Elon Musk Ajak Orang Indonesia Pindah ke Mars, Mau Ikut?

 Beberapa hari lalu, tepatnya 14 Mei 2022, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambangi pabrik pembuatan roket SpaceX milik orang terkaya di dunia, Elon Musk.

Melalui video yang diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi dan Elon Musk sempat melakukan pertemuan sebelum berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX. Elon Musk pun nampak menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan kepadanya.

Elon Musk mengatakan bahwa Indonesia punya potensi besar untuk berkembang. Ditambah, Indonesia mempunyai populasi yang besar dan terus bertumbuh, menurut Elon Musk jumlah penduduk Indonesia yang besar ini sebenarnya sangat dibutuhkan untuk masa depan, begitu juga untuk planet Mars.

“Ini sangat bagus, karena kita butuh banyak orang di masa depan. Juga Mars, Mars tidak punya penduduk, jadi kita butuh dari kita (penduduk Bumi),” kata Elon Musk sembari tertawa kecil.

Sebagaimana diketahui, Elon Musk selama ini terkenal dengan ambisinya untuk membangun kolonisasi di Mars dengan mengangkut satu juta orang dari Bumi.

Bukan bualan belaka, ambisinya tersebut diiringinya dengan membuat timeline dalam waktu lima setengah tahun untuk membawa manusia dari Bumi ke Mars. Ia juga sudah merencanakan bagaimana cara membangun Mars sebagai peradaban mandiri dengan teknologi yang canggih.

Baca juga: Jokowi Temui Elon Musk di Pabrik Roket SpaceX

Menurut keterangan tertulis yang dipublikasikan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (15/5/2022), Jokowi tiba di Gedung Stargate Space X sekitar pukul 10.30 waktu setempat dan disambut langsung oleh Elon Musk.

Jokowi mengatakan kunjungan ini merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berdiskusi dengan Elon Musk.

Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

“Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” ujar Jokowi.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi pula oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani. Setelah kurang lebih satu jam berada di sana, Jokowi meninggalkan kawasan Space X.

(dwk)