Kalbe Donasikan Truk Tangki Air Bersih ke PMI untuk Korban Bencana

Jakarta (Greeners) – Indonesia negara rawan bencana. Merespon situasi tanggap bencana di Indonesia, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) mendonasikan satu truk tangki berkapasitas 5.000 liter air bersih ke Palang Merah Indonesia (PMI).

Dalam keterangannya, Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Mulialie bersyukur karena PMI telah berusia 77 tahun. Lalu Kalbe pun tahun 2022 merayakan ulang tahun ke-56.

Donasi tersebut juga menurutnya bagian dari ungkapan syukur. “Dengan tema tebar kebaikan, dan sejalan dengan komitmen Kalbe yaitu untuk Bersama Sehatkan Bangsa,” katanya di Markas PMI Pusat, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dalam donasi tersebut, hadir pula Ketua Umum Pengurus Besar PMI, Jusuf Kalla. Perusahaan ini sambung dia, selalu hadir beserta dengan pemerintah, termasuk PMI, bersama menyehatkan bangsa.

“Salah satunya kita menyerahkan donasi yaitu satu unit truk tangki air bersih. Tujuannya untuk mendukung PMI agar bisa membantu korban bencana yang memerlukan air bersih. Itu peran Kalbe untuk membuat Indonesia lebih sehat,” ungkapnya.

Komitmen Kalbe Sehatkan Bangsa

Ke depan Kalbe berkomitmen terus mendukung inisiatif keberlanjutan yang pemerintah dan global canangkan, Hal ini untuk memberikan akses layanan kesehatan demi Indonesia yang lebih sehat.

“Kita juga akan lihat perkembangan, apa saja yang dibutuhkan PMI, kita akan hadir bersama PMI agar bisa membuat masyarakat lebih sehat,” imbuhnya.

Bencana alam terjadi tak terduga. Sesaat setelah bencana terjadi, masyarakat korban bencana sangat sulit mengakses air bersih. Truk tangki tersebut pun sebagai akses air bersih ke tempat-tempat yang terjadi bencana alam. Untuk itu, PMI menyampaikan terima kasih atas bantuan truk tangki air bersih ini.

Donasi ini bagian dari komitmen menyehatkan bangsa. Foto: Kalbe

PMI Terus Tebar Kebaikan

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar PMI Jusuf Kalla mengungkapkan, tema ulang tahun PMI terus menebar kebaikan.

“Kita bekerja kepada seluruh masyarakat. Dengan selalu ada dukungan dari masyarakat, baik itu perusahaan, pemerintah, membantu PMI. Dari tangan pengusaha turut membantu masyarakat,” katanya.

Jusuf Kalla menekankan, PMI akan terus mengabdi, bekerja untuk masyarakat Indonesia. Oleh karena itu perlu kesiapan, latihan, hingga perlengkapan, yang memadai untuk menjalankan prinsip-prinsip kemanusiaan.

Ia menyebut, hal ini bukan kerja sama perdana antara keduanya. Perusahaan ini telah berkomitmen mendukung PMI melalui sejumlah dukungan. Termasuk melakukan kegiatan donor darah di lebih dari 50 titik kantor cabang Kalbe Grup di seluruh Indonesia. Setiap tahunnya, hampir 10.000 kantong darah diberikan untuk masyarakat Indonesia melalui PMI.

Penulis : Ramadani Wahyu

Editor : Ari Rikin