Meningkatkan Brand Awareness dengan Mengoptimalkan SEO

Jakarta – Brand awareness adalah kemampuan konsumen atau pembeli untuk mengenali suatu merek, produk atau jasa dari perusahaan tertentu. Winatapradja (2013:959), menyatakan bahwa brand awareness merupakan kemampuan pembeli untuk mengenali atau mengingat bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu.

“Brand awareness sendiri merupakan salah satu elemen penting yang perlu dibangun oleh setiap perusahaan agar dapat meninggalkan kesan yang kuat pada konsumen terkait produk perusahaan termasuk barang dan jasa. Brand awareness yang kuat akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk memilih barang atau jasa yang ingin mereka beli.” ujar Ardian Susanto selaku founder dan CEO Grow&Bless dalam salah satu keterangan tertulisnya. 

Hal ini sesuai dengan pendapat Khasanah (2013) yang menyatakan bahwa ingatan konsumen terkait sebuah brand penting adanya, karena konsumen akan mempertimbangkan brand tersebut dalam mengambil keputusan pembelian. 

Dalam era transformasi digital, ada berbagai cara untuk meningkatkan brand awareness suatu perusahaan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness :

  1. Mengadakan promosi secara online

Lebih dari 77% penduduk Indonesia atau sekitar 210 juta orang sudah terintegrasi dengan internet. Perusahaan dapat memanfaatkan hal ini dengan mengoptimalkan search engine juga media sosial untuk menyebarkan brand awareness perusahaan.

  1. Bekerja sama dengan third-party 

Perusahaan dapat bekerja sama dengan pihak ketiga seperti influencer guna membangun brand awareness. Lewat testimoni yang diberikan, konsumen akan lebih percaya dengan brand tersebut. Berdasarkan hasil penelitian Bright Local, sebesar 76% konsumen mempercayai testimoni online layaknya rekomendasi dari teman atau keluarga. 

  1. Mensponsori acara tertentu

Selain itu, perusahaan juga dapat mensponsori acara tertentu, terutama yang berkaitan dengan branding perusahaan. Cara ini cukup efektif karena perusahaan dapat memilih acara yang related dengan produk sehingga pemasaran lebih efektif karena menjangkau target pasar yang sesuai. 

  1. Membuat website perusahaan

Website yang menarik dan informatif akan membantu konsumen untuk mencari tahu terkait produk anda, selain itu website juga berfungsi untuk mengawasi peningkatan atau penurunan dari brand awareness perusahaan.

Dengan membuat website perusahaan dapat memperkuat branding dan memperluas jangkauan promosi. Agar dapat mendukung angka penjualan, tentunya website tersebut perlu dioptimalkan penggunaannya supaya berfungsi maksimal. Maka dari itu, performa website dalam search engine harus ditingkatkan. 

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengoptimasi SEO (search engine optimization) website tersebut. Berdasarkan data yang diperoleh dari Brightedge Research, sebanyak 68% pengalaman online konsumen dimulai dari search engine. Untuk itu, website perusahaan yang berkualitas dan ramah SEO akan mudah dijangkau oleh konsumen. Selain memberikan akses terkait informasi produk, perusahaan juga dapat meningkatkatkan kredibilitas brand melalui website. 

Saat ini ada jutaan website di internet. Penelitian Search Engine Journal menunjukkan 91.5% traffic dihasilkan dari Halaman pertama Google. Jika Anda ingin mendominasi peringkat di Google, strategi SEO yang efektif akan meningkatkan visibilitas pencarian Anda dan mendorong traffic pada situs web yang Anda punya. Cara paling sederhana yang cukup efektif untuk meningkatkan SEO adalah menyisipkan keyword yang sesuai dengan bisnis anda.

Namun menyisipkan keyword dalam jumlah masif tentu akan memakan banyak waktu. Untuk itulah Grow&Bless hadir sebagai jawaban atas masalah tersebut. Grow & Bless mengaudit website anda dan melakukan riset kompetitor untuk mencari keyword terbaik yang dapat mengoptimalkan website Anda. Setelahnya SERP akan menampilkan website anda dalam search engine sesuai dengan keyword yang dicari konsumen. Dengan munculnya website perusahaan pada halaman pertama search engine terkait dengan keyword yang dicari konsumen, maka probabilitas brand awareness  diakses konsumen juga semakin meningkat. 

Brand awareness adalah kunci agar suatu brand unggul dalam persaingan pasar, hal ini disebabkan kecenderungan konsumen dalam memilih produk dimana mereka akan memilih produk yang lebih familiar dibanding  produk yang kurang familiar.