Luhut Temui Elon Musk, Ajak Tesla Investasi Pabrik di Indonesia?

 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan beserta rombongan menemui bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk, pada Selasa (26/4).

Selain Luhut, ikut serta dalam rombongan tersebut yakni Ketua Umum Dewan Pertimbangan Kadin dan Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR), Anindya Bakrie, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani, dan mantan CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, sebagai penasihat khusus di sektor teknologi Kemenko Marves.

Melalui unggahan Instagram, Anindya Bakrie menyebut pertemuan yang berlangsung di Gigafactory Tesla, Austin, Texas, tersebut bertujuan untuk meyakinkan Tesla agar dapat menjajaki kerja sama dengan Indonesia perihal penyediaan dan pemrosesan nikel sebagai bahan baku pembuatan Battery Cell yang berlandaskan ESG (Environment, Social dan Governance) yang baik dan berkelanjutan.

Kesempatan khusus tersebut juga dimanfaatkan untuk mengundang Elon Musk bergabung ke International Advisor Caucus di acara B20 yang akan diadakan pertengahan November 2022 nanti di Bali.

Menko Luhut Didampingi Anindya Bertemu Elon Musk, Ini yang Dibahas

Baca juga: Resmi! Elon Musk Beli Twitter dengan Harga US$44 Miliar

Dalam unggahan tersebut, Elon Musk terlihat berjabat tangan dengan Anindya dan juga berfoto bersama Luhut, Rosan, serta beberapa pengusaha saat berkunjung ke pabrik mobil listrik tersebut. Mereka pun diajak tur mengelilingi pabrik mobil dan baterai Tesla.

“Luar biasa pengaturan supply chain nya yang efektif dan rapih di pabrik Tesla!” kata Anindya.

Sebelumnya, produsen mobil listrik Tesla Incorporation sempat santer dikabarkan untuk melakukan investasi di Indonesia. Rencananya perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu akan membangun pabrik mobil listrik di negeri kita, tepatnya di dekat Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Namun seiring berjalannya waktu, Elon Musk justru menambatkan pilihannya untuk membangun pabrik di India, alih-alih di Indonesia seperti rencana awal.

Dilansir dari Livemint, Tesla sudah menjalin kesepakatan dengan Negeri Bollywood untuk membangun pabrik perakitan mobil listrik di Karnataka, Bangalore.

“Perusahaan Amerika Tesla akan membuka unit manufaktur mobil listriknya di Karnataka,” kata Yediyurappa, kepala menteri negara bagian barat daya Karnataka.

Pertemuan Luhut dan Elon Musk ini akan menjadi strategi Indonesia untuk kembali mengajak Tesla untuk berinvestasi di Tanah Air seperti yang pernah diwacanakan sebelumnya.

(dwk)