Rilis Survei Nasional 26 April 2022

RILIS TEMUAN SURVEI NASIONAL 26 APRIL 2022

Evaluasi Publik atas Kinerja Pemerintah, Prospek Partai Politik dan Calon Presiden 2024


RILIS TEMUAN SURVEI NASIONAL:

Evaluasi Publik atas Kinerja Pemerintah, Prospek Partai Politik dan Calon Presiden 2024

Selasa, 26 April 2022.

 

PENGANTAR
  • Evaluasi publik terhadap kinerja presiden dan kabinetnya merupakan salah satu indikator keberhasilan pemerintah di negara demokrasi. Pemimpin negara di berbagai belahan dunia telah dievaluasi publik di negaranya. Warga secara langsung ditanya tentang kepuasan mereka atas kinerja presiden, baik secara umum maupun secara khusus, pada bidang-bidang tertentu di pemerintahan. Jika evaluasi publik positif, dapat disimpulkan bahwa presiden dan pemerintah sukses menjalankan roda pemerintahan, dan sebaliknya, jika evaluasi publik negatif, maka pemerintah perlu meningkatkan kinerjanya.
  • Studi tentang kepuasan publik terhadap presiden dan pemerintah – atau disebut approval rating – menunjukkan bahwa kepuasan publik berhubungan dengan berbagai penilaian publik atas berbagai aspek kehidupan dan isu yang berkembang di tengah masyarakat. Aspek yang berhubungan antara lain ekonomi, politik, keamanan, dan hukum. Sedangkan isu-isu yang berhubungan dengan kepuasan publik adalah isu yang sedang dirasakan dan menjadi bahan perbincangan warga. Penilaian publik atas berbagai aspek dan isu tersebut berhubungan positif dengan kepuasan publik pada presiden dan pemerintah.
  • Survei Indikator kali ini bertujuan untuk memotret kepuasan publik pada pemerintahan Joko Widodo dan kabinetnya. Sejumlah aspek juga diukur, antara lain ekonomi, politik, keamanan, dan hukum. Dalam hal isu, survei Indikator menanyakan evaluasi publik terhadap berbagai isu yang sedang menjadi perbincangan antara lain kenaikan harga dan kelangkaan minyak goreng serta bahan bakar minyak. Survei juga menanyakan tentang isu-isu terkini dalam kaitannya dengan pandemi COVID-19, khususnya mengenai vaksin dan syarat mudik Lebaran.
  • Di luar itu, survei juga mengungkap peta elektoral partai politik dan calon presiden Pemilu 2024. Siapa di antara nama-nama yang beredar sebagai calon presiden yang paling didukung serta fluktuasi dukungan publik terhadap mereka. Demikian pula partai politik, bagaimana dukungan publik saat ini dan tren dukungan juga diungkap dalam survei kali ini.
  • Hasil survei diharapkan dapat memberi masukan bagi para pengambil kebijakan dan memberi informasi pada pemerhati kondisi sosial-politik-ekonomi tentang bagaimana publik menilai kinerja pemerintah dan dukungan mereka pada calon kontestan Pemilu 2024.

DOWNLOAD Laporan Rilis Lengkapnya disini: RILIS SURNAS INDIKATOR_EVALUASI PEMERINTAH DAN PETA ELEKTORAL_APRIL 2022

Rilis selengkapnya dapat disimak disini: