Jelang Pemilu Serentak Tahun 2024 UIN Suska Riau Melakukan MoU Dengan Bawaslu Provinsi Riau

uin-suska.ac.id Kamis, 07/07/2022 bertempat di Aula Bawaslu Provinsi Riau, bersempena dengan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bersama Perguruan Tinggi di provinsi Riau, UIN Suska Riau melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bawaslu Provinsi Riau.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor 3 Bidang Akademik Alumni dan Kerjasama Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc, Ph.D, Kasubbag dan staf kerjasama UIN Suska. Dari Bawaslu sendiri dihadiri oleh Pimpinan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Dr. H. Alfitra Salam, APU, Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Rusdi Rusdan, S.Ag, M.Pd.I, Koordinator Divisi Pengawasan, Neil Antariksa, A.Md, SH, MH, Kepala Sekretariat Bawaslu Riau, Anderson, S.Pi, M.Si, kepala bagian di lingkungan Bawaslu Riau, serta mahasiswa perwakilan dari perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau.

Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc, Ph.D (Wakil Rektor 3 Bidang Akademik Alumni dan Kerjasama)

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal, Neil Antariksa. A.Md, SH, MH dalam ucapan selamat datang menyampaikan bahwa yang melatarbelakangi penanda tanganan kerjasama ini karena Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan tugas-tugas pengawasan pemilu, untuk itu Bawaslu berupaya merangkul semua komponen untuk bersama-sama mengawal proses pemilu dimulai dari pra pemilihan sampai ke pasca pemilihan. Ujar Neil.

Neil Antariksa. A.Md, SH, MH (Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal)

Wakil Rektor 3 UIN Suska Riau Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc, Ph.D sangat mengapresiasi kerjasama ini, peran Bawaslu yang sangat strategis dan menjadi muara kesuksesan terlaksananya pemilu serentak di tahun 2024 nanti, perlu dukungan dari semua pihak, baik dari UIN Suska Riau maupun dari kampus-kampus lain yang ada di Riau, selain itu Prof. Edi juga berharap bahwa MoU ini tidak hanya berfokus pada pendampingan saja, tetapi bisa dilanjutkan sebagai tempat magang mahasiswa UIN Suska Riau, sukses Bawaslu, sukses Indonesia, tutup Edi Erwan.

Rusidi Rusdan, S.Ag, M.Pd.I (Ketua Bawaslu Provinsi Riau)

Rusidi Rusdan, S.Ag, M.Pd.I selaku Ketua Bawaslu Provinsi Riau menyampaikan bahwa setelah masa Orde Baru, pemilu yang paling demokratis adalah pemilu tahun 1999 karena seluruh elemen masyarakat boleh melakukan pemantauan terhadap pemilu, Rusidi mengatakan kerja sama yang sudah ditandatangani hari ini sangat tepat, dengan jumlah mahasiswa UIN Suska Riau lebih kurang 32 ribu, ditambah dengan mahasiswa dari kampus- kampus lain kita berharap dapat memantau berjalannya pemilu dengan maksimal, sehingga tidak ada yang beranggapan bahwa pemilu di Provinsi Riau ini sudah diatur siapa pemenangnya, tegas Rusidi.

Disamping penandatangan MoU juga dilakukan penyerahan cindera mata dari UIN Suska Riau kepada Bawaslu Provinsi Riau.

The post Jelang Pemilu Serentak Tahun 2024 UIN Suska Riau Melakukan MoU Dengan Bawaslu Provinsi Riau appeared first on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.