Customer Relationship Management, Seberapa Pentingnya bagi Perusahaan?

 Apakah Anda pernah mendengar sebuah kutipan slogan yang berbunyi ‘pelanggan adalah raja’? Kutipan slogan ini biasanya acapkali ditemui di acara-acara seminar yang membahas topik bisnis di dalamnya. Slogan ini seakan telah menjadi mantra ajaib yang paten bagi seluruh produsen, baik yang bergerak di bidang barang hingga jasa sejak dulu kala. Dalam setiap perusahaan, pelanggan diidentikan sebagai pemangku utama demi kepentingan dan kelangsungan bisnis dari suatu perusahaan dan menjadi salah satu bagian terpenting yang selalu masuk dalam strategi bisnis suatu perusahaan.


Oleh karena itu, menjaga rutinitas dan kesinambungan hubungan antara penyedia produk dan jasa dengan pelanggan merupakan hal yang dinilai semakin krusial. Tanpa adanya layanan pelanggan yang baik dalam arti respons yang cepat, tepat dan efisien, dengan mudah orang dapat beralih ke produk atau jasa yang disediakan oleh institusi lainnya. Maka dari itu, kutipan ‘pelanggan adalah raja’ tersebut juga dapat menjadi sebuah cerminan bagi para pemilik usaha dalam melihat dan mengelola kembali cara bagaimana mereka memperlakukan pelanggan dan cara menjaga hubungan mereka dengan pelanggan.


Lalu, melihat dari latar belakang di atas, muncul lah sebuah strategi bisnis yang biasa dikenal dengan Customer Relationship Management (CRM) yang identik dengan hubungan antara pembeli dan penjual. Lantas, seberapa krusialnya CRM untuk diimplementasikan ke dalam suatu bisnis perusahaan?

CRM Mampu Meningkatkan Keuntungan Bisnis Melalui Hubungan Pelanggan dan Perusahaan

CRM dinilai dapat membantu sebuah bisnis perusahaan untuk dapat membangun hubungan dengan pelanggan mereka dengan menciptakan loyalitas dan retensi pelanggan. Hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen dinilai sebagai faktor kunci dari keberhasilan bisnis suatu perusahaan.


Loyalitas pelanggan dan pendapatan adalah kualitas yang mempengaruhi pendapatan perusahaan, sehingga CRM menjadi strategi manajemen yang menghasilkan peningkatan keuntungan untuk bisnis. Untuk menjaga loyalitas dari para pelanggan dan menjaga pendapatan yang ada, perusahaan biasanya membuat sebuah “kamus keluhan” yang dapat digunakan oleh customer service perusahaan di kemudian hari. Dari laporan atau modul yang berisi keluhan dan solusinya inilah, piihak perusahaan dapat mengintrospeksi kesalahan yang mereka lakukan lalu mengurangi potensi konflik dengan konsumen di kemudian hari.


Pada intinya, strategi CRM dinilai dapat menciptakan antarmuka pengguna yang sederhana untuk kumpulan data yang membantu bisnis mengenali dan berkomunikasi dengan pelanggan dengan cara yang terukur.

Metode CRM Dapat Digunakan dalam Satu Platform

Pada intinya, manajemen hubungan pelanggan itu sederhana. Namun, ini dapat diimplementasikan dalam berbagai metode: situs web, media sosial, panggilan telepon, obrolan, surat, email, dan berbagai materi pemasaran, semuanya dapat diintegrasikan ke dalam satu platform CRM.


Dengan pemanfaatan metode strategi CRM yang dilakukan satu pintu melalui satu platform, tentunya ini dapat meningkatkan efektifitas pelayanan perusahaan kepada para pelanggan.

CRM Dapat Membantu Mempelajari dan Mengobservasi Pelanggan Anda

CRM juga dapat membantu Anda untuk mempelajari pelanggan Anda, termasuk siapa mereka dan mengapa mereka membeli produk Anda, serta tren dalam sejarah pembelian pelanggan. Hal ini didukung oleh adanya data dari customer service yang lengkap dalam satu platform. Data yang digunakan sebagai acuan dapat diakses dengan mudah untuk digunakan sebagai bahan pengembangan perusahaan.


Hal ini akan mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan pelanggan Anda dengan lebih baik. Secara efektif menggunakan data manajemen hubungan pelanggan yang terorganisir dapat membantu perusahaan memilih penerima yang tepat untuk promosi dan produk baru.

CRM Membantu Anda untuk Mengorganisir Bisnis dengan Lebih Mudah

CRM memungkinkan bisnis Anda berubah menjadi lebih efisien dan efektif dengan mengatur dan mengoptimalkan berbagai aspek tertentu yang ada dari bisnis Anda. Mulai dari proses penjualan hingga kampanye pemasaran dan analisis bisnis serta data pelanggan dari produk yang dijual. CRM mengotomatiskan dan menyederhanakan proses ini untuk bisnis Anda.

CRM Dapat Mengoptimalkan Produk dan Penjualan kepada Konsumen

Semua manfaat diatas tentu memiliki tujuan utama yang sama, yaitu meningkatkan kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan perusahaan. Konsumen yang puas dengan pelayanan sekaligus produk perusahaan, akan memperbesar kemungkinan mereka kembali mencari produk perusahaan Anda di kemudian hari. Potensi menjadi konsumen berkualitas akan semakin tinggi dan meluas apabila pelayanan yang diberikan juga berkualitas. 


CRM memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan interaksi Anda terhadap pelanggan, dengan menyederhanakan dan merampingkan banyak proses interaksi yang lebih kompleks, sehingga CRM meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan adanya CRM, perusahaan juga dimudahkan untuk membuat sebuah ide atau gagasan untuk suatu produk yang dinilai akan cocok bagi para konsumen.


Nah, itu dia beberapa hal krusial yang bisa Anda dapatkan jika Anda mengimplementasikan metode CRM ke dalam bisnis Anda. Bagaimana menurut Anda, apakah CRM penting bagi perusahaan Anda? Yuk komen pendapat Anda dibawah!


Jangan lupa ikuti acara Zoho bincang bisnis yang bertema Creating Revolutionary, Digitally Connected Customer Experience. Acara ini akan mengulas tuntas mengenai era baru dalam customer experience dan teknologi dalam customer experience


Yuk mari hadiri acaranya melalui link dibawah ini.

Daftar Sekarang Juga! Daftar di sini