Para Pemilik MBTI Ini Cocok Kerja di Bidang Teknologi!

Bekerja di bidang teknologi merupakan impian untuk beberapa orang. Namun, kita tidak pernah tahu apakah kita akan cocok ke pekerjaan impian kita atau tidak. Kecocokan ke sebuah peekrjaan bisa dilihat dari sifat seseorang, yang bisa juga diketahui lewat MBTI.

MBTI atau Myers–Briggs Type Indicator adalah indikator kepribadian yang akhir-akhir ini banyak digandrungi khususnya oleh generasi muda. Lewat MBTI seseorang, kita bisa mengira-ngira apakah pekerjaan impian kita cocok atau tidak. Simak beberapa MBTI yang cocok bekerja di bidang teknologi di bawah ini!

Baca juga: Ini Dia Beberapa Zodiak yang Cocok Jadi UI/UX Designer

Daftar MBTI yang Cocok Kerja di Bidang Teknologi

1. ENFP

MBTI pertama yang cocok bekerja di bidang teknologi adalah para ENFP. Pemilik MBTI ENFP biasanya adalah sosok yang pintar, goal-oreinted, dan observan yang baik. Pekerjaan yang cocok dengan kepribadian MBTI adalah seorang engineer atau insinyur. Menjadi insinyur memang membutuhkan kemampuan observasi yang baik untuk memecahkan masalah di sekitar mereka dan harus memenuhi target yang diberikan. Oleh karena itu, kepribadian ENFP yang merupakan observan yang baik serta goal-oriented akan cocok  menjadi seorang engineer!

2. ENTJ

ENTJ adalah MBTI selanjutnya yang cocok bekerja di bidang teknologi. Kepribadian para pemilik MBTI ENTJ adalah seseorang yang cenderung suka perubahan, tidak suka rutinitas yang terlalu mendikte, memiliki leadership yang tinggi, dan sangat teratur. Pekerjaan di bidang teknologi yang cocok untuk para ENTJ adalah konsultan IT. ENTJ akan sangat cocok menjadi konsultan IT karena konsultan IT butuh seseorang yang mampu mengarahkan orang lain dan percaya diri dengan apa yang mereka lakukan. Terlebih lagi, menjadi konsultan IT akan membuat para ENTJ bertemu banyak orang baru dan menjalani kehidupan yang jauh dari rutinitas membosankan.

3. ENTP

ENTP mungkin punya karir cemerlang di bidang teknologi. Para ENTP cenderung memiliki kepribadian seperti selalu berpikir logis, rasional, fleksibel dan cerdas, serta selalu berusaha untuk melakukan problem solving sampai pemikirannya terbukti benar. ENTP akan sangat cocok menjadi seorang programmer yang membutuhkan pikiran logis dan rasional serta harus selalu melakukan problem solving untuk tiap masalah yang terjadi di server mereka.

4. INTP

Para INTP mungkin memang banyak kaitannya dengan dunia teknologi karena mereka adalah seorang pemikir keras. Kepribadian mereka adalah seseorang yang memiliki pikiran kreatif, berwawasan tinggi, dan memiliki nilai pengetahuan serta kompetensi rata-rata. Ada dua pekerjaan di bidang teknologi yang cocok dilakoni para INTP, yaitu programmer dan technical writer. Kedua pekerjaan tersebut menuntut seseorang yang memiliki wawasan dan pengetahuan tinggi mengenai bidangnya, jadi INTP mungkin akan sangat cocok mengisi pekerjaan tersebut!

5. INTJ

INTJ cenderung memiliki sifat yang mirip dengan INTP. Bedanya, jika INTP memanglah orang yang dari dasarnya berwawasan tinggi, INTJ cenderung lebih senang menerima tantangan yang berkaitan dengan pembuktian teori dan merupakan seorang perancang strategi yang handal. Pekerjaan yang cocok untuk para INTJ di bidang teknologi adalah programmer dan system analyst. Kedua pekerjaan tersebut membutuhkan seseorang dengan pikiran kritis dan senang memecahkan masalah. Maka dari itu, INTJ mungkin adalah pilihan tepat untuk pekejaan tersebut!

6. ISTJ

ISTJ adalah seseorang yang suka belajar teori abstrak dan menyederhanakannya serta merupakan observan dan penilai yang baik. Pekerjaan yang cocok untuk para ISTJ adalah menjadi seorang system analyst. Pekerjaan system analyst yang utama adalah menganalisa, merancang, serta mengimplementasikan sebuah sebuah sistem IT di perusahaan. ISTJ yang merupakan penganalisa handal akan sangat cocok di pekerjaan ini!

7. ISTP

Kepribadian terakhir yang cocok bekerja di bidang teknologi adalah para ISTP. ISTP merupakan seseorang dengan kepribadian yang suka berpikir logis, selalu berpikir soal fakta saja namun juga ahli dalam teori-teori abstrak. Sebagai kepribadian yang diberi nama The Mechanics, pekerjaan di bidang teknologi yang cocok untuk ISTP pastinya berkaitan dengan teknik. Salah satunya adalah civil engineer atau insinyur sipil, serta mechanical engineer atau insinyur mekanik. Pokoknya, ISTP tidak bisa jauh-jauh dari masalah teknis dan permesinan!

Nah, itu dia beberapa MBTI yang cocok kerja di bidang teknologi. Ada MBTI-mu?

(AR)