Lakukan Live Charity Untuk “Okkyboy”, Windah Basudara Berhasil Kumpulkan Rp375 Juta

Foto: MalangTIMES

Teknologi.id – Brando Franco Windah, atau lebih dikenal dengan Windah Basudara, membuat sesi live streaming khusus bersama “Okkyboy” pada Selasa (11/10/2022) malam.

Youtuber gaming dengan 8,7 juta pelanggan tersebut melakukan live streaming demi mengumpulkan donasi untuk biaya pendidikan Rahmat atau “Okkyboy”.

Rahmat atau kerap disapa Amat ini nantinya akan menerima hasil donasi untuk membiayai sekolahnya di tengah kesulitan ekonomi keluarganya. Sebagian hasil donasi juga akan diberikan kepada anak-anak lainnya yang juga membutuhkan.

Selain itu, donasi untuk pendidikan Amat sendiri juga dijadikan kampanye di Kitabisa.com yang digagas oleh Donny Ramadhan, kreator TikTok.

Kampanye serupa juga dijalankan oleh Yayasan Beasiswa 10.000 lewat platform yang sama untuk menghimpun donasi pendidikan bagi Amat dan anak yang membutuhkan lainnya.

Bagi yang ingin ikut berdonasi bisa mulai dari yang terkecil yaitu Rp10.000.

Baca juga: Merambah Bisnis Teknologi Kesehatan, Biznet Kenalkan “Virtu”

Mengutip KompasTekno (12/10/2022), selama 10 menit pertama streaming dilakukan, donasi terkumpul sebanyak Rp5,6 juta. Lalu jumlah tersebut terus bertambah hingga mencapai Rp202 juta lebih hanya dalam 1,5 jam siaran berlangsung.

Selama siaran tersebut, Amat diajak bermain beragam game, mulai dari Hot Wheels hingga Tekken 7.

Hingga di ujung waktu streaming donasi yang terkumpul mencapai Rp300 juta lebih atau Rp335 juta tepatnya.

“Terimakasih teman-teman yang sudah kasih bantuan sekolahnya saya. Semoga Amat jadi polisi,” kata Amat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada penonton YouTube Windah Basudara.

Meskipun streaming telah usai, masyarakat masih bisa berdonasi melalui kampanye “Bantu Pendidikan Amat & Anak Membutuhkan Lainnya serta “Bantu Pendidikan Amat Okkyboy” di Kitabisa.com.

Dikutip dari KompasTekno (12/10/2022), menurut perwakilan Yayasan Beasiswa 10.000, sebagian dari total donasi akan disalurkan untuk pendidikan Amat hingga bangku kuliah. Sisanya, donasi akan disalurkan untuk anak lain yang juga membutuhkan.

Laporan terkait penyaluran donasi tersebut juga akan diunggah oleh Yayasan Beasiswa 10.000 di platform Kitabisa.com sebagai transparansi.

Baca juga: Paksa Karyawan Nyalakan Kamera saat Meeting, Perusahaan Bisa Dikenai Pelanggaran HAM

Viral dengan Julukan Okkyboy

Awalnya, ia menjadi viral di media sosial karena video yang menunjukkan dirinya terlihat lucu. Dalam video tersebut, Amat mengenakan baju merah bertuliskan “Okky”, sehingga mendapat julukan Okkyboy.

Videonya sangat sederhana, hanya menampilkan interaksi antara Amat dan pria itu.

Menariknya, pria yang mengajak Amat berbicara itu menggunakan bahasa yang ambigu sehingga membuat Amat terlihat bingung meski masih melayani lawan bicaranya.

Video pendek itu menjadi viral dan menyebar ke platform seperti TikTok dan Instagram. Akibat video tersebut, Amat dikira tukang parkir sambil menunggu ojek online, seperti dilansir KompasTekno dari channel Winda Basdara.

Channel Windah Basudara terkenal dengan konten game. Tingkahnya yang lucu saat live streaming membuat YouTuber ini populer dan mendapatkan banyak subscriber.

Windah juga dikenal sebagai brand ambassador RRQ Esports dan memiliki fanbase dengan nama “bocil kematian”.

(arm)