Rilis Survei Indikator-Cerah


LATAR BELAKANG:
  • Isu perubahan iklim dunia dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi agenda politik yang sangat menentukan di berbagai negara maju terutama bagi pemilih Gen-Z dan milenial. Setidaknya ada dua fenomena politik global baru-baru ini terkait agenda perubahan iklim yang mengemuka dan menjadi penentu di lanskap politik elektoral di Amerika Serikat dan Jerman. Anggaran terkait genda iklim menjadi “sandera” dalam usaha meloloskan anggaran Presiden Biden di Kongres AS. Dan di Jerman, Partai Hijau juga baru-baru ini mencetak sejarah dengan meraih perolehan suara tertinggi sebesar 15% dan menjadi salah satu partai penentu koalisi penyusun pemerintahan di Jerman.
  • Bagaimana dengan di Indonesia? Menjelang Pemilu 2024 mendatang, peluang untuk menyelaraskan agenda politik nasional lintas partai dengan narasi terkait agenda iklim menjadi penting untuk diketahui. Meskipun ada dorongan terus-menerus terkait aksi iklim dari masyarakat sipil dan gerakan lingkungan – terutama sejak COP Bali pada 2007 – perubahan iklim hingga saat ini nyatanya belum menjadi salah satu agenda utama dalam diskursus platform politik partai maupun kandidat di Indonesia. Bahkan tujuh tahun terakhir tampaknya telah membawa Indonesia pada jalur yang menjauh dari isu agenda iklim serta perlindungan lingkungan dikarenakan fokus agenda pemerintahan Jokowi yang tertuju pada upaya untuk menarik investasi asing serta pertumbuhan ekonomi, selain soal pandemi Covid-19.
  • Oleh karena itu, sudah saatnya mempertimbangkan dan memperhitungkan dukungan dari blok pemilih strategis (Gen-Z dan generasi milenial) untuk lebih mendorong wacana perubahan iklim sebagai isu strategis ke dalam lanskap politik Indonesia. Hasil sensus 2020, Generasi Z yang lahir pada kurun tahun 1997-2012 mencapai 75,49 juta jiwa setara dengan 27,94% dari total populasi. Generasi milenial yang lahir periode 1981-1996 mencapai 69,90 juta jiwa atau 25,87%.
  • Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami tingkat pengetahuan, pemahaman, minat, dan sentimen mereka saat ini terhadap isu perubahan atau krisis iklim.

Download Rilis Survei Indikator disini: Materi Rilis Diseminasi Surnas Perubahan Iklim

Press Release silahkan download disini: Siaran Pers – Survei Nasional Anak Muda dan Perubahan Iklim – Indikator-CERAH_27102021