Dicari: Junior Finance Officer_1

Finance Officer akan bertanggung jawab penuh untuk mengelola dan mengendalikan pembayaran dan sistem perbankan untuk mendukung kelancaran operasional kantor GPSEA Indonesia, mematuhi SOP keuangan GPSEA dan sekaligus bertanggung jawab atas kelengkapan, keakuratan dan kepatuhan semua transaksi dengan SOP GPSEA dan perpajakan negara.

Ini adalah posisi penuh waktu dengan jangka waktu satu tahun

Tugas dan Tanggung Jawab

1.Bertanggung jawab dalam mengelola transaksi tunai & perbankan dan dokumen dengan baik. Hal ini mencakup sistem pembayaran seperti cek atau transfer bank ke staf dan pemasok.

2. Meninjau dan memastikan bahwa semua permintaan uang muka, klaim pengeluaran dan dokumen penyelesaian pengambilan uang muka (rekonsiliasi) telah memenuhi kebijakan GPSEA sebagai berikut:

  • Permintaan telah diminta melalui ProActis;
  • Kode akun telah dicatat dengan benar;
  • Semua dokumen lengkap, akurat, dapat dipercaya, wajar, dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Bertanggung jawab atas proses pembayaran setiap hari Jumat :

3. Memastikan bahwa semua permintaan uang muka, klaim biaya, dan tagihan/invoice yang berdiri sendiri telah disetujui oleh Pemegang Anggaran di ProActis.

4. Meninjau dan memastikan bahwa semua dokumen Klaim Biaya dan Penyelesaian pengambilan uang muka (rekonsiliasi) telah memenuhi Kebijakan GPSEA.

5. Memastikan permintaan proses pembayaran telah disetujui di ProActis sebelum proses pembayaran

6. Memberikan panduan kepada staf terkait dengan kepatuhan terhadap dokumen keuangan yang valid dan proses ProActis

7. Untuk mengidentifikasi pengambilan uang muka yang belum diselesaikan dan untuk mengingatkan staf terkait dengan mengirimkan email dengan cc supervisor staf.

8. Orientasi solusi bagi staf terkait kebijakan dan prosedur keuangan

9. Sebagai staf yang mewakili organisasi sebagai penghubung dengan pihak bank untuk memastikan fasilitas terbaik diberikan untuk organisasi dan menyiapkan dokumen yang diperlukan dari Bank untuk ditinjau oleh Senior Accounting Officer/Manajer  Finance & Admin.

10. Sebagai sfat yang mewakili organisasi sebagai penghubung dengan pemasok dalam memberikan konfirmasi pembayaran sesuai dengan yang dibutuhkan.

11. Menyiapkan buku kas mingguan yang berisi semua transaksi bank dan mengirimkannya ke akuntan untuk diunggah ke dalam sistem dan mengusulkan buku jurnal terkait dengan transaksi tersebut

12. Menyiapkan laporan umur pengambilan uang muka oleh staf  per minggu atau sesuai dengan yang dibutuhkan.

13. Identifikasi masalah ketidakpatuhan dan berikan saran untuk mengatasi masalah tersebut

14. Menata rapi dokumen-dokumen.

Persyaratan:

  • Sarjana Akuntansi atau Keuangan.
  • Pengalaman minimal 3 tahun di bidang Keuangan, Akuntansi dan Perpajakan. Memiliki pengalaman dalam rekonsiliasi pengambilan uang muka.

HAL-HAL YANG PERLU KETAHUI SEBELUM MENGAJUKAN LAMARAN

JAM KERJA

Jam kerja normal untuk Karyawan PKWTT adalah empat puluh (40) jam per minggu atau (5) hari dalam seminggu, dengan 8 jam per hari tidak termasuk istirahat makan siang. Bekerja dari Senin hingga Jumat antara jam 8:30 pagi hingga 6:30 petang. Jam kerja dapat bervariasi sesuai kesepakatan antara staf dan Atasan Langsung.

CUTI

Karyawan permanen berhak atas cuti-cuti sebagai berikut:

Cuti Tahunan: 20 hari

Cuti Paternity: 10 hari

Cuti Berkabung: maksimum 5 hari untuk kematian anggota keluarga hubungan sedarah

Cuti panjang: 2 bulan berbayar setelah 5 tahun berturut-turut bekerja

GAJI

Perihal penentuan gaji untuk posisi ini, Greenpeace akan menerapkan proses tingkatan nilai gaji dengan mempertimbangkan uraian tugas dan tanggung jawab serta pengalaman kerja sebelumnya dari  pelamar melalui analisa tingkatan gaji dalam organisasi.

