Perihal Hari Ozon Internasional dan Link Twibbon Keren untuk Dipajang

Klikhijau.com – Tahukah kamu bahwa setiap tanggal 16 September diperingati sebagai hari ozon internasional (World Ozon Day)? Momentum ini mungkin tak familiar bila dibanding hari-hari lingkungan lainnya.

Namun, momen hari ozon memiliki makna penting bagi kita semua dalam merefleksikan fenomena menipisnya lapisan ozon yang juga berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Oleh karenanya, hari Ozon Sedunia atau Hari Ozon Internasional diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global akan urgensi perlindungan lapisan ozon.

Yuk, kita simak beberapa info dan fakta perihal Hari Ozon Internasional berikut ini.

Apa itu Hari Ozon Internasional?

Jadi, Hari Ozon Internasional adalah momen penting yang diperingati seluruh dunia di bulan September sebagai gerakan dunia dan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya melindungi dan melestarikan lapisan ozon.

Lapisan ozon merupakan wilayah stratosfer bumi yang menyerap sebagian besar radiasi ultraviolet Matahari.

Lapisan ozon memiliki peran penting sebagai pelindung permukaan bumi dari bahaya yang ditimbulkan dari radiasi ultraviolet Matahari. Karenanya, teramat penting bagi kita untuk menjaga dan melindungi lapisan ozon demi keberlanjutan kehidupan bumi.

Setiap tahunnya, World Ozon Day diperingati setiap tanggal 16 September. Para komunitas dan pegiat isu lingkungan biasanya menggelar ragam kegiatan dalam peringatan hari ozon tiap tahunnya.

Sejarah Hari Ozon Internasional

Peringatan Hari Ozon Internasional bermula dari kegundahan akan kondisi penipisan lapisan ozon. Dilansir Detik dari situs United Nation, konfirmasi ilmiah tentang penipisan lapisan ozon kemudian mendorong komunitas internasional membangun mekanisme kerja sama untuk mengambil tindakan untuk melindungi lapisan ozon.

Lalu, pada 22 Maret 1985, usulan akan Perlindungan Lapisan Ozon kemudian diresmikan dalam Konvensi Wina dengan diadopsi dan ditandatangani oleh 28 negara.

Pada September 1987, lahirlah Protokol Montreal tentang Zat yang Mengikis Lapisan Ozon.

Tujuan utama Protokol Montreal adalah untuk melindungi lapisan ozon dengan mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan total produksi global dan konsumsi zat yang mengikisnya, dengan tujuan akhir dari penghapusan mereka berdasarkan perkembangan dalam pengetahuan ilmiah dan informasi teknologi.

Pada tahun 1994, Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 16 September diperingati sebagai Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia atau Hari Ozon Internasional, yakni memperingati tanggal penandatanganan, pada tahun 1987.

Tema Hari Ozon Internasional 2022

Setiap tahunnya peringatan Hari Ozon mengusung tema berbeda. Dilansir situs United Nation Environment Programme, tema Hari Ozon Internasional 2022 adalah “Montreal Protocol@35: global cooperation protecting life on earth” atau “Montreal Protocol@35: kerja sama global yang melindungi kehidupan di bumi”.

Tema ini mengakui dampak yang lebih luas dari Protokol Montreal terhadap perubahan iklim dan kebutuhan untuk bertindak dalam kolaborasi, menjalin kemitraan, dan mengembangkan kerja sama global untuk mengatasi tantangan iklim dan melindungi kehidupan di bumi bagi generasi mendatang.

Twibbon Hari Ozon Internasional 2022

Nah, kamu bisa ikut serta memeriahkan momen hari ozon dengan memajang foto di link twibbon bertajuk hari ozon 16 September 2022.

Dilansir situs Twibbonze, berikut ini daftar 10 link twibbon Hari Ozon Internasional 2022 yang dapat kamu pakai memajang foto keren untuk dibagikan di sosial media:

Link 1 Twibbon Hari Ozon Internasional 2022
Link 2 Twibbon Hari Ozon Internasional 2022
Link 3 Twibbon Hari Ozon Internasional 2022
Link 4 Twibbon Hari Ozon Internasional 2022
Link 5 Twibbon Hari Ozon Internasional 2022
Link 6 Twibbon Hari Ozon Internasional 2022
Link 7 Twibbon Hari Ozon Internasional 2022
Link 8 Twibbon Hari Ozon Internasional 2022
Link 9 Twibbon Hari Ozon Internasional 2022

The post Perihal Hari Ozon Internasional dan Link Twibbon Keren untuk Dipajang appeared first on Klik Hijau.