IP Address: Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Pernahkah anda mendengar istilah IP address? Alamat satu ini memang sudah tidak asing jika kita membahas tentang dunia digital. Hampir semua hal yang berhubungan dengan teknologi digital berkaitan dengan IP address. Jika belum mengenal alamat satu ini, pasti anda akan bertanya-tanya alamat seperti apakah IP address ini. Lantas, apakah IP address itu? Apa fungsi atau kegunaan dari IP address? Apakah IP address memiliki klasifikasi yang membedakan antara jenis satu dengan jenis lainnya? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut serta berkenalan lebih jauh dengan alamat satu ini, mari kita simak penjelasan tentang IP address berikut ini!

Mengenal IP Address

Apa itu IP address? IP address atau internet protocol address mengacu pada sebuah alamat yang mengidentifikasikan suatu perangkat pada jejaring internet atau jaringan lokal. Alamat satu ini biasanya dideskripsikan dengan rangkaian angka unik. Oleh karena itu, setiap pengguna perangkat tidak akan memiliki ip yang sama. Angka tersebut ditautkan dengan seluruh aktivitas online yang masing-masing pengguna lakukan. Konsep tersebut mirip dengan alamat di mana kita melakukan aktivitas pengiriman, bukan?

Protokol internet dapat melakukan pengelolaan terhadap proses penetapan setiap perangkat secara unik dengan alamat ip masing-masing. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan dalam melihat perangkat mana yang melakukan pengiriman, permintaan, maupun permintaan informasi apapun.

Layaknya alamat di kehidupan nyata, alamat ip juga bertugas untuk memastikan bahwa transmisi data menuju ke lokasi yang tepat. Persis seperti konsep pengiriman surat maupun barang melalui pos. Melakukan pengiriman maupun penerimaan data dan informasi juga memerlukan sebuah alamat digital.

Tahukah anda bahwa alamat ip tidak dibuat secara random melainkan dibuat oleh sebuah lembaga? Internet Assigned Numbers Authority atau biasa disingkat IANA, salah satu divisi dari Corporation for Assigned Names and Numbers atau ICANN, yang bertugas untuk melakukan produksi angka-angka tersebut secara sistematis untuk nantinya dialokasikan oleh internet.

Baca juga: Ketahui Beberapa Hal Mengenai Jaringan Komputer dan Jenis Perangkatnya

Fungsi dari IP Address

Apakah anda sedang bertanya-tanya tentang untuk apa sebenarnya alamat ip itu? Pada dasarnya, fungsi dari alamat satu ini sama dengan apa yang sudah dibahas sebelumnya. Namun, tidak hanya itu saja! IP juga memiliki fungsi untuk melakukan penanganan terhadap koneksi antar perangkat yang melakukan pengiriman maupun penerimaan sebuah informasi melalui suatu jaringan. Alamat ip melakukan pengidentifikasian secara unik terhadap setiap perangkat pada internet. Komponen satu ini juga memungkinkan perangkat komputisasi seperti komputer personal dan juga tablet untuk melakukan komunikasi dengan tujuan layanan streaming maupun yang lainnya.

Komputer maupun perangkat lain memerlukan alamat ip guna melakukan komunikasi dengan perangkat serta jaringan online lainnya. Pemetaan website dan pengiriman data merupakan salah satu tujuan atau fungsi lain dari ip. Jika tidak menggunakan ip, maka internet tidak akan menanggapi permintaan anda sebab tidak adanya alamat yang jelas.

IP juga dapat membantu dalam melakukan pengaturan terhadap internet, itulah mengapa melakukan penyembunyian, pengubahan, dan perlindungan terhadap alamat ip anda merupakan sebuah hal krusial yang harus dilakukan. Selain itu, ternyata alamat ini juga dapat mengungkap informasi-informasi sensitif. Beberapa di antaranya adalah lokasi anda secara fisik, detail pribadi, serta pelacakan perilaku online konsumen yang dilakukan oleh perusahaan.

Baca Juga: Kenali Program CLI, Penghubung Jaringan Pada Sistem Komputer

Bagaimana Cara Menemukannya atau Melacaknya?

Cara paling mudah untuk melakukan pemeriksaan terhadap IP address anda adalah dengan menggunakan mesin pencari. Anda hanya perlu memasukkan kueri seperti “Apa alamat ip saya?”, dan mesin pencari akan membantu anda untuk menampilkannya pada halaman teratas SERP.

