Penandatanganan MoA FMIPA IPB dan Fakultas Ilmu Hayati Universitas Pahlawan

universitaspahlawan.ac.id, UP – Tindak lanjut kerjasama Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) sudah sampai pada realisasi Memorandum of Understanding (MoA) Antar Fakultas yang ada, seperti realisasi MoA antara FIH UP dengan FMIPA IPB, Senin, 4 Juli 2022.

“Dalam perjanjian kerjasama antara FMIPA IPB dan FIH UP diharapkan dapat berjalan sesuai MoA yang sudah disepakati bersama. Beberapa masukan mengenai pengembangan penelitian dan keilmuan di bidang fungi (jamur), etnobotani, dan biodiversitas. ” Tutur Dr. Berry Juliandi, S.Si., M.Si., Selaku Dekan FMIPA IPB.

Menurut penuturan beliau menginformasikan bahwa , FMIPA IPB juga punya pengalaman sampai sekarang membina guru-guru Madrasah Tsyanawiah dan SMA se-Jawa Barat mengenai bidang Biologi dan ini adalah strategi untuk memajukan minat siswa nantinya bisa masuk ke bidang Biologi dan ini bisa diterapkan di Prodi Biologi FIH UP.

Beliau juga mnyampaikan bahwa IPB memiliki dana pengabdian yang dikhususkan untuk dosen-dosen IPB yang akan melakukan kerjsama dalam bidang pelatihan di perguruan tinggi yang lain. Hal ini bisa jadi peluang FIH UP untuk melakukan kerjasama dengan meminta dosen-dosen IPB untuk menjadi pembinan bagi dosen-dosen di FIH UP.

“Pendirian Prodi S1 Biologi diinisiasi oleh alumni-alumni Biologi lulusan dari berbagai perguruan tinggi seperti IPB, Universitas Andalas dan Universitas Kebangsaan Malaysia. Tujuan Pendirian prodi S1 Biologi di Universitas Pahlawan adalah untuk mengabdikan diri serta untuk implementasi ilmu khususnya di bidang Biologi pada Universitas Pahlawan sebagai salah satu universitas yang ada di Kab. Kampar Kota Bangkinang.” Tambah Dekan FIH UP.

Beliau juga menyampaikan bahwa Pendirian Prodi S1 Biologi diajukan pada tahun 2020 melalui Universitas Pahlawan. SK pendirian tanggal 22 September 2021 dan SK penyelenggara 399/E/O/2021. Sampai saat ini jumlah dosen tetap prodi biologi berjumlah enam orang.

Terakhir Beliau menyampaikan potensi pendirian prodi Biologi di UP yaitu di bidang riset yang berbasis kearifan lokal (Local wisdom) dengan memperdayakan masyarakat dalam memanfaatkan, mengembangkan dan melestarikan sumber daya hayati secara berkelanjutan, dengan didukung oleh inovasi dan penerapan bioteknologi yang modern. Selain itu kajian di bidang konservasi flora maupun fauna adalah potensi yang sangat penting juga di bidang biologi.

(Penulis: Awari Susanti)

 

DOKUMENTASI KEGIATAN