Elon Musk Segera Kirim Tim Tesla ke Indonesia, Kenapa Ya?

 Orang terkaya di dunia, Elon Musk dikabarkan segera mengirim perwakilan tim Tesla ke Indonesia pada pertengahan Mei 2022 nanti.

Rencana tersebut diungkapkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Roeslani yang sebelumnya ikut berkunjung ke pabrik Gigafactory Tesla bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan pengusaha Anindya Bakrie.

Menurut Rosan, kedatangan perwakilan Tesla suruhan Elon Musk tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti rencana investasi di industri mobil listrik.

“Ketertarikan Elon Musk untuk investasi EV baterai di Indonesia dan Pak Luhut menawarkan juga untuk membuat pabrik mobil Tesla di Indonesia. Musk akan mengirimkan tim Tesla untuk ke Indonesia pada pertengahan Mei untuk menindaklanjuti,” ujar Rosan dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (27/4).

Baca juga: Luhut Temui Elon Musk, Ajak Tesla Investasi Pabrik di Indonesia?

Diberitakan sebelumnya, Luhut Binsar Panjaitan dan rombongan bertemu dengan Elon Musk di pabrik perakitan mobil listrik Gigafactory Tesla yang terletak Austin, Texas.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk kembali membujuk Tesla agar mau bekerja sama dengan Indonesia terkait penyediaan dan pengolahan nikel sebagai bahan baku pembuatan sel baterai yang berlandaskan environment, social, dan governance (ESG).

“Alhamdulillah mendapatkan kesempatan bertemu dengan @elonrmuskk mendampingi Menteri Koordinator @luhut.pandjaitan bersama tim Marinvest, Duta Besar @rosanroeslani, dan beberapa teman pengusaha di Gigafactory Tesla yang terbaru (1000 Ha) di Austin, Texas,” kata pengusaha Anindya Bakrie melalui unggahan Instagram pribadinya.

Baca juga: Resmi! Elon Musk Beli Twitter dengan Harga US$44 Miliar

Ketika berkunjung ke pabrik mobil listrik tersebut, Luhut beserta rombongan turut mendapat pengalaman berupa tur mengelilingi pabrik mobil dan baterai Tesla.

“Luar biasa pengaturan supply chain nya yang efektif dan rapih di pabrik Tesla!” ujar Anindya memuji ekosistem pabrik Tesla.

Menko Luhut Didampingi Anindya Bertemu Elon Musk, Ini yang Dibahas

Selain itu, kesempatan khusus tersebut juga dimanfaatkan untuk mengundang Elon Musk bergabung ke International Advisor Caucus di acara B20 yang akan diadakan pertengahan November 2022 nanti di Bali.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami juga untuk memaparkan program G20/B20, termasuk mengundang beliau untuk bergabung ke International Advisory Caucus B20 dan hadir di acara B20 di pertengahan November ini,” ucap Anindya.

(dwk)