Jurusan di Universitas Universitas Kristen Maranatha Bandung

Sudah tahu jurusan di Maranatha itu apa saja, Sobat Pintar? Atau kamu malah belum tahu bahwa ada sebuah universitas Kristen di Bandung? Ah, masa sih? Universitas Kristen di Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 1965, loh. Eh tapi belum terlambat kok, kalau kita masih mau sok pedekate aja sekarang.

 

Maranatha, Sebuah Universitas Kristen di Bandung

jurusan di universitas kristen maranatha
Photo by Ryan Riggins on Unsplash

Berdirinya Universitas Maranatha berangkat dari mahasiswa-mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia Immanuel pada tahun 1964. Setelah melalui perjuangan yang tak mudah, berdirilah Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha di tahun berikutnya. Karena itulah, tak heran bila fakultas yang mula-mula dibuka saat universitas Kristen di Bandung ini berdiri adalah Fakultas Kedokteran.

Fast forward ke masa sekarang, Universitas Maranatha sudah memiliki sebuah Pusat Pelayanan Kesehatan serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Karena mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung terdiri dari berbagai jurusan, tentu saja fasilitas kampus meliputi kebutuhan para mahasiswa tersebut, seperti Pojok Bursa Efek Indonesia, student center, ruang teater, laboratorium maupun studio praktik setiap fakultas, serta fasilitas-fasilitas umum lainnya seperti perpustakaan pusat dan food center. Oleh karena itu, mahasiswa dari setiap program studi Universitas Maranatha memiliki kesempatan yang sama untuk menimba ilmu dan mengembangkan kemampuan sebaik-baiknya.

 

Fakultas dan Jurusan di Maranatha

prodi di universitas kristen maranatha
Photo by Chiang Henry on Unsplash

Akreditasi Universitas Kristen Maranatha saat ini adalah Baik Sekali. Sebagaimana telah disebutkan di atas, Fakultas Kedokteran yang merupakan satu-satunya fakultas saat Universitas Kristen di Indonesia ini berdiri telah mendapatkan tambahan. Berikut selengkapnya fakultas dan program studi di Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Kedokteran

Iya, inilah fakultas di Maranatha yang mula-mula berdiri. Disamping Program Pendidikan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran menaungi satu jurusan di Universitas Kristen Maranatha pada Program Sarjana, yakni Kedokteran. Kedokteran Maranatha sudah terakreditasi A loh, Sobat Pintar.

Teknik

Fakultas Teknik membuka empat prodi di Universitas Kristen Maranatha yang bisa kamu pilih, Sobat. Keempat prodi universitas Maranatha tersebut adalah sebagai berikut.

Teknik Sipil (Unggul)

Teknik Elektro (Unggul)

Teknik Industri (B)

Sistem Komputer (Baik Sekali)

Psikologi

Psikologi Maranatha saat ini terakreditasi Baik Sekali. Program studi Universitas Maranatha ini merupakan Program Sarjana, namun Fakultas Psikologi juga menaungi Program Magister Sains dan Profesi.

Bahasa dan Budaya

Jurusan di Maranatha itu bukan Program Sarjana saja, Sobat Pintar. Kalian lulusan SMA/sederajat juga bisa memilih Program Diploma. Nah, Fakultas Bahasa dan Budaya membuka satu Program Diploma, nih.

Program Diploma

Bahasa Mandarin (Baik Sekali)

Program Sarjana

Sastra Inggris (Baik Sekali)

Sastra Jepang (Baik Sekali)

Sastra Cina (Baik Sekali)

Bisnis

Fakultas Bisnis menaungi dua jurusan di Universitas Kristen Maranatha pada Program Sarjana. Sobat Pintar bisa menebak apa dua prodi di Universitas Kristen Maranatha tersebut? Iya, keduanya adalah jurusan sejuta umat di bidang ekonomi.

Akuntansi (A)

Manajemen (Unggul)

Seni Rupa dan Desain

Jumlah prodi Universitas Maranatha di fakultas ini terbilang cukup banyak. Bukan satu atau dua saja, Sobat, tetapi…lima! Ini dia, lima program studi Universitas Maranatha di Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Program Diploma

Seni Rupa dan Desain Unggul)

Program Sarjana

Seni Rupa Murni (Baik Sekali)

Interior (A)

Desain Komunikasi Visual (Baik Sekali)

Arsitektur (Baik)

Teknologi dan Informasi

Tunggu dulu, jangan buru-buru kuliah di Program Magister Ilmu Komputer Fakultas Teknologi dan Informasi Universitas Kristen Maranatha Bandung. Kamu harus lulus dulu dari Program Sarjana, Sobat Pintar. Jika minatmu memang pada bidang komputasi, ada dua jurusan di Maranatha yang bisa kamu pertimbangkan.

Teknik Informatika (Baik Sekali)

Sistem Informasi (Baik Sekali)

Bingung pilih kuliah Teknik Informatika atau Sistem Informasi? Do your own research, Sobat Pintar. Pelajari dulu kedua jurusan ini mengkaji tentang apa saja. Gunakan juga Tes Penjurusan agar kamu bisa mendapatkan rekomendasi jurusan kuliah yang paling cucok dengan minat, bakat, dan kemampuanmu.

Hukum

Ada yang sudah bisa nebak ga nih, Fakultas Hukum punya berapa jurusan di Universitas Kristen Maranatha? Iya, sama seperti universitas-universitas lain pada umumnya, hanya ada satu prodi di Universitas Kristen Maranatha yang khusus membahas tentang hukum: Ilmu Hukum. Akreditasi prodi Universitas Maranatha ini adalah Baik Sekali.

Kedokteran Gigi

Sama seperti Fakultas Kedokteran, fakultas ini juga menaungu Program Sarjana serta Pendidikan Profesi. Bedanya, Fakultas Kedokteran Gigi, tentu saja, membuka program studi Universitas Maranatha yang khusus mendalami tentang kedokteran gigi. Pendidikan Dokter Gigi Maranatha saat ini terakreditasi B.

 

Itulah seluruh fakultas dan program studi di Universitas Kristen Maranatha Bandung. Seperti yang kamu tahu sendiri, ada banyak pilihan jurusan di Maranatha – enggak melulu kuliah jurusan pendeta meskipun universitas ini menyandang nama keagamaan. Sekarang kamu udah makin kenal kan, dengan Universitas Kristen Maranatha Bandung?