Menyimak Ajakan Pelestarian Lingkungan Bupati Bulukumba di Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Klikhijau.com – Indra melangkah perlahan ke mimbar. Semua mata jemaah salat Idul Fitri 1443   di lapangan Sekolah Dasar (SD) 208 Kindang tertuju kepadanya.

Di atas mimbar yang disiapkan untuk khatib membacakan khutbah salat idul fitri. Indra membuka map berwarna biru–isinya 8 lembar sambutan Bupati Bulukumba,  H. A Muchtar Ali Yusuf.

Indra, pada pagi hari itu, 2 Mei 2022 bertugas membacakan sambutan Bupati Bulukumba tersebut. Sambutan itu dibacakan sebelum salat idul fitri dilaksanakan.

Di Dusun Mattridodeceng, Desa Kindang, Bulukumba pelaksanaan salat Idul Fitri digelar di lapangan Sekolah Dasar 208. Di mana Indra membacakan sambutan itu.

Di antara sambutan yang berjumlah 8 lembar itu dengan ukuran font cukup besar itu, terselip ajakan kepada masyarakat dan stakeholder lainnya untuk bersama-sama melestarikan hutan di daerah hulu,  sehingga dapat mencegah terjadinya kekeringan maupun bencana banjir dan tanah longsor, khususnya di Kecamatan Kindang.

Karena jika Kecamatan Kindang adalah jantungnya Bulukumba, maka wilayah Kindang sangat penting dilestarikan. Tujuannya untuk menjaga ketersediaan air di wilayah perkotaan dan wilayah Bulukumba lainnya .

Tidak hanya itu, dalam bidang lingkungan, Andi Utta (sapaan akrab H. A Muchtar Ali Yusuf) juga berharap bahwa pada aspek pengelolaan lingkungan , diharapkan keterlibatan setiap individu masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan di sekitarnya.

Kebersihan tanggung jawab bersama

Menurutnya kebersihan lingkungan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa. Namun, kebersihan lingkungan menjadi tanggungjawab seluruh elemen masyarakat , baik di kota Bulukumba maupun di pelosok pelosok desa .

“Saya berharap setiap kelurahan dan desa untuk aktif melakukan kerja bakti- gotong royong membersihkan lingkungan , atau membersihkan tempat – tempat yang sering terjadi penumpukan sampah seperti pasar maupun ruang – ruang publik lainnya,” harapnya.

Kebersihan menurutnya, adalah cermin dari individu seseorang sehingga jika ada lingkungan yang kotor atau sampah yang berserakan maka itulah cermin dari orang – orang yang bermukim di wilayah tersebut .

“Olehnya itu , saya mengajak mari kita menanamkan sikap untuk senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Demi kenyamanan kita bersama maupun orang – orang yang berkunjung di Kabupaten Bulukumba,” tegasnya.

Dalam sambutannya itu, A. Utta juga membeberkan keberhasilan kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi itu dalam hal pertumbuhan ekonomi. Menurutnya,  semakin meningkat, juga ada beberapa program unggulan pemerintah daerah yang telah berhasil diwujudkan.

Selain itu, dalam sambutan tersebut juga dibeberkan akan ada reformasi pertanian. Karena pertanian menjadi salah satu kunci peningkatan kesejehateraan dan kemampuan daya beli masyarakat.

Karenanya, sektor pertanian harus ditunjang dengan infrasturktur yang bagus dan memadai, salah satu infrastruktur yang akan dibangun adalah bendungan Kahayya di Kecamatan Kindang.

Namun, untuk mewujudkan peningkatan kesejehateraan dan kemampuan daya beli masyarakat, maka yang perlu diperhatikan adalah menjaga lingkungan, terutama melestarikan hutan di daerah hulu.

The post Menyimak Ajakan Pelestarian Lingkungan Bupati Bulukumba di Hari Raya Idul Fitri 1443 H appeared first on Klik Hijau.