Rilis Indikator 02 Oktober 2022


Rilis Survei Nasional Indikator Politik Indonesia

“Evaluasi Publik atas Kinerja Pemerintah dalam Bidang Ekonomi dan Hukum dan Prospek Elektoral Jelang 2024”

Minggu, 02 Oktober 2022

PENGANTAR

  • Pasca meredanya isu Pandemi Covid-19, dunia kemudian banyak mengalami berbagai guncangan sebagai dampak perang antara Rusia dan Ukraina, terutama persoalan keseimbangan perekonomian global karena Rusia merupakan salah satu negara ekonomi besar dengan jaringan kerjasama perdagangan yang luas dengan bangsa-bangsa lain.
  • Di Indonesia, gangguan keseimbangan pada pasar komoditas global diawali dengan persoalan kelangkaan dan melambungnya harga minyak goreng. Isu ini sangat mengganggu kehidupan perekonomian nasional karena kebutuhan terhadap minyak sangat luas di kalangan warga nasional.
  • Bukan hanya persoalan ketersediaan dan harga minyak goreng, kemudian isu ini meluas ke sektor hukum karena disinyalir ada permainan di kalangan elit pembuat kebijakan dengan produsen dalam hal fasilitas ekspor minyak goreng.
  • Setelah isu minyak goreng mereda, kasus hukum kembali mengemuka dan tidak tanggung-tanggung melibatkan perwira tinggi di Kepolisian. Ferdy Sambo mantan Kadiv Propam Polri diduga melakukan pembunuhan berencana terhadap ajudannya, Brigadir J di rumah dinasnya.
  • Dan belum lagi tuntas kasus Sambo, bangsa Indonesia harus menerima keputusan berat yang diambil pemerintah dengan mengurangi subsidi bahan bakar sehingga terjadi kenaikan harga BBM bersubsidi.
  • Persoalan kenaikan harga BBM pada dasarnya juga sudah berlangsung sejak beberapa bulan sebelumnya, tapi yang terakhir dampaknya sangat besar terhadap kehidupan warga negara karena berlaku untuk jenis Pertalite di mana jenis ini merupakan BBM yang paling besar dikonsumsi publik.
  • Berbagai situasi tersebut tentu menjadi perhatian penting bagi pemerintah, berbagai upaya penanggulangan juga sudah dilakukan. Kemudian bagaimana publik menyikapi berbagai persoalan terkini tersebut? Bagaimana publik merespon langkah-langkah strategis pengambil keputusan dalam upaya penanggulangannya? Dan bagaimana publik menilai kinerja presiden sebagai pemimpin pemerintahan yang bertanggung jawab dalam penanggulangannya secara umum?
  • Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Indikator Politik Indonesia mengadakan survei opini publik secara nasional.
  • Selain itu, survei juga memotret bagaimana preferensi publik terhadap calon-calon pemimpin masa depan.
  • Hasil survei diharapkan dapat memberi gambaran tentang opini publik terhadap persoalan-persoalan terkini, sehingga dapat memberi masukan kepada para pengambil keputusan.

Silakan download laporan rilis ini selengkapnya disini: Rilis_Indikator_02_Oktober_2022