Ini Dia Faktor Pentingnya Keamanan Cloud Email di Tahun 2022


Sebagian besar perusahaan saat ini sudah mengadopsi sistem email berbasis cloud untuk mendukung karyawan yang bekerja secara daring atau jarak jauh. Pandemi tahun 2020 kemarin tentunya membawa banyak perubahan bagi perusahaan yang menggunakan bantuan teknologi. Selain itu, tingkat penggunaan teknologi yang semakin meningkat ini, juga diiringi dengan meningkatnya angka kejahatan siber.

Menurut Verizon’s 2021 Data Fraud Investigation Report (DBIR), lebih dari sepertiga insiden kejahatan dunia maya, disebabkan oleh phishing, dimana pelaku kejahatan akan mencuri data-data penting, menipu, dan mengirimkan malware. Statista juga menyatakan bahwa phishing adalah penyebab paling umum dari terjadinya ransomware.

Maka dari itu, kita perlu melengkapi organisasi ataupun perusahaan dengan keamanan cloud email yang mendukung. Dan, melalui artikel berikut ini, kita akan memahami faktor-faktor yang dapat kita pertimbangkan sebelum memilih produk keamanan email.

Mengenal Beberapa Macam Ancaman Siber

Penjahat di dunia maya dapat menggunakan email untuk membuat berbagai serangan. Ada beberapa ancaman email yang cukup banyak dikenal di masyarakat kita, meliputi:

  • Phishing:

Serangan phishing adalah salah satu tantangan keamanan paling umum yang terjadi di kalangan masyarakat. Ada beberapa jenis phishing, termasuk email phishing. Email phishing dirancang untuk mengarahkan penerima ke situs web yang berisi mencuri kredensial, mengirimkan malware, atau menipu penerima agar mengirimkan informasi sensitif atau uang kepada penyerang.

  • Malware:

Malware dapat dikirimkan melalui email dalam berbagai cara, salah satunya melalui lampiran pada email atau berupa link. Lampiran email ini mungkin berisi makro berbahaya dan konten lain yang menjalankan skrip berbahaya saat dibuka. Atau, email dapat mengirimkan malware atau mengarahkan pengguna ke situs web berbahaya yang berisi lampiran yang berisi malware Trojan horse yang menyamar sebagai perangkat lunak yang sah.

  • Ransomware:

Ransomware merupakan salah satu varian malware dan salah satu ancaman dengan ongkos paling mahal dan efektif dalam menyerang keamanan siber di perusahaan. Malware dapat dikirimkan melalui berbagai vektor infeksi, tetapi banyak grup hackerransomware menggunakan email dengan lampiran berbahaya sebagai mekanisme pengiriman mereka.

  • Kehilangan Data:

Pada dasarnya, email memang dirancang untuk pertukaran informasi ataupun pesan, dan hal ini juga merupakan vektor ideal untuk mencuri data. Penyerang dapat menggunakan serangan phishing untuk mengelabui karyawan agar mengirimkan informasi sensitif, menyusupi akun email, mengakses data yang ada di dalamnya, dan menggunakan koneksi ke akun online lainnya. 


Manfaat Menggunakan Keamanan Email

Solusi keamanan email berbasis cloud memberikan perlindungan menyeluruh terhadap ancaman email, terutama bagi perusahaan yang menerapkan bekerja dari mana saja. Ada banyak fitur utama dari solusi keamanan email cloud yang dapat membantu perusahaan, diantaranya adalah:

  • Anti-Phishing:

Karena serangan phishing saat ini menjadi lebih canggih dan sulit untuk dideteksi dan diblokir. Solusi keamanan email berbasis cloud harus dapat memblokir bahkan serangan paling canggih seperti pencurian informasi pribadi dan kompromi email bisnis (BEC).

  • Perlindungan dari Malware:

Malware pada email saat ini sudah lebih canggih, bahkan memiliki sistem penghindaran dan perlindungan bawaan yang membuat deteksi dan analisis menjadi lebih sulit. Solusi keamanan email perlu melakukan analisis sandbox untuk mengidentifikasi malware tersembunyi dan mengirimkan file bersih dengan cepat.

