Contoh Pelatihan Guru agar Menjadi Guru Profesional

Menjadi guru profesional, seorang guru harus menguasai empat standar kompetensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Tidak sekedar menguasai saja, tetapi Guru Pintar juga harus mengamalkan standar kompetensi guru tersebut di kelas. Menjadi seorang guru yang profesional bukan kemampuan bawaan, melainkan kemampuan yang harus diasah dari waktu ke waktu. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan guru atau workshop guru.

 

Saat ini banyak sekali program pelatihan pengembangan profesi guru dan tendik diselenggarakan baik oleh instansi pemerintahan maupun swasta. Ada pelatihan untuk guru atau diklat guru yang berbayar dan ada juga pelatihan yang diselenggarakan secara gratis untuk para guru. Pendidikan pelatihan guru ini tentu saja memiliki tujuan untuk mencetak guru-guru profesional yang mampu memaksimalkan kegiatan pembelajaran di kelas. Macam macam pelatihan untuk guru ada banyak jenisnya. Pelatihan guru gratis sertifikat ini banyak diburu tidak hanya untuk menambah ilmu tetapi juga sebagai bahan untuk mengembangkan portofolio guru yang mengikutinya.

Berikut ini adalah contoh program pelatihan guru yang dapat membantu para guru mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas kinerjanya:

1. Pelatihan Koperasi dan Kewirausahaan

Entrepreneurship atau kewirausahaan saat ini adalah program yang dianjurkan untuk disisipkan dalam pelajaran di sekolah. Tidak hanya jenjang SMK atau SMK, bahkan TK atau SD juga saat ini sudah mulai ditanamkan jiwa kewirausahaannya. Supaya guru dapat mendukung program ini, maka mereka harus mengikuti pelatihan tentang koperasi dan kewirausahaan. Biasanya, pelatihan tentang koperasi dan kewirausahaan untuk guru materinya mencakup pengertian koperasi secara umum, pemanfaatan koperasi sekolah sebagai ruang untuk siswa belajar akuntansi dan wirausaha, peluang menjadi wirausahawan bagi siswa, dan juga menjelaskan tentang peran guru dalam membina koperasi sekolah.

2. Pelatihan Penggunaan Teknologi atau Aplikasi Pendidikan

Menjadi guru masa kini tidak boleh gaptek. Kondisi pandemi telah mendorong percepatan digitalisasi di berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Kegiatan pembelajaran tidak dapat dipisahkan dengan teknologi supaya tetap dapat berjalan dan meminimalisir potensi learning loss yang dikhawatirkan berbagai pihak. Oleh karena itu, sangat penting bagi Guru Pintar untuk mengikuti berbagai pelatihan seperti ini untuk mengupgrade kemampuan IT dan sekaligus meningkatkan keterampilan literasi digital. Manfaat yang dapat diambil dari pelatihan ini adalah selain meningkatkan kompetensi guru, selanjutnya Guru Pintar juga dapat mengaplikasikannya di kelas dan membuat kegiatan pembelajaran tetap bermakna sekaligus kekinian.

3. Pelatihan Kepemimpinan (Leadership)

Contoh pelatihan dan pengembangan guru dalam bidang kepemimpinan berfokus pada peningkatan kualitas guru di bidang kepemimpinan atau leadership. Peningkatan kualitas dalam aspek kepemimpinan ini akan dapat mendorong terjadinya akselerasi peningkatan kualitas pada bidang pendidikan. Pada hakikatnya seorang guru adalah pemimpin di kelasnya dan juga bagi dirinya. Dengan pelatihan ini Guru Pintar akan dilatih bagaimana mengambil keputusan yang mempertimbangkan kemaslahatan banyak pihak. Harapannya, dengan bekal jiwa kepemimpinan, maka Guru Pintar juga akan menularkan ilmu yang didapatkan dari pelatihan ini kepada rekan guru lainnya dan juga siswa yang diajar. 

