Lupa Password Yahoo? Ini Cara Pulihkan Akunmu

Bagi Anda yang lahir tahun 2000-an pasti pernah membuat akun Yahoo Mail. Lalu apa Anda masih menggunakannya? Atau sudah lupa password-nya?



Memang, sebelum Google mengambil alih pangsa pasar layanan surat elektronik (email) lewat internet, pernah ada beberapa perusahaan yang pernah merajai bidang ini. Salah satunya adalah Yahoo Mail. Perusahaan yang bergerak di bidang Search Engine dan Mailing ini sangatlah akrab dengan Generasi Milenial.

Pada saat itu, akun Yahoo Mail menjadi primadona dan andalan para milenial untuk dapat bercengkrama dengan sanak saudara, teman-teman, dan tentunya pacar agar bisa terlepas dari biaya tarif SMS. Tak hanya itu, akun Yahoo Mail juga digunakan sebagai alamat email untuk bisa mendaftar di Facebook, sehingga jumlah penggunanya bisa mencapai jutaan orang dan tersebar luas di Indonesia.

Meskipun Yahoo Group sudah tutup di tahun 2020 lalu, tetapi hal ini ternyata tidak menutup kemungkinan agar kita tetap dapat mengakses Yahoo Mail untuk dapat kembali menggunakan fitur-fiturnya, seperti cek email lama dan mengirim email baru.

Terhitung sudah 23 tahun sejak Yahoo Mail populer di Indonesia, Yahoo Mail atau yang akrab kita sebut “Ymail” tentunya sudah jarang kita buka mengingat besarnya perusahaan kompetitor Yahoo Mail yaitu Google Mail. Sebenarnya akun Yahoo Mail Anda tetap bisa dibuka asalkan masih ingat kata sandi dan alamat email yang Anda tulis pada saat registrasi akun dulu.

Kendati lamanya usia akun Yahoo Mail, pasti banyak di antara kita yang mungkin memiliki permasalahan dengan akun Yahoo Mail yang usianya sudah tidak baru tersebut, seperti:

  • Lupa password atau pun alamat email (username).
  • Telah atau ingin menghindari peretasan orang yang tidak dikenal.
  • Atau pun hanya sekedar ingin mengganti password Yahoo.

Tak perlu panik atau menghabiskan waktu untuk membuka dokumen-dokumen lama dimana kita menuliskan alamat email dan password dulu, sebenarnya pemulihan akun sudah diatur dalam panduan Yahoo Mail Indonesia. Untuk tahapan-tahapannya, yuk simak selengkapnya penjelasan di bawah ini.



Memulihkan Akun Yahoo Lupa Password

Platform yang dulunya sangat digandrungi oleh kaum remaja, dewasa, maupun anak-anak ini tentunya sudah menyiapkan beberapa cara agar penggunanya dapat dengan mudah mengembalikan akun lupa password. Berikut ini Teknovidia telah merangkum beberapa metode agar Anda dapat dengan mudah mengembalikan akun Yahoo yang password-nya lupa.

Mengembalikan Akun Yahoo Mail Dengan Menggunakan Nomor Handphone

Pertama, Anda bisa mengembalikan akun Yahoo Mail dengan menggunakan nomor HP yang telah dikaitkan atau ditautkan saat pada waktu pendaftaran akun Yahoo Mail.

Jika Anda ingin menggunakan metode ini maka harus mengecek kembali berapa nomor HP Anda dulu dan memastikan nomor tersebut masih dapat digunakan dengan baik untuk menerima pesan verifikasi.



Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan akun Yahoo yang lupa password sangatlah mudah, yakni sebagai berikut:

  • Langkah pertamanya adalah dengan melakukan Sign In / Log In pada akun Yahoo Mail Anda.
  • Kemudian, Anda dapat memasukkan kolom username dengan alamat email.
  • Kemudian klik “Next” atau “Berikutnya”, lalu Anda dapat klik “Lupa Kata Sandi” atau “I Forgot The Password”.
  • Langkah selanjutnya, akan ada 3 opsi yang dapat Anda gunakan. Klik opsi “Verifikasi dengan nomor HP” atau “Use Phone Number as Verification”.
  • Selanjutnya, Anda dapat mengecek HP yang nomornya terdapat di dalam akun Yahoo Mail pada saat pendaftaran. Jika benar, maka di dalam HP tersebut akan dikirimkan kode verifikasi oleh Yahoo.
  • Lalu, Anda dapat memasukkan kode verifiasi tersebut ke kotak verifikasi kode yang ada di layar dengan segera. Disarankan agar tidak terlalu lama dalam memasukkan kodenya, karena tiap kode verifikasi memiliki waktu singkat sebelum kadaluarsa.
  • Langkah terakhir, Anda akan diberikan kotak untuk mengisi password atau kata sandi yang baru. Silahkan isi dengan kata sandi yang baru kemudian klik “Next”.

Setelah Anda menyelesaikan hal tersebut, maka proses untuk mengganti atau reset password sudah berhasil dan Anda dapat kembali dan menggunakan password ataupun kata sandi tersebut untuk melakukan Sign In.

Ketika Anda gagal melakukan metode di atas karena kehilangan nomor HP, lalu Anda ingin menggantinya dengan nomor yang baru, maka Anda dapat menggunakan cara kedua di bawah ini.

Langkah-Langkah Pemulihan Akun Yahoo Mail Jika Lupa Nomor HP

Jika nomor HP Anda yang dulu didaftarkan ternyata sudah tidak aktif lagi, maka Anda dapat mengembalikan akun Yahoo Mail dengan cara kedua ini. Cara kedua ini merupakan cara yang digunakan untuk mengembalikan akun Yahoo Mail dengan Email Sekunder, yaitu email kedua yang fungsinya sebagai email cadangan.

Tahapan pada cara kedua ini memiliki cara yang mirip dengan cara pertama di atas. Hanya saja ketika memilih tiga opsi di awal, pilih “Gunakan Alamat Email Sekunder”. Kemudian, lakukan tahapan di atas maka kode verifikasinya akan dikirim lewat alamat email sekunder kamu.

Hubungi Customer Service Support Yahoo! Help

Yahoo! Help

Jika Anda tidak memiliki email sekunder dan nomor HP juga hilang, maka cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan klik Support Yahoo! Help. Tim Yahoo akan berusaha untuk memverifikasi identitas Anda dengan mengonfirmasi beberapa hal.

Demikianlah hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan password akun Yahoo Mail yang lupa. Selanjutnya, Teknovidia punya tips agar Anda tidak kehilangan akun untuk yang kesekian kalinya.

Tips agar Tidak Lupa Username dan Password Yahoo Mail

Lupa Username dan Password memang sering kali menjadi beban bagi kita sebagai manusia yang tidak luput dari lupa. Sedikit tips untuk Anda agar tidak kehilangan Username dan Kata Sandi akun Yahoo ataupun akun lainnya.

  • Meng-install aplikasi Password Manager.
  • Gunakan pola yang mudah diingat untuk semua password.
  • Aktivasi fitur Saving Password yang ada di web browser.
  • Catat di buku yang siapa pun tidak akan membacanya.

Demikianlah tips agar Anda tidak kehilangan Username atau Password untuk ke sekian kalinya. Hindari untuk memasuki website yang sudah dilarang oleh Windows Defender untuk mencegah terpancing oleh website phising. Jangan memasukkan password dengan hal-hal yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau pun makanan kesukaan.



Tadi adalah langkah-langkah yang dapat Anda coba untuk memulihkan atau pun mengembalikan password akun Yahoo Mail Anda yang hilang karena lupa.

Demikianlah yang dapat kami sajikan untuk Anda. Melalui trik ini Anda tidak akan merasa kesulitan untuk mengembalikan password yang lupa. Pelajari banyak ilmu dan informasi lainnya hanya di website ini.

The post Lupa Password Yahoo? Ini Cara Pulihkan Akunmu appeared first on Teknovidia.