Dicari: Communications Campaigner

Ringkasan Pekerjaan

Communications Campaigner, yang bertanggung jawab kepada Communications and Digital Manager, bersama – sama memimpin pengembangan dan pelaksanaaan serta evaluasi Strategi Komunikasi terintegrasi dalam proyek, memastikan jangkauan media yang inovatif, kreatif dan berpusat pada audiens, serta keterlibatan online di berbagai platform untuk kampanye dan prioritas organisasi Greenpeace.

Communications Campaigner bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana komunikasi yang selaras dengan strategi dan narasi negara setempat, memproduksi, dan melaksanakan kampanye media dan digital yang membantu capaian tujuan kampanye dan merekrut serta terus melibatkan orang-orang dalam pekerjaan kita. Peran tersebut termasuk pengembangan Strategi dan Rencana Komunikasi untuk proyek-proyek yang sejalan dengan strategi negara setempat; mengelola pesan yang disetujui untuk audiens utama; menulis, menyunting, dan menyebarluaskan materi komunikasi yang efektif sesuai dengan pedoman identitas internal; membangun jaringan dengan pendukung Greenpeace, komunitas online dan staf; meneliti dan melaksanakan layanan digital untuk kampanye; dan mengelola proyek untuk konten multimedia dan sarana interaksi.

Tugas Utama

1.STRATEGI KOMUNIKASI

Memimpin pengembangan dan pelaksanaan strategi komunikasi terintegrasi yang berpusat pada audiens mencakup cara pandang dan desain naratif untuk proyek kampanye sesuai standar GPSEA, bekerja sama dalam unit dan dalam tim proyek.

2. ANALISIS

Menggunakan alat yang disediakan, berkolaborasi dengan unit dan tim proyek untuk memberikan analisis tentang isu pembicaran publik, tren media dan digital, serta momen berita terkini yang relevan dengan narasi, audiens, dan target kami, mengidentifikasi peluang kampanye potensial dan mengusulkan sudut pandang yang selaras dengan audiens dan strategi kampanye.

3. MEMBUAT MATERI

Bekerja sama dengan tim proyek, membuat konsep, menulis, menyunting, dan mendistribusikan materi komunikasi yang efektif seperti (tetapi tidak terbatas pada) siaran pers, Tanya Jawab eksternal dan internal, poin pembicaraan, makalah penjelasan, brosur, laporan, dan materi kampanye dan organisasi lainnya; ini termasuk produksi dokumentasi multimedia, dan media sosial dan konten digital lainnya, bekerja sama dengan unit dan tim proyek, dan produser multimedia.

Berkolaborasi dengan tim program dan proyek negara setempat untuk menganalisis narasi yang dominan dan bermunculan, tren eksternal, dan pengalaman internal tentang percakapan masyarakat yang sedang berlangsung untuk menginformasikan desain kampanye dan proyek.

4. HUBUNGAN MASYARAKAT

Mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang kuat dengan jurnalis cetak, penyiaran dan online, penyunting dan pembuat keputusan berita lainnya melalui kunjungan media, pengarahan informal, forum media, penyediaan informasi, dll untuk mendorong mereka memandang Greenpeace sebagai penyedia berita dan ulasan lingkungan yang dapat dipercaya.

Bersama dengan unit dan tim proyek, Mengidentifikasi dan menjaga kontak dengan influencer (pemberi pengaruh), pencipta, dan produser yang relevan untuk kolaborasi dan sejalan dengan tujuan kampanye dan berpusat pada audiens.

Mengembangkan, memelihara, dan terus memperbarui pangkalan data kontak media di media cetak, radio, TV, berita web, dan saluran media lainnya, baik di tingkat nasional maupun provinsi.

Berkolaborasi dan menyelaraskan dengan negara setempat, tim program dan tim proyek untuk merencanakan dan melaksanakan hubungan media proaktif dan reaktif, termasuk acara media dan tanggapan terhadap pertanyaan media sebagaimana diperlukan.

