkah-langkah dalam membuat website perusahaan.

Apa Itu Company Profile Website

Company Profile Website adalah pengantar tertulis ke perusahaan yang memberi tahu pembaca tentang kegiatan, misi, tujuan, dan kekuatannya. Profil perusahaan sering kali mencakup sejarah pendirian perusahaan dan menggambarkan produk atau layanannya. Sebuah profil perusahaan harus dapat memenuhi tujuan berikut:

  • Perencanaan Investasi: Company Profile dapat memberikan informasi yang dibutuhkan calon investor untuk memutuskan apakah akan mengalokasikan dana ke perusahaan.
  • Situs Web Perusahaan dan Media Sosial: Anda dapat menggunakan profil perusahaan Anda untuk menginformasikan kepada pengguna situs web dan media sosial tentang misi, nilai, dan asal-usul perusahaan Anda.

Tidak ada batasan dalam panjang yang ditetapkan untuk profil perusahaan. Beberapa profil dibuat hanya dengan memiliki dua halaman, sementara yang lain memiliki lebih dari 10 halaman. Periode ini bergantung pada banyak faktor, termasuk audiens target untuk profil bisnis Anda, usia, dan ukuran bisnis Anda

Mengapa Membuat Company Profile Website Sangat Penting?

Ada beberapa manfaat yang akan Anda rasakan ketika menulis Company Profile Website:

  • Mampu mengkomunikasikan budaya dan nilai-nilai: Menulis profil perusahaan yang menekankan budaya perusahaan yang positif dan nilai-nilai yang kuat dapat membantu perusahaan menarik karyawan dan investor.
  • Dapat membentuk citra publik: Profil perusahaan yang kuat dapat memberikan citra publik yang positif bagi perusahaan di komunitasnya.
  • Pertumbuhan: Profil bisnis berfungsi sebagai blueprint untuk mengembangkan bisnis dan keuntungan Anda.

Bagaimana Cara Membuat Company Profile Website yang Mudah dan Menarik?

Setelah mengetahui betapa pentingnya Company Profile Website, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk membuat profil pada website perusahaan.

1. Identifikasi tujuan pembuatan profil website perusahaan

Sebelum Anda membuat sebuah profil bisnis Anda sendiri, sangat penting untuk menentukan tujuan pembuatan profile tersebut. Sebuah company profile dapat berisi elemen yang berbeda tergantung pada kelompok sasaran dan tujuan akhirnya.

Setelah Anda mengidentifikasi tujuan profil, Anda dapat memikirkan elemen-elemen untuk dimasukkan yang menekankan tujuan itu. Elemen yang harus disertakan dalam profil adalah:

  • Nilai-nilai perusahaan: Baik Anda menulis profil untuk merekrut investor atau melibatkan pelanggan, Anda dapat menyertakan bahasa yang menggambarkan nilai-nilai perusahaan.
  • Nilai Produk: Jika Anda membuat profil untuk perusahaan Anda, terutama untuk investor, Anda dapat menggunakan profil tersebut sebagai peluang untuk menunjukkan nilai produk Anda kepada audiens target perusahaan Anda.
  • Kinerja: Anda juga dapat menggunakan profil perusahaan Anda sebagai kesempatan untuk menggambarkan kinerja perusahaan Anda, termasuk penjualan.

2. Membuat gaya dan format untuk profil perusahaan

Selanjutnya, Anda dapat memutuskan gaya dan struktur profil. Ini mudah dibaca dan membantu mengatur informasi yang menarik bagi pembaca.  Salah satu pilihan populer untuk pemformatan profil perusahaan adalah menggunakan serangkaian subjudul untuk mengatur informasi.

3. Memasukkan informasi kontak

Anda dapat membuat profil perusahaan dengan memasukkan nama perusahaan, situs web, dan informasi kontak Anda. Hal ini pun memungkinkan pembaca dalam meneliti lebih lanjut tentang perusahaan.

Dengan membuat profil memudahkan calon investor kesempatan untuk menghubungi seseorang di perusahaan Anda tentang pembiayaan.

4. Sertakan pernyataan misi perusahaan

Di bagian profil perusahaan berikutnya, Anda dapat menyertakan pernyataan misi perusahaan. Pernyataan misi menggambarkan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Di bawah ini  adalah elemen dari pernyataan misi yang kuat.

  • Target Audiens: Misi yang kuat dapat menggambarkan seperti apa pasar konsumen utama yang ditargetkan oleh perusahaan.
  • Produk atau layanan: Pernyataan misi juga dapat memperjelas produk atau layanan apa yang ditawarkan perusahaan.
  • Perbedaan/Keunikan: Terakhir, pernyataan misi dapat menjelaskan apa yang membuat produknya unik di pasarnya.

5. Tulis tentang sejarah perusahaan

company-profile-website..

