Rilis Survei Indikator 05 Desember 2021


LATAR BELAKANG

  • Selama 2021, sejumlah peristiwa penting terjadi dan menyita perhatian publik. Gelombang kedua COVID-19 adi pada pertengahan tahun merupakan kejadian yang paling diperhatikan lantaran jumlah penderita dan korban yang meningkat secara drastis. Publik pada saat itu menuntut penanganan secara efektif dan cepat dari pemerintah. Pemerintah menerapkan sejumlah program untuk mengatasinya, antara lain PPKM Darurat dan PPKM berbagai level serta program percepatan vaksin COVID-19.
  • Masih berhubungan dengan COVID-19, kondisi ekonomi juga terdampak. Warga masih berjuang memulihkan ekonomi dan menanti efektivitas program pemulihan ekonomi yang pernah dicanangkan pemerintah.
  • Dalam bidang politik, isu perpanjangan masa jabatan presiden sempat mengemuka. Isu ini mengundang pro dan kontra, baik di kalangan elit maupun masyarakat. Meski telah mereda, usulan tentang masa jabatan presiden ini masih belum sepenuhnya dilupakan dan masih menjadi perbincangan.
  • Masih dalam bidang politik, sejumlah tokoh tampak mulai secara terbuka menarik perhatian publik melalui berbagai media sepanjang 2021 ini. Dengan usaha-usaha ini, patut diduga bahwa para tokoh tersebut berniat untuk meramaikan kompetisi Pilpres 2024.
  • Bagaimana respon warga atas sejumlah peristiwa penting pada 2021 tersebut? Pertanyaan umum ini hendak dijawab melalui Survei Opini Publik. Secara lebih spesifik, survei hendak mengetahui sejauh mana awareness warga atas upaya-upaya pemerintah menangani COVID-19. Bagaimana kondisi ekonomi dan kondisi lainnya saat ini menurut warga? Seberapa puas warga dengan kinerja pemerintah?
  • Pertanyaan lain yang hendak dijawab dalam survei adalah sejauh mana warga tahu tentang isu perpanjangan masa jabatan Presiden dan sejauh mana dukungan warga. Lalu, siapa tokoh-tokoh yang didukung warga untuk menjadi Presiden jika pemilu diadakan sekarang?
  • Jawaban atas pertanyaan tersebut dapat menjadi gambaran tentang kondisi saat ini menurut warga dan diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengambil kebijakan.

Download Hasil Temuan Rilis Survei selengkapnya disini: Rilis Indikator 5 Desember 2021