Google Akan Serius Dengan Beberapa Perangkat Wearable Miliknya

Foto: Pocket Lint

Teknologi.id – Setelah kebocoran besar Pixel Watch akhir pekan lalu, anda akan berpikir bahwa mungkin Google akan bersantai di bagian depan yang dapat dikenakan. Dengan Google I/O hanya beberapa minggu lagi, sebuah video menggoda Google Assistant di Samsung Galaxy Watch 4 telah muncul di YouTube, dan Fitbit milik Google telah secara resmi mulai meluncurkan peringatan fibrilasi atrium pasif pada rangkaian perangkatnya.

Seperti yang telah diketahui bahwa Asisten Google akan hadir di Galaxy Watch 4 (dan Wear OS 3) selama berbulan-bulan. Satu-satunya hal yang belum kita ketahui adalah kapan, tetapi sepertinya penantian ini akan segera berakhir.  Terdapat berita palsu minggu lalu ketika Verizon melompat jauh dengan pembaruan sistem yang menyarankan dukungan Google Assistant telah dimasukkan dalam susunan terbaru untuk pembaruan Galaxy Watch 4. Google kemudian memberitakan bahwa aplikasi tersebut belum meluncurkan asisten untuk Galaxy Watch 4 dan tidak ada pembaruan waktu.

Tapi sekarang, Samsung telah mengunggah video teaser yang menunjukkan Asisten Google di Watch 4 dalam video YouTube. Di dalamnya, seorang pria mengatakan “Hai Google” untuk membuka aplikasi YouTube Music. Fitur ini merupakan bagian singkat dari iklan berdurasi 15 detik yang sudah jelas sangat singkat, tetapi jelas terlihat di depan dan di tengah. Terakhir kali Samsung menawarkan pembaruan waktu adalah pada bulan Februari, ketika dikatakan bahwa fitur tersebut akan tiba ‘Dalam beberapa bulan mendatang.” meskipun berita itu tidak jelas.

Mengingat bahwa Google yang memperkenalkan saat Asisten tiba di Wear OS 3, selain kecerobohan Verizon minggu lalu, godaan baru Samsung menunjukkan bahwa pembaruan yang telah lama ditunggu-tunggu dapat diumumkan di Google I/O. Saat itulah Google diharapkan untuk secara resmi mengumumkan Pixel Watch, yang akan menjadi jam tangan pintar kedua yang menjalankan Wear OS 3.

Sementara itu, Fitbit telah mulai meluncurkan notifikasi Irama Jantung Tidak Beraturan pasif di sembilan pelacak kebugaran dan jam tangan pintarnya. Ini termasuk Fitbit Sense, Versa 3, Versa 2, Versa Lite Edition, Charge 5, Luxe, Charge 4, Charge 3, dan Inspire 2.

Google, yang merupakan pemilik Fitbit, mengumumkan sedang mencari izin FDA untuk pemantauan fibrilasi atrium pasif pada akhir Maret. Fitur tersebut kemudian mendapatkan izin awal bulan ini. Fitur ini merupakan langkah maju yang besar bagi Fitbit, yang sebelumnya hanya memiliki izin FDA untuk aplikasi EKG-nya. Aplikasi itu memungkinkan pemilik Fitbit Sense dan Fitbit Charge 5 untuk memeriksa ritme jantung mereka. Fitur pasif ini berjalan di latar belakang dan sekarang dapat digunakan pada lebih banyak jenis produk Fitbit yang tercantum di atas, yang banyak di antaranya berusia beberapa tahun.

Pemberitahuan ini adalah pembaruan yang lebih kecil dalam skema besar Wear OS 3, yang diharapkan tiba di jam tangan non-Samsung pada paruh kedua tahun ini. Tetapi dikombinasikan dengan meningkatnya jumlah kebocoran Pixel Watch dan fakta bahwa Google I/O ada di depan mata? Ini hanyalah bukti lebih lanjut bahwa 2022 adalah saat Google mengoptimalkan bertahun-tahun mengeluarkan dorongan besar wearable OS. Yang harus kita lakukan sekarang adalah menunggu dan melihat apa yang akan terjadi selanjutnya

BACA JUGA: Ini Beda STB dan Android TV Box, Sama-sama Bisa Nonton TV Digital

(FY).