Demi Kesehatan Jantung, Durasi Tidur Perlu Diatur

Klikhijau.com – Jantung, alat yang tak bisa terpisah oleh manusia. Karenanya jantung harus dirawat dan kesehatannya harus di jaga.

Demi kesehatan jantung, banyak orang rela melakukan apa saja. Apalagi penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang cukup mematikan.

Penyakit jantung terkadang datang merampas hidup seseorang tanpa permisi—tiba-tiba saja. Kejadian seperti itu telah menimpa banyak orang.

Karenanya dibutuhkan cara untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung atau kardiovaskular. Untungnya pada tahun 2010, American Heart Association (AHA) menerapkan daftar langkah-langkah kunci untuk meningkatkanya. Namanya Life’s Simple 7.

Dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhi kesehatan jantung, semisal diet, aktivitas fisik, indeks massa tubuh, paparan nikotin, tekanan darah, dan kadar lipid dan glukosa darah – algoritme ini dapat digunakan untuk menentukan skor kesehatan kardiovaskular setiap individu, dan memberikan saran tentang cara meningkatkannya.

Hanya saja,  daftar tersebut tidak termasuk apa yang sekarang dianggap sebagai komponen penting dari kesehatan jantung, yakni durasi tidur.

Dalam Life’s Essential 8™ baru mereka, para ahli berpendapat bahwa orang dewasa membutuhkan antara tujuh dan sembilan jam tidur per malam untuk menjaga kesehatan kardiovaskular yang optimal.

“Tidur berdampak pada kesehatan secara keseluruhan,” kata Dr. Donald Lloyd-Jones, direktur AHA. “Orang yang memiliki pola tidur yang lebih sehat mengelola faktor kesehatan seperti berat badan, tekanan darah atau, risiko diabetes tipe 2 lebih efektif, dan dengan demikian meningkatkan kesehatan jantung mereka,” lanjutnya.

Lalu adakah apakah durasi tidur untuk semua orang sama. Dalam hal ini, para peneliti menyarankan untuk orang dewasa  sebaiknya tidur antara tujuh dan sembilan jam per malam.

Sementara untuk anak-anak usia lima tahun ke bawah harus tidur lebih lama lagi, yakni 10 hingga 16 jam. Sedangkan untuk usia enam hingga 12 tahun disarankan  tidur sembilan hingga 12 jam sehari. Dan usia 13 hingga 18 tahun sebaiknya tidur delapan hingga 10 jam sehari.

Pentingnya durasi tidur

Kenapa penting tidur dan durasinya?. Karena menurut para ahli, tidur yang cukup mendorong penyembuhan dan perbaikan sel, jaringan, dan pembuluh darah, meningkatkan fungsi kognitif, dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Berkat kemajuan teknologi baru, orang sekarang dapat melacak pola tidur mereka untuk mengidentifikasi kemungkinan gangguan.

“Kemajuan dalam cara mengukur tidur, seperti dengan perangkat yang dapat dikenakan, kini menawarkan kemampuan untuk memantau kebiasaan tidur mereka secara andal dan rutin di rumah,” kata Dr. Lloyd-Jones.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, para ilmuwan merekomendasikan bahwa, pada malam hari, perangkat seperti smartphone atau tablet harus disetel ke mode redup, sehingga cahaya layar tidak mengganggu ritme sirkadian dan tingkat melatonin kita. Selain itu, notifikasi harus dimatikan untuk memastikan tidak mengganggu tidur kita.

Tidak hanya itu, perlu pula membatasi waktu tidur siang, menghindari olah raga berat sebelum tidur. Hal lain yang perlu dilakukan  adalah menghindari makanan berat sebelum tidur dan membuat jadwal tidur, agar tidur lebih teratur,

Jadi, sahabat hijau, selamat menikmati tidur yang nyenyak dan mendapatkan kualitas tidur yang baik demi meningkatkan kesehatan jantung.

The post Demi Kesehatan Jantung, Durasi Tidur Perlu Diatur appeared first on Klik Hijau.