Ini Dia, Pilihan Aplikasi Edit Gambar Selain Photoshop!

Tentunya kita sudah sangat akrab dengan aplikasi Photoshop untuk membantu pekerjaan mengedit gambar. Photoshop berhasil menjadi salah satu software editing terbaik selama belasan tahun yang mampu mengolah gambar berbasis bitmap. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai segudang tools dan efek filter yang sangat lengkap sehingga mampu menghasilkan hasil editing yang sangat menakjubkan. 

Di Masa teknologi digital ini ada banyak pilihan aplikasi edit gambar alternatif selain Photoshop. Bahkan beberapa aplikasi ini gratis alias tidak berbayar. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah 10 rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengedit foto menjadi lebih menarik versi Teknologi!

  1. Affinity Photo

Aplikasi edit foto ini tidak memiliki versi androidnya akan tetapi sangat direkomendasikan untuk perangkat Apple dan Windows 10. Selain itu Affinity Photo juga memiliki masa “free trial” yang membuat kita bisa mencoba dan mengenali aplikasi ini terlebih dahulu. Poin plus lainnya meskipun merupakan aplikasi berbayar, Affinity Photo dianggap lebih murah dibandingkan dengan Photoshop. 

Aplikasi ini dapat mengakses berbagai macam format file, cocok untuk pekerjaan yang kompleks dan profesional, serta tidak mengalami crash sebanyak Photoshop. 

  1. Photopea

Aplikasi ini memiliki interface yang sederhana dan mudah dipahami. Kabar baiknya, aplikasi ini dapat diakses secara gratis. Aplikasi ini diakses secara offline dengan kata lain tidak dapat dihubungkan dengan cloud. Akan tetapi jika menginginkan aplikasi untuk mengedit gambar yang simpel, Photopea cocok untuk kamu!

  1. GIMP

GNU Image Manipulation Program adalah rekomendasi aplikasi edit foto gratis lainnya. Poin positifnya adalah aplikasi ini dapat beroperasi di semua perangkat digital baik Android, Apple, maupun Windows. Selain dapat digunakan untuk retouching, composition, and authoring. Juga tersedia berbagai macam alat melukis untuk digunakan (termasuk airbrush). 

Aplikasi GNU Image Manipulation Program memiliki berbagai macam plugin dan fungsi yang berguna seperti corrective mode, clone tool, and healing tool. Sehingga GIMP sangat cocok untuk praktisi profesional. 

  1. Procreate

Jika kamu adalah orang yang suka membuat karya seni atau gambar dengan metode digital maka aplikasi Procreate adalah jawabannya. Aplikasi ini meskipun berbayar akan tetapi lebih murah dibandingkan dengan Photoshop. Satu-satunya downside Procreate adalah hanya dapat diakses iOS, jadi tidak ada versi Windows atau Android.

Aplikasi ini mensupport penggunaan perangkat Apple termasuk Apple Pencil. Tampilan Procreate juga User-friendly. Namun, dalam hal retouching gambar tidak sebaik aplikasi rekomendasi lainnya. 

  1. Pixelmator

Aplikasi ini memiliki lebih dari 100 brushes dan 20 blending modes sehingga sangat cocok untuk aplikasi edit gambar yang lebih advanced. Aplikasi ini tersedia pada seluruh perangkat desktop dan mobile. Keunggulan lainnya adalah memiliki fitur yang cocok untuk desain grafis dan website. dapat mengedit gambar, memperbaiki foto, membuat desain grafis, melukis, dan bahan menggambar grafik vektor dengan hanya menggunakan satu aplikasi saja. 

  1. Mara Photos

Selain gratis aplikasi Mara Photos menawarkan banyak pilihan tools dan effects yang sangat ramah untuk pengguna pemula. Mara mungkin tidak cocok untuk proyek desain grafis yang rumit, tetapi jika kamu hanya ingin memperbaiki dan mengerjakan gambar dan foto aplikasi ini dapat dipertimbangkan. 

  1. Pixlr

Aplikasi ini tidak berbayar dan berbasis website. Selain itu Pixlr juga dapat beroperasi di iOS dan Android. Interfacenya cukup mirip dengan Photoshop sehingga orang akan lebih terbiasa menggunakannya. 

Selain itu Pixlr memiliki tiga jenis fasilitas yaitu Pixlr X, Pixlr E, dan Pixlr BG. Salah satunya adalah untuk retouching gambar dengan menggunakan effects, yang kedua untuk pengeditan lebih lanjut, dan yang ketiga dapat digunakan untuk menghapus latar belakang. Selain itu, Pixlr juga menyediakan versi premiumnya untuk fitur yang lebih lengkap dan menarik. 

  1. Sumopaint

Aplikasi Ini memiliki lebih dari 300 pilihan Brushes sehingga kamu dapat menuangkan ide dan kreativitas dengan lebih bebas. Sumopaint juga memberikan pilihan filter seperti gradient, perspective, blur, lighting, and liquid waves. 

Selain memiliki versi basic yang gratis, Sumopaint juga menawarkan versi premium yang berbayar $4 dollar setiap bulannya. Cukup terjangkau bukan?

  1. Pic Monkey

Aplikasi ini adalah rekomendasi cross-platform editing yang dapat beroperasi pada desktop dan perangkat mobile.  Pic Monkey menawarkan fitur cropping and resizing, exposure-correction, retouching gambar, adding frames and textures, dan fitur menarik lainnya. Aplikasi ini simpel dan dapat membantu untuk proses edit gambar yang sederhana. 

  1. Sketch

Untuk kamu yang bekerja pada bidang desain UI/UX aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan bahkan untuk tingkat profesional. Fokus utama pada Sketch adalah desain untuk grafik vektor, tetapi juga memungkinkan pengeditan gambar. Aplikasi ini memiliki fungsi seperti fitur layers, gradients, colors, styles, dan effects lainnya. 

Aplikasi ini cocok untuk profesional karena memiliki fitur zoom gambar yang tanpa batas sehingga cocok untuk kamu yang memperhatikan detail kecil.

Demikian rekomendasi aplikasi edit foto terbaik selain Photoshop versi Teknologi. Semoga membantu! Kalau kamu pilih yang mana?

(kssa)