5. ANALISIS
Menggunakan alat yang disediakan, berkolaborasi dengan Digital Campaigner untuk memberikan analisis percakapan masyarakat, hasil dan tren media, serta momen berita terkini yang relevan dengan audiens dan target proyek kami, mengidentifikasi peluang kampanye potensial dan mengusulkan sudut pandang yang selaras dengan strategi audiens.

6. PEKERJA LEPAS DAN PEMASOK

Mendapatkan, memberi pengarahan, dan mengelola produksi serta mengevaluasi penyampaian. Membangun jaringan kontraktor dan pemasok terpercaya.

Menetapkan jadwal dan menyampaikan rencana komunikasi strategis dan konten untuk beberapa proyek secara bersamaan.

7. KUALITAS

Menunjukkan pemahaman mendalam tentang identitas, editorial, dan standar hukum GPSEA, memastikan kepatuhan terhadap, dan mengadvokasi, praktik terbaik dan inovasi dalam pendekatan dan pekerjaan produksi anda.

8. PEMANTAUAN DAN EVALUASI

Mengidentifikasi Indikator Kinerja Utama dan metrik, memastikan hal – hal tersebut selaras dan berkontribusi pada perjalanan pendukung terintegrasi dari negara setempat dan tujuan kampanye. Berkontribusi pada komunikasi bulanan dan kuartal dan kinerja program / laporan Indikator Kinerja Utama.

Persyaratan

  • Gelar sarjana komunikasi, jurnalisme, atau jurusan terkait.
  • Pengalaman setidaknya 5 tahun dalam pekerjaan media/komunikasi dan/atau jurnalisme.
  • Mahir dalam hubungan media.
  • Pengalaman dalam mengelola proyek/bekerja dalam tim.
  • Kemahiran yang mumpuni dalam bahasa Inggris lisan dan tulisan.
  • Pengalaman bercerita dan menulis digital lintas platform.
  • Kontak yang luas di media negara setempat.
  • Pengalaman dalam mengelola media dan hubungan masyarakat.
  • Pengalaman mengenai kebutuhan advokasi media akan organisasi kampanye/organisasi lingkungan.
  • Pengalaman dalam mengembangkan dan mengelola penerapan strategi komunikasi kampanye.
  • Pengetahuan dalam uji-baca dan menyunting.

PANDUAN LAMARAN KERJA

Pelamar diminta untuk menulis Surat Pengantar, yang menjelaskan mengapa Anda memenuhi syarat untuk posisi tersebut dan mengapa Anda ingin bekerja di Greenpeace, mengisi formulir lamaran dan mengunduh informasi lengkapnya lewat tautan paket rekrutmen

serta mengirimkannya lewat surel ke: jobs.id@greenpeace.org

Tenggat Waktu Lamaran:  29 April 2022

Karena kami menerima banyak berkas lamaran untuk posisi yang diiklankan, kami tidak dapat menanggapi para pelamar yang tidak lolos seleksi satu persatu dan kami mohon maaf atas hal ini sebelumnya. Jika Anda tidak mendapatkan kabar dari kami dalam waktu dua (2) minggu sejak tanggal penutupan iklan, kemungkinan besar Anda tidak lolos dalam proses seleksi.

PANDUAN PENGISIAN BERKAS LAMARAN

1.    Baca paket rekrutmen ini dengan cermat sebelum mengisi berkas lamaran Anda. Paket rekrutmen berisi informasi tentang Greenpeace, tentang pekerjaan yang Anda lamar dan informasi singkat tentang kondisi penugasan.

2.    Melengkapi semua kolom pada berkas lamaran. Mohon diingat bahwa hal tersebut akan menjadi dasar bagi kami untuk memilih kandidat. Daftar Riwayat Hidup (CV) tidak akan diterima.

3.    Pastikan Anda mengirim berkas ke alamat surel yang benar (jobs.id@greenpeace.org), ditujukan ke Departemen SDM, dan pastikan bahwa berkas lamaran Anda tiba sebelum tanggal penutupan iklan. Berkas lamaran yang diterima setelah tanggal tersebut tidak akan kami proses.

4.    Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan kirim surel ke jobs.id@greenpeace.org.

Terima kasih dan kami tunggu surat lamaran Anda dan berkas lamaran yang telah diisi lengkap.