Pencahayaan Bisa Diatur Intensitasnya? Kini Ada Alatnya!

`

Sumber: freepik

Teknologi.id – Semakin hari, teknologi akan semakin memudahkan kita. Inovasi-inovasi akan datang untuk memberikan kenyamanan dalam hidup kita, termasuk dalam kenyamanan hunian. Selama ini, mungkin kita akan terusik dengan rumah yang kenyamanan thermalnya terlalu panas atau semakin dingin. Mungkin juga, kamu akan merasa silau dengan pencahayaan yang terlalu terang atau akan merasa sulit beraktivitas jika pencahayaan di rumah terlalu redup. Sayangnya, kamu tidak bisa mengatasi masalah kenyamanan ini secara digital. Namun, kali ini sudah ada inovasi smart light control untuk mengatur pencahayaan di rumahmu sedemikian rupa agar penghuni yang menempatinya merasa nyaman dan juga aman.

Mungkin kita sering melihat film-film hollywood di mana kita bisa melihat sebuah alat yang bisa diatur oleh sistem. Namun, pada masanya hal tersebut belum terpikirkan di dunia nyata. Lihat saja bagaimana Batman dengan teknologi canggihnya mampu membuat sebuah jubah superhero yang canggih dengan beberapa fiturnya yang dapat diatur secara digital. Ironman di sisi lain juga memiliki kecanggihan jubah besinya yang bisa diatur sesuai keinginan Tony Stark. Teknologi kedua superhero yang mereka gunakan memang canggih, tetapi itu hanya di dunia fiksi. Rasanya cukup sulit jika harus membuat sebuah inovasi agar kita bisa merasakan kenyamanan dari hunian yang kita tinggal.  Kali ini, aku akan memberi kamu informasi terkait hal ini bahwa pencahayaan di rumahmu bisa diatur loh!

Baca Juga : Elon Musk Dikabarkan Punya Anak Kembar dengan Karyawannya di Neuralink

Kolaborasi Casambi dan L&L Luce&Light

Perusahaan asal Finlandia, Casambi telah mengembangkan sebuah inovasi untuk penghuni rumah agar bisa mengatur kenyamanan cahaya, termal, dan suara hanya dengan menggunakan perangkat lunak yang kamu punya. Gawai yang kita punya saat ini memang semakin canggih dari versi sebelumnya. Perusahaan-perusahaan gadget banyak sekali mengembangkan kemudahan pada fitur gawainya agar bisa terkoneksi dengan alat perabotan di rumah, misalnya kamu bisa loh mematikan Air Conditioner (AC) hanya dengan gawaimu. Hal ini cukup berguna jika kamu lupa meletakkan remote pengontrol AC.

Pengembangan ini dapat mengontrol semua perangkat elektronik dan listrik di rumahmu kapan saja dengan terkoneksi dengan perangkat pintar yang kompatibel. Dengan menggunakan ponsel, tablet, dan smart watch  yang kamu punya, kamu bisa mengatur dan mengontrol beberapa elemen elektronik yang ada di rumahmu, misalnya menyalakan dan mematikan perangkat atau menyesuaikan intensitas kecil-besarnya perangkat. Hal ini dapat dilakukan dengan sebuah aplikasi pendukung yang kompatibel dengan sistem operasi Android atau iOS yang telah dikembangkan oleh Casambi. Inovasi ini tentunya mengubah kebiasaan manusia menjadi lebih mudah dalam mengatur alat elektronik di sekitarnya. Terlebih lagi, ponsel telah menjadi salah satu bagian yang sering kita gunakan untuk beraktivitas.

Di sisi lain, perusahaan L&L Luce&Light yang merupakan sebuah perusahaan asal Italia yang memiliki spesialisasi di dalam desain dan produksi sistem pencahayaan LED untuk aplikasi dalam dan luar ruangan telah membuat perlengkapan pencahayaan yang kompatibel dengan aplikasi Casambi. Kolaborasi ini menghasilkan kemungkinan bagi pengguna untuk mengelola dan mengontrol output cahaya di lingkungan yang berbeda dan menawarkan pengalaman yang sederhana dalam mengatur peralatan elektronik di sekitar kamu.

Sumber: ArchDaily

Baca Juga: Stray, Petualangan Hidup Kucing Oren di Kota Misterius

Aplikasi Casambi

Apa saja fitur di dalam Aplikasi Casambi?

  • membuat dan mengelola skenario pencahayaan untuk berbagai lokasi dan pemrograman waktu
  • menerapkan pemilihan warna yang berbeda untuk RGB, RGBW, dan perlengkapan pencahayaan putih dinamis sesuai dengan suasana yang kamu inginkan
  • memungkinkan kamu untuk mengubah parameter dan menghitung ulang urutannya

Untuk memudahkan pengaturan dari kelengkapan cahaya di perangkat ponsel kamu, Casambi memiliki bagian “galeri” di dalam aplikasinya. Bagian ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto yang diambil dari setiap ruangan, menunjukkan posisis sebenarnya dari perlengkapan pencahayaan di dalam ruangan dan mengatur lampu secara langsung dari foto-foto yang telah kamu tangkap. Hal ini mudah dilakukan karena menjadikan penggunaan aplikasi ini menjadi lebih sederhana dengan satu dua sentuhan singkat. Selain itu, pengguna dan perangkat yang berbeda dapat mengelola perlengkapan secara mandiri di jaringan yang sama dengan menggunakan integrasi Cloud yang memungkinkan proses perintah, data dan hal lainnya dapat dilakukan secara real time.

Sumber: LuceLight

Sebagian produk dari L&L Luce&Light kompatibel dengan aplikasi Casambi. Jika kamu menghubungkannya, kamu cukup tambahkan pengontrol pada saat pembelian atau setelah waktu pembelian itu. Hal itu cukup mudah dilakukan untuk mengintegrasikannya. Selain itu, hal yang perlu kamu ketahui adalah Aplikasi Casambi tersedia di Google Play Store dan App Store sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan cara mendownloadnya. Sangat mudah untuk digunakan bukan? Tunggu apalagi? Download aplikasinya sekarang untuk memberikan kenyamanan pada hunian kamu.

(nfr)