ASURANSI
Greenpeace menyediakan asuransi kesehatan dan asuransi perjalanan bagi karyawannya.

PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN

Greenpeace berkomitmen untuk memberi karyawannya peluang belajar dan proses pengembangan agar karyawan dapat menjalankan fungsinya dengan lebih efektif. Melalui proses pendampingan/mentoring dan Sistem Manajemen Kinerja tahunan Greenpeace, tujuan pengembangan staf akan diidentifikasi dan menjadi prioritas.

KESETARAAN PELUANG KERJA

Greenpeace Southeast Asia adalah pemberi kerja yang memberikan peluang kerja yang setara dengan komitmen jangka panjang untuk menyediakan lingkungan kerja yang menghormati martabat dan nilai setiap individu. Kami mengakui dan menghargai manfaat dan kekuatan yang dibawa oleh keragaman kepada karyawan kami dan seluruh organisasi dan kami berkembang dalam lingkungan yang mendorong rasa hormat dan kepercayaan. Kami tidak melakukan diskriminasi dalam kesempatan atau praktik kerja berdasarkan usia, keturunan, kewarganegaraan, warna kulit, disabilitas, etnis, status keluarga atau perkawinan, identitas atau ekspresi gender, asal negara, afiliasi politik, ras, agama, jenis kelamin, orientasi seksual, status veteran, atau karakteristik lain yang dilindungi hukum. Seleksi akan sesuai dengan tujuan, kriteria yang berhubungan dengan pekerjaan dan penunjukan akan didasarkan pada kelebihan dan kemampuan pelamar.

KEBIJAKAN DAN PROSEDUR SDM

Manajemen dan staf Greenpeace diberikan panduan tentang implikasi dari kebijakan kesetaraan peluang kerja. Kebijakan dan prosedur ditinjau untuk menimbang dan menyesuaikan praktik saat ini untuk mempromosikan  peluang yang terbuka dan sama. Kebijakan dan prosedur organisasi lainnya akan dibicarakan secara lengkap kepada pelamar yang telah diterima.

PANDUAN LAMARAN KERJA

Pelamar diminta untuk menulis Surat Pengantar, yang menjelaskan mengapa Anda memenuhi syarat untuk posisi tersebut dan mengapa Anda ingin bekerja di Greenpeace, mengisi formulir lamaran dan mengunduh informasi lengkapnya lewat tautan paket rekrutmen ini.

serta mengirimkannya lewat surel ke: jobs.id@greenpeace.org

Tenggat Waktu Lamaran:  4 November 2022

Karena kami menerima banyak berkas lamaran untuk posisi yang diiklankan, kami tidak dapat menanggapi para pelamar yang tidak lolos seleksi satu persatu dan kami mohon maaf atas hal ini sebelumnya. Jika Anda tidak mendapatkan kabar dari kami dalam waktu dua (2) minggu sejak tanggal penutupan iklan, berarti Anda tidak lolos dalam proses seleksi.

PANDUAN PENGISIAN BERKAS LAMARAN

1.     Baca paket rekrutmen ini dengan cermat sebelum mengisi berkas lamaran Anda. Paket rekrutmen berisi informasi tentang Greenpeace, tentang pekerjaan yang Anda lamar dan informasi singkat tentang kondisi penugasan.

2.     Melengkapi semua kolom pada berkas lamaran. Mohon diingat bahwa hal tersebut akan menjadi dasar bagi kami untuk memilih kandidat. Daftar Riwayat Hidup (CV) tidak akan diterima.

3.    Pastikan Anda mengirim berkas ke alamat surel yang benar (jobs.id@greenpeace.org), ditujukan ke Departemen SDM, dan pastikan bahwa berkas lamaran Anda tiba sebelum tanggal penutupan iklan. Berkas lamaran yang diterima setelah tanggal tersebut tidak akan kami proses.

4.     Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan kirim surel ke jobs.id@greenpeace.org.

Terima kasih dan kami tunggu surat lamaran Anda dan berkas lamaran yang telah diisi lengkap.