Anda juga dapat menggunakan alternatif lain seperti beberapa situs web. Sama dengan mesin pencari, website tersebut akan membantu anda dalam menampilkan informasi terkait dengan alamat ip. Situs tersebut secara otomatis dapat melihat ip anda karena saat mengunjunginya router anda telah mengirimkan permintaan guna memperlihatkan sebuah informasi.

Pada dasarnya, anda hanya akan diperlihatkan perkiraan lokasi jika anda melakukan cara tersebut. Jika anda melakukan cara ini, pastikan anda telah keluar dari VPN anda. Mendapatkan alamat lokasi fisik yang sebenarnya untuk alamat ip publik tidak dapat dilakukan begitu saja, yakni dengan izin serta surat perintah penggeledahan yang akan diserahkan ke ISP.

Jika anda perlu melakukan pemeriksaan terhadap alamat ip perangkat lain pada jaringan anda, masuklah ke router. Pada umumnya, anda harus dapat mengetikkan alamat IP dari gateway router ke browser web pada jaringan yang sama untuk dapat melakukan pengaksesan. Anda juga perlu melakukan navigasi ke suatu hal, sebagai contoh adalah perangkat yang terpasang, nantinya akan menampilkan daftar seluruh perangkat saat ini yang tersambung ke jaringan anda termasuk ip mereka.

Baca Juga: Tahapan Pengembangan Perangkat Lunak dengan Metode Waterfall

Jenis-Jenis (Kelas) IP Address

Alamat ip dibagi menjadi beberapa kategori atau kelas yang berbeda. Kategori atau kelas tersebut nantinya juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Langsung saja kita bahas apa saja kategori atau kelas dari ip addres serta jenis-jenis dari kategori tersebut!

1. Alamat IP Konsumen

  • Alamat IP Privat

Setiap perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet memiliki alamat ip pribadi. Baik komputer, tablet, ponsel, maupun perangkat dengan kemampuan Bluetooth seperti speaker dan lain sebagainya. Seiring dengan berkembangnya IoT (Internet of Things), jumlah alamat ip pribadi yang anda miliki di rumah bisa saja bertambah.

  • Alamat IP Publik

Alamat jenis ini merupakan sebuah alamat utama yang terkait dengan seluruh jaringan milik anda. Walaupun setiap perangkat memiliki ip masing-masing, mereka juga tergolong pada alamat ip utama jaringan anda. Alamat ip publik digunakan semua perangkat luar jaringan internet anda untuk mengenali jaringan anda.

    • Dinamik

Alamat ip dinamik mengalami perubahan secara otomatis dan teratur. Secara berkala, ISP menetapkan ulang dan memasukkan alamat ip lama ke dalam kumpulan data untuk digunakan bagi pelanggan lainnya. Alasan di balik dilakukannya hal tersebut adalah untuk meminimalisir keluarnya banyak biaya.

    • Statik

Ip statik merupakan ip yang tergolong konsisten. Setelah jaringan memberikan sebuah alamat ip, maka ip tersebut akan sama sampai kapanpun. Sebagian besar individu dan perusahaan tidak menggunakan jenis ip ini. Namun, pengecualian untuk bisnis yang memang berencana melakukan hosting server milik mereka sendiri, memiliki ip statik menjadi hal yang krusial.

2. Alamat IP Bersama

Situs web yang mengandalkan paket hosting bersama dari penyedia jasa hosting biasanya akan menjadi situs yang proses hostingnya dilakukan pada server yang sama. Hal tersebut menjadikan web-web yang menggunakan paket hosting bersama memiliki alamat ip bersama pula. Ini menjadi suatu kasus untuk situs web individu sebab volume traffic dapat dikelola dan dibatasi oleh beberapa faktor.

3. Alamat IP Khusus

Beberapa paket hosting web biasanya menawarkan opsi untuk membeli suatu alamat ip khusus. Hal tersebut tentunya dapat mempermudah dalam memperoleh sertifikat SSL serta memungkinkan anda untuk menjalankan server File Transfer Protocol (FTP).

Kesimpulan

IP Address merupakan sebuah komponen digital yang bersifat krusial. Selain untuk transmisi data, alamat ip juga dapat digunakan untuk melacak perangkat lain pada jaringan anda. Alamat ip juga dapat memungkinkan perkiraan alamat anda secara fisik dapat terlacak jika tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk menggunakan alamat ip untuk aspek apapun, perhatikan lagi apa saja bahaya yang bisa saja terjadi jika tidak berhati-hati dalam menggunakan alamat ip.

Sekawan Media menawarkan jasa pembuatan aplikasi web, aplikasi mobile, website, dan system integrator untuk membantu transformasi digital bisnis anda. Kontak marketing kami untuk mendapatkan penawaran khusus.