Kamu Pengguna Aplikasi MOD? Mungkin Kamu Harus Pikirkan Kembali!

 Waktu luang paling asyik diisi dengan menonton film, membaca buku, dan juga mendengarkan lagu. Sekarang ini banyak penyedia jasa aplikasi berbayar yang menyediakan tontonan dengan ribuan judul dan lagu-lagu yang juga beragam. Pengguna hanya perlu membayar setiap bulannya untuk berlangganan sehingga konten dapat diakses tanpa batas dan juga jeda (iklan).

Hal ini sangat menguntungkan bagi kedua pihak baik produsen maupun konsumen. Namun, tidak semua pengguna menyanggupi untuk membayar setiap bulannya untuk aplikasi-aplikasi tersebut. Salah satu solusi yang biasa dilakukan pengguna adalah membeli satu akun untuk digunakan secara bersama (sharing) dan mengunduh aplikasi MOD.

Pasti kalian tidak asing lagi dengan istilah aplikasi MOD. Akan tetapi, sebenarnya apa sih aplikasi MOD itu dan apa dampaknya bagi pengguna? Mari kita ulas satu per satu!

Tentang Aplikasi MOD (modifikasi)

Aplikasi MOD (modifikasi) adalah sebuah aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh pihak ketiga (di luar pihak utama) dengan beragam tujuan. Pihak ketiga ini umumnya menambahkan fitur-fitur baru yang tidak ada di aplikasi utama, dan yang paling terkenal adalah membuat aplikasi berbayar menjadi gratis.

Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini adalah aplikasi ilegal karena tidak ada persetujuan atau perjanjian dari developer (pengembang) utama. Pihak ketiga ini biasanya target utamanya adalah bagi konsumen yang tidak mengerti mengenai sistem keamanan gadget dan memilih opsi untuk mengunduh aplikasi yang dapat mengakses keseluruhan konten tanpa batas secara cuma-cuma. Sudah banyak aplikasi MOD yang beredar di masyarakat, seperti Spotify, Joox, WhatsApp, games, dan lain sebagainya. 

Ruby Alamsyah, pakar digital forensik, yang dikutip dari situs Kompas.com, menyatakan bahwa aplikasi MOD ini umumnya tersedia untuk gadget berbasis android karena paling mudah pembuatannya. Selain itu, fitur-fitur berbayar yang diubah menjadi gratis oleh pihak ketiga ini sudah dimatikan oleh pihak ketiga tersebut. Tentu saja hal ini sangat menggiurkan bagi pengguna yang tidak membayar akses langganan untuk tetap menikmati konten secara gratis dan ilegal. Aplikasi MOD ini juga tidak dilindungi oleh Kominfo sehingga pengguna tidak dapat melaporkan atau memberikan ulasan kepada pengembang. 

Baca juga: Mengenal MetaNesia, Metaverse Buatan Telkom. Secanggih apa?

Menurut Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dalam akun Instagramnya, aplikasi MOD ini cukup berbahaya bagi perangkat atau gadget pengguna. Bahaya yang akan dirasakan oleh pengguna, yaitu 

1. Terserang virus yang dapat menggangu kinerja gadget

Foto: Macpoin

Salah satu musuh utama dalam dunia digital adalah menyerangnya virus kepada gadget yang kita miliki. Dalam ponsel sendiri, biasanya sudah memiliki antivirus yang baik untuk mengatasi kerusakan-kerusakan internal. Namun, apabila kalian mengunduh aplikasi di luar situs resmi, umumnya playstore atau appstore, akan membuat gadget mudah terserang virus. Biasanya pengguna memiliki pemahaman yang minim mengenai keamanan gadget sehingga tidak sadar akan bahaya yang mengancam. 

2. Baterai gadget menjadi lebih cepat panas dan lemot

Foto: getty

Dampak yang dirasakan dari adanya virus dalam gadget adalah membuat baterai gadget menjadi lebih cepat panas dan lemot. Hal ini disebabkan perangkat tidak bisa menyesuaikan dengan file baru yang diunduh dan akan memakan tenaga dari perangkat kalian. 

3. Aplikasi mudah ter-banned atau dicabut peredarannya

Hal ini lantaran aplikasi MOD bukanlah keluaran dari pengembang resmi sehingga keberadaannya tidak dapat terjamin dan akan merugikan banyak pengguna. Kerugian juga akan dirasakan oleh produsen dan konsumen sehingga kedua pihak haruslah menentukan langkah bijak untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, khususnya aplikasi berbayar. Hal ini juga akan menyulitkan konsumen lantaran harus mengunduh secara berkala apabila link yang digunakan untuk mengunduh aplikasi sudah dicabut peredarannya. 

Baca juga: Berapa Berat Jiwa Manusia? Ini Jawaban Para Ahli!

Walaupun keringanan yang diberikan oleh aplikasi MOD sangat menggiurkan, sebagai pengguna kita harus lebih bijak lagi dan tetap menggunakan aplikasi resmi dari situs yang tersedia seperti appstore atau playsore. Aplikasi ilegal yang tersebar ini biasanya akan memberikan efek yang berbeda pada setiap gadgetnya dan harus terus diperbaiki sehingga pengguna harus terus mengunduh ulang aplikasi sebelumnya. Yuk, bagi kalian yang masih menggunakan aplikasi MOD, lebih baik pikirkan kembali dan gunakan aplikasi resmi yang tersedia!

(LA)