Banyak website perusahaan yang menyertakan cerita singkat tentang pendirian perusahaan tersebut. Anda dapat membuat format informasi tersebut dalam garis waktu. Anda juga dapat menulis paragraf pendek yang memberikan lebih banyak wawasan tentang mengapa Anda memulai bisnis Anda. Di area profil perusahaan ini, Anda dapat memasukkan tanggal dan lokasi pendirian perusahaan.

6. Jelaskan produk dan layanan

Anda kemudian dapat memberikan deskripsi produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan Anda. Ini bisa berupa daftar lengkap, ringkasan produk terlaris perusahaan, atau deskripsi yang lebih komprehensif tentang jenis produk yang dijual perusahaan.

7. Sertakan penghargaan dan pengakuan

Pada bagian company profile ini, Anda dapat memasukkan tanggal dan lokasi pendirian perusahaan. Bagian selanjutnya dari profil memungkinkan Anda untuk membuat daftar atau menjelaskan penghargaan dan penghargaan lain yang telah diterima perusahaan Anda.

Ini membantu Anda menggunakan profil perusahaan Anda untuk menunjukkan nilai dan reputasi perusahaan Anda di industri dan komunitas.

8. Informasi keuangan

Jika audiens target utama Anda untuk profil perusahaan adalah investor, Anda juga dapat menyertakan bagian  informasi keuangan perusahaan di profil Anda, seperti berikut:

  • Tujuan Keuangan: Dengan mencantumkan tujuan perusahaan di profil Anda, Anda dapat menunjukkan bahwa investor, eksekutif, dan eksekutif termotivasi untuk meningkatkan penjualan.
  • Strategi: Bukan hanya untuk tujuan keuangan, profil Anda juga bisa menunjukkan rencana perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan atau telah ditentukan.
  • Kinerja atau Pekerjaan yang Pernah Ditangani: Perusahaan juga dapat memasukkan kinerja atau pekerjaan yang pernah ditangani. Bisa juga berupa testimoni klien terkait dengan pekerjaan tersebut.

9. Demografi

Jenis informasi lain yang dapat dimasukkan dalam profil perusahaan adalah demografi seperti:

  • Jumlah Karyawan: Jumlah karyawan dapat menunjukkan kepada pembaca ukuran perusahaan.
  • Statistik Keanekaragaman: Jika perusahaan Anda berkomitmen pada keragaman, Anda dapat memasukkan statistik ras. Identifikasi usia dan jenis kelamin karyawan Anda dan diskusikan tujuan dan strategi untuk meningkatkan statistik ini.

10. Sertakan testimonial

Menambahkan testimonial dari pelanggan atau karyawan di profil perusahaan Anda juga bisa menjadi nilai tambah dalam company profile website Anda. Ini membantu  menunjukkan bahwa perusahaan menawarkan budaya positif kepada karyawannya atau senang dengan pelanggan mereka.

Testimonial yang Anda tambahkan bisa berupa kutipan sederhana dari seseorang tentang bagaimana pengalaman mereka ketika bekerjasama dengan perusahaan. Tambahkan juga nama dan jabatan mereka. Anda juga dapat menyertakan foto dengan testimonial.

Tips Membuat Company Profile Website

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah keunggulan company profile Anda. Inilah tips membuat website perusahaan yang keren.

  • Menggunakan subjudul: Anda dapat membuat subjudul untuk setiap bagian profil perusahaan untuk mengatur informasi dengan cara yang mudah dipahami pembaca.
  • Sertakan Logo: Sertakan logo perusahaan Anda di profil Anda untuk meningkatkan kesadaran merek dan bertindak sebagai elemen desain untuk dokumen Anda.
  • Perhatikan elemen desain website perusahaan Anda: Grafik, warna, font, dan whitespace dapat menentukan desain profil perusahaan. Anda dapat mengikuti gaya branding perusahaan Anda untuk mencapai desain profil perusahaan yang kohesif.
  • Ubah Profil: Sebelum mendistribusikan profil perusahaan Anda, gunakan perangkat lunak pemeriksa ejaan untuk memastikan bahwa profil Anda tidak mengandung kesalahan. Ini dapat membantu profil Anda terlihat bersih dan profesional bagi pembaca.

Itulah penjelasan tentang Company Profile Website yang perlu Anda ketahui sebelum membuat website perusahaan. Membuat company profile sangatlah penting karena berpengaruh pada citra perusahaan di mata audiens. Oleh karena itu, membuat company profile perlu dipertimbangkan secara baik dan matang.

Jika Anda ingin membuat sebuah Company Profile yang luar biasa untuk perusahaan Anda, kunjungi https://appkey.co.id. Appkey menawarkan jasa pembuatan website untuk berbagai keperluan seperti company profile serta membuat aplikasi native yang mengkonversikan konten WordPress dari situs web Anda sendiri.

Kunjungi sekarang dan dapatkan berbagai penawaran menarik khusus untuk Anda dan nantikan terus update informasi terbaru dari Web App hanya di https://appkey.id/!

The post Company Profile Website : 10 Langkah Mudah untuk Membuatnya first appeared on APPKEY.