QS WUR 2022: Top 4 Kampus Negeri Indonesia dalam Bidang Engineering Technology

foto: gramedia.com/its.ac.id

Teknologi.id – Setiap kampus memiliki berbagai jurusan dengan rumpun yang berbeda, seperti humaniora, saintek, dan lain sebagainya. Dalam saintek sendiri, terdapat berbagai jurusan yang beragam seperti jurusan teknik, informatika, media, dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah bidang Engineering Techolongi atau Teknolog Teknik. Jurusan ini belajar mengenai bangunan, listrik, dan hal-hal yang berkaitan dengan matematika dan fisika. Bagi kalian yang menyukai bidang ini, kalian dapat melihat dan mencari referensi mengenai kampus mana saja yang memiliki kualitas bidang teknolog teknik terbaik di Indonesia. Yuk, simak 10 kampus terbaik dengan jurusan engineering technology terbaik di Indonesia!

Berdasarkan data dari Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking, yang merupakan publikasi yang menunjukkan peringkat universitas seluruh dunia dengan mengurutkan dari tertinggi hingga terendah dengan beberapa kualifikasi. Kualifikasi yang didata oleh situs ini adalah seperti mendata urutan terbaik berdasarkan subjek atau mata pelajaran yang terbaik, tempat kota pelajar terbaik, dan masih banyak lagi kualifikasi khusus berdasarkan setiap jurusan dan bidang. Data dari situs ini cukup dipercaya oleh hampir seluruh masyarakat karena datanya yang kredibel dan juga merupakan satu-satunya lembaga pemeringkatan universitas berskala internasional. Seluruh orang dapat mengakses situs ini melalui laman https://www.topuniversities.com/university-rankings/university-subject-rankings/2022/engineering-technology. Kalian dapat mencari urutan pemeringkatan sesuai dengan kualifikasi khusus yang tersedia atau yang ingin kalian cari. Tidak terkecuali juga dengan bidang Engineering Technology. Berikut ini adalah data bidang teknik terbaik yang ada di Indonesia menurut data QS World University Ranking berdasarkan urutan 4 teratas

foto: tangkapan layar pribadi/ QS World University Ranking

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB merupakan sekolah khusus teknik dan teknologi yang berfokus pada pengembangan teknologi dan industri. Kampus ini sering mendapatkan peringkat terbaik dalam pengadaan bidang Engineering Technology atau teknik yang ada di Indonesia. Dengan profil lulusan dan pengajaran yang cukup baik, kampus ini layak mendapatkan predikat terbaik dari QS World University. Skor yang didapat oleh kampus ini sebesar 72.6 dengan total nilai keseluruhan dari ketiga kampus teratas. Salah satu lulusan yang cukup terkenal dari ITB adalah alm. B. J. Habibie yang merupakan salah satu keluarga dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

2. Universitas Indonesia (UI)

Berikutnya salah satu fakultas dengan bidang teknik terbaik kedua adalah Universitas Indonesia yang mendapat total nilai keseluruhan adalah 69.9. Fakultas Teknik Universitas Indonesia atau yang biasa dikenal dengan FT UI, banyak juga menghasilkan lulusan berkualifikasi baik dengan sistem pengajaran yang juga baik. Nicolas Saputra, seorang aktor, juga merupakan lulusan bidang teknik lulusan Universitas Indonesia. 

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Vivo Y35 4G yang Resmi Dirilis di Indonesia

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat ketiga diduduki oleh UGM dengan skor 69.1 dengan selisih 8 poin dari UI. Universitas dengan memiliki 8 departemen yang berbeda di Fakultas Teknik ini juga layak mendapatkan peringkat sebagai kampus yang memiliki bidang Engineering Technology terbaik. Fakultas yang terdiri dari jurusan arsitektur, teknik mesin, teknik industri, dan lain sebagainya. 

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Sama halnya dengan ketiga kampus di atas, jurusan teknik yang ada di ITS juga memiliki rekam jejak yang baik. Hal ini menjadikan kampus ini layak mendapatkan peringkat keempat terbaik dengan total nilai keseluruhan sebesar 68.3 poin. Profil lulusan dari jurusan Engineering Technology ini umumnya memiliki keterampilan untuk menjadi web developer (pengembang web), konsultan TI, pengembang perangkat lunak. 

Keempat kampus tersebut menyediakan fasilitas yang baik untuk bidang engineering technology dengan alumni lulusan yang baik pula. Kampus-kampus di atas dapat kalian jadikan referensi apabila ingin mengambil fokus pada bidang tersebut. Dengan mempersiapkan keyakinan akan minat kalian terhadap bidang engineering technology, kalian dapat mencari profil masing-masing kampus yang sesuai dengan kualifikasi kalian. 

Bagaimana, sudahkah kalian tertarik dengan bidang engineering technology? Jangan lupa untuk terus mendalami dan mencari sumber referensi lebih banyak untuk informasi penting lainnya. Peringkat dari QS World University tersebut tentu dapat berubah, tetapi maksimalkan kesempatan yang kalian miliki untuk mendalami minat yang kalian tekuni. 

(LA)