4. Pelatihan Public Speaking

Contoh Pelatihan Guru agar Menjadi Guru Profesional
Gambar Komunitas Guru Pintar Indonesia oleh Aku pintar Indonesia

Contoh pelatihan guru yang dapat Guru Pintar ikuti untuk meningkatkan kualifikasi diri adalah pelatihan public Speaking. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali Guru Pintar kemampuan berkomunikasi yang efektif dan efisien sehingga dapat membantu kelancaran penyampaian materi dan juga informasi lainnya di sekolah. Dengan demikian, tujuan pendidikan dan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. meningkatkan pemahaman dan menjaga motivasi belajar dari peserta didik. Dengan kemampuan public speaking yang baik, Guru Pintar dapat membuat kelas menjadi fun atau menyenangkan sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar lebih baik karena penyampaian guru baik dan mudah dimengerti siswa. Selain berguna saat pembelajaran, kemampuan public speaking guru juga akan bermanfaat ketika Guru Pintar diharuskan untuk menjadi pembicara pada forum-forum atau komunitas guru.

5. Pelatihan Ice Breaking untuk Pembelajaran

Ice Breaker atau juga dikenal dengan sebutan Energizer adalah teknik yang digunakan dalam kegiatan seminar, pertemuan, kegiatan belajar mengajar, atau kegiatan pelatihan-pelatihan untuk memecahkan kejenuhan dari peserta. Pentingnya Guru Pintar mengikuti kegiatan pelatihan ini adalah untuk membekali Guru Pintar kemampuan mengarahkan otak, membangun kembali suasana belajar agar menjadi santai dan menyenangkan, dan menjaga stabilitas kondisi pikiran siswa. Dengan kemampuan menyelenggarakan kegiatan ice breaking dan energizer yang baik, proses penyampaian dan penyerapan pelajaran dari siswa akan lebih optimal sehingga dapat menumbuhkan motivasi, dan menguatkan hubungan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran.

6. Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup

Seorang Guru tidak hanya berperan dalam menyampaikan materi pembelajaran saja. Guru Juga memiliki peran dalam pendidikan lingkungan hidup di Indonesia. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap konsep pendidikan lingkungan hidup, sebagai sarana dan dialog bersama untuk para guru dalam pendidikan lingkungan, dan sarana silaturahmi dan komunikasi guru dan pemerhati pendidikan lingkungan hidup. Hal ini penting karena nantinya Guru Pintar juga harus menyampaikan tentang pendidikan lingkungan hidup kepada siswa di sekolah.

7. Workshop Profesionalisme Guru

Tujuan kegiatan workshop profesionalisme guru ini tentu saja untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan guru, memberi pelatihan kepada guru, dan membantu guru dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di sekolah atau kelas. Diharapkan nantinya  Guru Pintar akan piawai dalam menulis karya tulis ilmiah berdasarkan PTK tersebut dan dapat memberikan kontribusinya dalam perkembangan pendidikan di Indonesia.

8. Pelatihan Pengembangan Kurikulum

Seorang Guru harus mampu merencanakan pembelajaran sebaik-baiknya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Dalam merencanakan pembelajaran, Guru Pintar harus memiliki panduan yaitu kurikulum. Jika seorang guru memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengembangkan kurikulum di sekolahnya, maka akan berimbas pada kualitas pembelajaran yang akan diampunya.

9. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran 

Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam kesuksesan penyampaian materi kepada siswa. Dengan media pembelajaran yang menarik, kreatif, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka akan dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Supaya tidak terkesan monoton dengan media mengajar yang itu-itu saja, maka sangat dianjurkan bagi Guru Pintar untuk mengikuti pelatihan atau workshop tentang pembuatan media pembelajaran yang kreatif. 

10. Pelatihan Penulisan dan Literasi

Target peningkatan kemampuan literasi tidak hanya siswa. Guru juga harus memiliki kemampuan literasi yang baik. Dengan mengikuti pelatihan penulisan dan literasi, Guru Pintar dapat meningkatkan keterampilan menulis PTK, menulis buku/materi, artikel, opini, esai, dan lainnya.

Nah, banyak sekali ternyata pelatihan yang dapat diikuti oleh Guru Pintar. Info pelatihan guru gratis 2022 dan diklat online guru gratis 2022 dapat selalu Guru Pintar update di Komunitas Guru Pintar Indonesia yang diinisiasi oleh PT Aku Pintar Indonesia. Di sini Guru Pintar akan mendapat banyak info pelatihan yang diselenggarakan untuk guru secara gratis dengan narasumber yang kredibel. Segera gabung di Komunitas Guru Pintar, ya Guru Pintar! Tidak hanya info tentang pelatihan, Guru Pintar akan terhubung dengan guru-guru hebat dari seluruh penjuru Indonesia untuk saling berbagi pengalaman dan informasi.


Gambar Komunitas Guru Pintar Indonesia oleh Aku pintar Indonesia