Mengenal Automa, Software Browser Extension Canggih Asal Indonesia

Automa, software browser extension asal Indonesia ini mulai memberikan perkembangan pesatnya sejak dirilis pada November 2021 lalu. Software karya anak bangsa ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan di browser, membuat software yang mengimplementasikan konsep open source tersebut sudah digunakan oleh lebih dari 30.000 pengembang di seluruh dunia.

“Automa hadir sebagai solusi atas tantangan yang sering dihadapi oleh banyak pekerja digital, yaitu melakukan pekerjaan yang berulang-ulang di browser. Automa berupaya memudahkan pekerjaan pengguna menjadi jauh lebih mudah dengan berbagai macam blok yang telah disediakan dan dapat dihubungkan untuk membantu proses otomasi,” kata Founder Automa, Ahmad Kholid.

“Saat ini, software kami dapat mendukung berbagai kebutuhan secara otomatis seperti riset SEO, pengecekan dan pemindahan data, auto-fill form, mengambil tangkapan layar, hingga melakukan tugas berulang. Semua bisa dilakukan secara otomatis dengan Automa,” lanjutnya.

Dikarenakan fitur unggulan dan tawaran efisiensi yang dimiliki oleh Automa, banyak sekali pengembang dunia yang telah memanfaatkannya. Automa juga telah digunakan di berbagai macam browser, seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Firefox, dan banyak lagi.

Kesuksesan Automa yang telah memberikan segudang manfaat bagi para pekerja digital di dunia membuat foundernya ingin membuka kesempatan lebih luas bagi talenta digital di Indonesia untuk memanfaatkan hal serupa.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Ahmad Kholid  channel YouTube Automa Academy yang terbuka bagi talenta digital Tanah Air untuk belajar membangun rangkaian otomasi pekerjaan di browser. 

Dia juga menjelaskan bahwa hal yang membuat ia tergerak mengembangkan Automa adalah keresahannya karena harus melakukan input data berulang-kali sebagai petugas administrasi. Lalu seiring berjalannya waktu,  Ahmad Kholid mencoba menemukan solusi, agar pekerjaan menjadi lebih otomatis. 

“Kami ingin Automa dapat terus memberikan kontribusi dalam menginspirasi talenta digital Tanah Air, agar dapat mengoptimalkan berbagai peluang untuk menghadirkan beragam solusi terdepan,” katanya.

(kssa)