Rilis Survei Indikator 26 September 2021


Latar Belakang

Indonesia dinyatakan telah melewati puncak gelombang kedua wabah COVID-19. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menginformasikan bahwa telah terjadi penurunan jumlah kasus harian dan jumlah kematian akibat COVID-19. Sebelumnya, kasus harian COVID-19 Indonesia sempat mengalami lonjakan pada Juli 2021, demikian pula jumlah kematian akibat COVID-19. Kondisi tersebut membuat Indonesia sempat dituding menjadi episentrum COVID-19 dunia karena tingginya tingkat penularan dan kasus kematian.

Sejumlah kebijakan telah diterapkan oleh pemerintah untuk menanggulangi lonjakan kasus tersebut, di antaranya Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Level 1-4 di sejumlah wilayah berdasarkan data jumlah kasus COVID-19. Pemerintah juga menggenjot program vaksin untuk menurunkan kasus infeksi COVID-19, terutama di daerah-daerah dengan tingkat penularan tinggi.

Kebijakan lain yang juga masih berjalan adalah pemberian bantuan sosial untuk menanggulangi dampak ekonomi akibat wabah.

Untuk mengetahui opini publik terhadap program-program pemerintah tersebut, Indikator Politik Indonesia menyelenggarakan survei nasional. Survei menanyakan sikap publik tentang PPKM Darurat, termasuk perpanjangan dan efek PPKM tersebut. Survei juga menanyakan tentang program vaksin, rencana program vaksin berbayar, dan penerapan Protokol Kesehatan (prokes). Bantuan sosial yang masih menjadi program juga menjadi salah satu poin yang ditanyakan dalam survei.

Survei ini juga menanyakan kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo dan juga Menteri Kesehatan, serta evaluasi publik atas kondisi ekonomi, demokrasi, dan isu-isu publik lainnya. Beberapa hasil survei disajikan dalam bentuk tren untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dan evaluasi tersebut meningkat atau menurun, khususnya di masa wabah COVID-19 yang mendera Indonesia.

Hasil survei diharapkan dapat memberi gambaran tentang kepuasan, sikap, dan dukungan publik pada pemerintah dan demokrasi, serta memberi masukan pada pengambil kebijakan khususnya yang terkait dengan penanganan wabah COVID-19.

Download Hasil Rilis Survei Lengkap disini: Rilis_Survei_Nasional_September_INDIKATOR_2021