  • Perlindungan Pengambil-alihan Akun:

Serangan pembajakan akun menjadi lebih umum dengan munculnya pekerjaan jarak jauh. Analisis perilaku harus diintegrasikan ke dalam solusi keamanan email untuk mendeteksi tanda-tanda perilaku anomali atau berbahaya dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi data sensitif dan menjaga kepatuhan terhadap peraturan. 

  • Perlindungan Kehilangan Data:

Email adalah vektor umum pelanggaran data, dan organisasi dipercayakan dengan sejumlah besar data sensitif. Solusi keamanan email harus melindungi data sensitif dan mengizinkan kebijakan khusus untuk mendukung upaya kepatuhan terhadap peraturan.


Keamanan Email Dulu dan Sekarang

Solusi keamanan email merupakan suatu kebutuhan bagi banyak perusahaan dewasa ini. Namun, banyak perusahaan masih kesulitan untuk memilih mana yang mereka butuhkan, antara keamanan berbasis cloud yang saat ini sedang marak diperbincangkan di kalangan start-up atau keamanan lokal (on-premise) yang masih dipakai oleh kebanyakan perusahaan.

Solusi keamanan berbasis aplikasi lokal, memiliki kemampuan terbatas pada satu lokasi dan permintaan. Biasanya solusi ini lebih sesuai untuk perusahaan yang tidak bisa dikerjakan di luar jaringan. Sedangkan, solusi keamanan email berbasis cloud, dapat memanfaatkan fleksibilitas dan skalabilitas cloud untuk lebih memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berubah.


Langkah Mengamankan Email Anda

Email dapat digunakan dalam berbagai serangan, menjadikan pertahanan yang mendalam penting untuk keamanan email. Berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk melindungi email Anda:

  • Gunakan Kata Sandi yang Kuat:

Penjahat dunia maya sering melakukan serangan dengan menggunakan data kredensial dan menebak kata sandi untuk menyusupi akun email karyawan. Menerapkan dan menegakkan kebijakan keamanan kata sandi yang kuat dapat membantu mengurangi ancaman ini.

Informasi lebih lengkap mengenai Kata Sandi, dapat dibaca disini.

  • Aktifkan Otentikasi multi-faktor (MFA):

Menggunakan MFA untuk mengamankan email ini bisa terbilang cukup efektif, karena selain membutuhkan kata sandi, kita juga memerlukan otentikasi melalui email atau nomor handphone atau bahkan dengan bantuan ponsel Anda. Ini meminimalkan dampak kata sandi karyawan yang dibobol oleh hacker

  • Menggunakan Solusi Keamanan Email yang Terpercaya:

Solusi keamanan email menyediakan deteksi dan pencegahan berbagai ancaman email seperti phishing, malware, dan kehilangan data. Apabila perusahaan memakai solusi keamanan email, mereka dapat dengan mudah untuk mengelola status ancaman email yang berkembang pada email karyawan. 

  • Memberikan Pelatihan pada Karyawan:

Banyak serangan berbasis email menggunakan rekayasa sosial untuk mengelabui karyawan agar mengambil tindakan yang menguntungkan penyerang. Mendidik karyawan tentang ancaman email umum dan cara menanganinya adalah bagian penting dari strategi keamanan email.

  • Monitor Konfigurasi:

Setelah akun email disusupi, penyerang dapat mengatur penerusan email atau mengubah pengaturan untuk memungkinkan email dikirim dan diterima tanpa terdeteksi. Audit konfigurasi email yang sering dapat membantu mengidentifikasi akun yang disusupi.


Integrasi Layanan All-in-one Sebagai Solusi Baru Dalam Mengamankan Cloud Email

Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang mengadopsi tenaga kerja jarak jauh, keamanan email cloud menjadi lebih penting dari sebelumnya. Apalagi dengan menggunakan Security-as-a-Service dimana perusahaan tidak perlu khawatir dengan layanan monitoring, dan perusahaan bisa fokus mengamankan karyawan jarak jauh mereka.

ArmourZero bermitra dengan Avanan dalam solusi keamanan email yang memberikan perlindungan komprehensif terhadap ancaman cyber email modern. Saat ini, ArmourZero memberikan layanan Email Assessment gratis bagi perusahaan yang ingin meninjau kembali tingkat keamanan email mereka. Anda dapat mendaftarkannya pada halaman berikut ini.

(*Detta)