Ramai Kabar Apple Mau Beli Manchester United Rp 107 Triliun?

 Di awal pekan kemarin, Keluarga Glazer selaku pemilik klub sepak bola asal Inggris, Manchester United (MU) membuat pernyataan menarik. Mereka membuka diri bagi investor baru untuk mengakuisisi klub berjuluk The Red Devils alias Setan Merah tersebut.

“Manchester United plc (NYSE:MANU), salah satu klub olahraga paling sukses dan bersejarah di dunia, hari ini mengumumkan bahwa Dewan Direksi Perusahaan memulai proses untuk menjajaki alternatif strategis bagi klub,” begitu bunyi pernyataan yang dikutip dari situs resmi Setan Merah, Rabu (23/11/2022).

Pernyataan tersebut memiliki implikasi bahwa Manchester United bakal dijual oleh pengusaha Amerika Serikat itu. Alhasil banyak pengusaha-pengusaha kenamaan dunia tertarik untuk meminang Setan Merah.

Salah satu perusahaan yang kabarnya tertarik untuk membeli Manchester United adalah raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple. Informasi tersebut diungkap oleh kantor berita asal Inggris, Daily Star.

Daily Star menyebut Apple kabarnya bersedia merogoh kocek hingga 6,9 miliar dollar AS (sekitar Rp 107,9 triliun) untuk meminang klub sepak bola yang dimiliki oleh keluarga Glazer (The Glazers), yang meliputi Avram Glazer dan Joel Glazer, tersebut.

Menurut Daily Star, alasan CEO Apple, Tim Cook, ingin membeli Manchester United adalah karena Apple ingin menelusuri beragam potensi bisnis di industri sepak bola, industri yang belum pernah sama sekali dilirik oleh Apple.

Baca juga: Ini Dia Alasan Mengapa Logo Apple Berbentuk Buah Apel Digigit!

Avram Glazer dan Joel Glazer. Foto: Goal.com

Hingga saat ini, kabar tersebut masih belum bisa dipastikan benar atau tidak. Sebab, pihak Apple sendiri belum memberikan pernyataan apapun soal akuisisi Manchester United.

Meski begitu, MacRumors, salah satu situs yang sering membahas rumor-rumor seputar Apple dan Mac, menyebut bahwa kabar tersebut tidaklah benar. 

“Sumber kami yang mengetahui langsung situasinya mengatakan bahwa kabar tersebut tidaklah benar,” tulis MacRumors dalam situsnya.

Namun apabila rumor ini benar-benar terjadi nantinya, maka ini merupakan pertama kalinya Apple melebarkan sayapnya ke ranah sepak bola. Sebelumnya, mereka hanya menyelipkan konten-konten terkait sepak bola di program serial eksklusif yang tayang di Apple TV, Ted Lasso.

Apple sebelumnya bekerja sama untuk penayangan siaran sepak bola liga Amerika Serikat Major Soccer League (MLS) bagi pelanggan Apple TV Plus.

Baca juga: Intel ‘FakeCatcher’ dapat Mendeteksi Deepfakes Secara Real-Time dengan Akurasi 96%

Begitu pun untuk Manchester United, jika akuisisi Apple benar-benar terjadi, tentunya akan menjadi “angin segar” bagi klub sepak bola yang dilatih oleh Erik ten Hag ini.

Manchester United akan menjadi klub paling tajir di dunia. Nilai yang ditawarkan Apple membuat kekayaan Manchester City, Newcastle United, dan Paris Saint-Germain tidak sebanding dengan Setan Merah.

Selain itu, menurut Daily Star, Apple kabarnya juga akan membantu mendanai pembangunan stadium baru atau renovasi markas MU, stadion Old Trafford, yang konon sudah mulai usang dan memerlukan proses revitalisasi yang tentunya akan memakan biaya tidak sedikit.

(dwk)