McDonald’s Buka Restoran Net Zero Pertama di Inggris

Perusahaan makanan cepat saji asal Amerika Serikat, McDonald’s membangun restoran nol karbon pertamanya di Inggris. Bangunan ini sekaligus menjadi bangunan pertama yang sesuai dengan kerangka bangunan bersih nol karbon dari UK Green Building Council (UKGBC).

Restoran yang berada di Market Drayton, Shropshire ini dibangun menggunakan bahan alami atau daur ulang yang didukung oleh kombinasi turbin angin dan panel surya. Selain dari konstruksi, komitmen untuk memenuhi standar nol bersih juga terlihat dari operasi sehari-hari restoran. Daya restoran tersedia dari dua turbin angin dan panel surya seluas 92 meter persegi, masing-masing menghasilkan energi 60.000 kilowatt jam/tahun.

McDonald’s Vice President of Supply Chain and Brand Trust Beth Hart mengatakan, McDonald’s menginginkan makanan mereka tersaji di restoran yang berkelanjutan untuk masa depan.

“Market Drayton adalah langkah besar untuk mewujudkannya, memungkinkan kami menguji dan mempraktekkan seperti apa bangunan tanpa emisi. Baik dalam pembuatan maupun penggunaannya,” katanya pada Dezeen.

Bangunan ini memiliki insulasi dinding yang terbuat dari wol domba, sedangkan batu tepi jalan parkir masing-masing terbuat dari 182 botol plastik daur ulang. Bahkan papan nama McDonald’s terbuat dari ampas biji kopi dari restoran sendiri sebagai bagian dari solusi limbah sirkular perusahaan. Jalur drive thru juga terbuat dari ban daur ulang yang menghasilkan lebih sedikit gas rumah kaca dari pada aspal biasanya.

“Bahan ini menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida dan memungkinkan lebih banyak air terserap. Mengurangi jumlah air hujan yang mengalir ke saluran pembuangan,” Jelas Beth.

Bangunan net zero McDonald’s ini memakai energi surya dan mengganti aspal dengan botol bekas. Foto; Dezeen

McDonald’s Akan Produksi Menu Nabati Vegan Pada Tahun 2025

Terlepas dari inovasi hijau, desain restoran tetap mempertahankan tampilan dan nuansa McDonald’s yang sudah terkenal. Anak-anak sekolah setempat juga telah merancang keanekaragaman hayati yang berada di belakang restoran.

Langkah McDonald’s untuk membangun restoran net zero emission tidak hanya sampai di sini. Meski saat ini emisi berbasis konsumsi terkait dengan menu daging belum mereka perhitungkan, McDonald’s memiliki komitmen yang terkait. Komitmen berikutnya yaitu agar semua furnitur di restoran menggunakan bahan daur ulang bersertifikat, serta memproduksi makanan dan minuman nabati vegan pada tahun 2025.

Perusahaan berharap keberhasilan pembangunan baru ini sebagai “cetak biru” untuk masa depan McDonald’s lainnya di Inggris. Selain itu, mereka telah menetapkan target untuk membuat 1.400 restoran dan kantornya di Inggris untuk memenuhi standar emisi nol bersih pada tahun 2030. Juga untuk seluruh bisnis Inggris dan Irlandia, termasuk makanan pada tahun 2040.

Penulis: Zahra Shafira

Sumber:

Situs Resmi McDonald’s

Yanko Design

Dezeen